Sponsors Link

Pengeroposan Tulang Rahang akibat Perawatan Gigi dan Mulut yang Salah

Sponsors Link

Dear sobat pembaca semua.. Jumpa lagi dengan penulis yang seperti biasanya memberikan wawasan berkualitas dan informasi terbaru mengenai kesehatan gigi dan mulut serta perawatan dan hal hal yang berhubungan dengannya. Sobat harus tahu mengenai teknologi kedokteran gigi terbaru seperti gum contouring atau incognito braces.

ads

Tentunya sobat pembaca juga masih bersemangat untuk membaca dan mengupdate wawasan terbaru dari penulis ya sobat? dimana memiliki wawasan yang luas adalah salah satu hal penting yang bermanfaat besar untuk kegiatan harian kita. Misalnya wawasan mengenai gummy smile.

Bicara mengenai perawatan gigi dan mulut, tentunya yang terbayang adalah seseorang yang memiliki gigi bersih dan sehat ya sobat? sehingga secara langsung memberikan senyuman yang lebih manis dan memberikan kesan wajah yang lebih awet muda dimana bisa didapat dengan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi. Tentu terlihat aneh ya sobat, ketika melihat seseorang yang giginya rusak padahal usianya masih muda?

Nah sobat, ternyata memiliki gigi yang tidak sehat itu akan memberi dampak buruk pada tampilan wajah, yakni cenderung membuat wajah terlihat lebih tua. Sebab itu hal salah wajib diluruskan misalnya persepsi salah tentang bleaching gigi. Mengapa bisa demikian sobat? Untuk penjelasan dan uraian lengkapnya, yuk simak pemaparan yang penulis sampaikan detail dalam artikel kali ini.

Menunda sesuatu tentunya memiliki efek negatif yang akan mengganggu, misalnya adalah seseorang yang takut ke dokter gigi karena jadwal yang sibuk atau karena rasa takut sehingga timbul permasalahan yang lebih besar lagi dan menganggu aktifitas sehari hari. Mungkin juga karena takut alergi akibat bahan perawatan gigi.

Padahal sebenarnya masalah gigi yang sederhana akan mampu diatasi dengan prosedur yang sederhana, begitu pula ketika masalah semakin membesar, perawatan gigi yang dibutuhkan tentunya juga lebih kompleks dan membutuhkan waktu yang lama.

Salah satu akibat dari perawatan gigi dan mulut yang salah adalah adanya keropos tulang rahang yang umumnya disebabkan oleh penyakit gusi, pencabutan gigi yang tidak disegerakan atau tidak tepat, dan masalah lain yang seharusnya bisa diselesaikan dengan melakukan kunjungan ke dokter gigi. Sedangkan tulang rahang yang keropos tentunya menimbulkan masalah baru bagi kesehatan mulut. Berikut selengkapnya mengenai Pengeroposan Tulang Rahang akibat Perawatan Gigi dan Mulut yang Salah.

Tulang keropos terkadang bukan masalah yang meluas pada semua pasien, namun, hal ini adalah salah satu kondisi serius yang terjadi yang bisa diderita pasien karena menunda dan mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Tulang keropos membuat kehidupan sehari hari menjadi tidak nyaman.

Misalnya ialah ketika mengunyah, tersenyum, atau berbicara harus berurusan dengan rasa sakit dan rasa tidak nyaman, tentunya bukan masalah yang enteng atau sepele. Berikut prosesnya kenapa perawatan gigi dan mulut rusak menyebabkan pengeroposan tulang rahang.

1. Kehilangan Gigi Membuat Kekosongan pada Akar gigi

Sobat pembaca, tulang rahang keropos diawali dari rusaknya gigi, sehingga posisi di bagian tersebut menjadi kosong bukan hanya pada bagian luar, namun juga hingga ke akar gigi, pada kondisi demikian beresiko wilayah yang kosong mengubah susunan gigi atau membuat gigi menjadi berantakan walaupun tidak terlihat dalam jarak waktu yang singkat.

Sponsors Link

Ketika gigi hilang atau rusak, secara otomatis bentuk alami dari mulut juga akan berubah, yakni menjadi lebih mengempis dari bentuk awal sehingga mulut terlihat lebih menua yang akan berpengaruh pada estetika wajah, ketika melakukan kegiatan seperti makan dan minum pun, menjadi terlihat tidak nyaman dan menyebabkan sakit.

2. Akar Gigi Berlabuh pada Tulang Rahang

Secara alami, akar gigi setiap orang memang berlabuh pada tulang rahang, sehingga ketika akar gigi menipis atau rusak, juga akan membuat perubahan yang nyata pada tulang rahang, yakni tulang rahang menjadi kehilangan ikatan  padahal tulang rahang ialah salah satu tulang yang memebrikan bentuk dan kesan keindahan tersendiri pada wajah seseorang.

ads

Tentunya sobat juga bisa memahaminya bukan? contohnya saja ketika memiliki gigi sehat yang juga akar gigi dalam kondisi sehat, melekat erat pada tulang rahang, sehingga tulang rahang memiliki panduan yang kuat untuk membentuk struktur atau bentuk mulut dan wajah yakni bagian dagu secara sempurna,

namun ketika tulang rahang tidak ada pegangan di bagian dalam, yakni pegangan pada gigi yang sehat, tentunya tulang rahag juga akan kehilangan tumpuan sehingga lama kelamaan fungsinya akan berubah dan mengeropos karena tidak ada bagian yang ditahan dan diperkuat lagi.

3. Tulang Rahang Mengeropos Ketika Tidak Ada Ikatan dengan Akar Gigi

Sobat tentu pernah melihat orang tua yang memiliki gigi ompong, dengan orang tua yang memiliki gigi lengkap, baik itu gigi alami ataupun gigi buatan dari implan atau gigi tiruan, tentunya akan memiliki bentuk mulut yag berbeda bukan? orang tua yang bergigi ompong akan memiliki mulut yang mengerucut dan terlihat jauh lebih tua.

Sedangkan orang tua yang memiliki gigi lengkap, walauupun mungkin secara kecantikan atau tampilan lain seperti kulit dan lainnya sudah terlihat menua karena proses penuaan, namu ia akan terlihat jauh lebih segar dan terlihat jauh lebih nyaman ketika makan, minum, dan juga ketika berbicara dengan orang lain.

Akar gigi yang berlabuh pada tulang rahang ibarat akar pohon, jika tidak ada gigi yang terletak di tempatnya sedemikian rupa, tidak akan ada kontak dengan tulang, sehingga tidak ada jaringan yang menciptakan ikatan antara tulang rahang dan gigi dan tulang rahang jelas kehilangan massa nya atau menjadi keropos dan kehilangan kerapatan dari waktu ke waktu.

4. Perawatan Gigi dan Mulut yang Sehat Mencegah Pengeroposan Tulang Rahang

Jelas ya sobat, cara terbaik untuk mencegah tulang rahang keropos adalah dengan merawat kesehatan gigi, juika emmang kehilangan gigi akrena kecelakaan atau penyakit, dapat dilakukan penggantian gigi misalnya dengan implan gigi, dimana implan gigi akan memberikan pondasi yang kuat dan memilik tingat keberhasilan tinggi.

Implan gigi tetap mampu memberikan pondasi dan ikatan yang kuat sebagaimana gigi asli karena ia mampu menahan tulang rahang dan menjaga gigi sekitarnya tetap dalam kondisi kuat dan tidak ada pergeseran atau tidak ada kerusakan yang menyebar ke bagian giig lain, wajah pun tetap terlihat muda dan jauh dari penuaan akibat penegroposan tulang rahang.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat pembaca semua dan menjadi panduan untuk menentukan perawatan terbaik bagi gigi sobat sesuai kebutuhan. Terima kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini