Pengobatan Alternatif Semprong Gigi, Amankah ?

Apakah sahabat pernah mengalami sakit gigi atau gigi berlubang ? Tentu hal ini akan menganggu dan menyiksa sehingga anda tidak dapat beraktivitas rutin sehari-hari. Rasa sakit gigi yang timbul memang tidak terlalu lama biasanya cuma beberapa jam tapi setelah selang beberapa jam lagi akan kambuh lagi dan hal ini sangat membuat si penderitanya frustasi dan tidak bisa konsentrasi dalam beraktifitas.

Para ahli menyebutkan, hampir 80% orang yang menderita sakit gigi sangat tidak suka dengan suara yang bising, contohnya suara knalpot yang keras dan ini bisa memicu si penderita akan lebih cepat marah karena mendapati gangguan suara ketika dia sedang sakit gigi. Selain itu sakit gigi juga membuat kita susah dan malas untuk mengerjakan sesuatu apalagi ketika sedang makan.

1.Apa itu Semprong gigi

Ada salah satu cara yang dilakukan oleh nenek moyang kita terdahulu untuk mengatasi sakit gigi dan dipercaya sebagai cara alami menumbuhkan gigi berlubang. Salah satunya ialah metode semprong gigi. Lalu bagaimanakah caranya, dan amankah cara tersebut ? berikut penjelasannya. Cara ini telah dilakukan dari

jaman belum ada ditemukan dokter gigi, yang biasa dilakukan orang-orang kampung di desa. Begitu sederhananya orang-orang dahulu mendapatkan upaya penyembuhan bagi sakit gigi, yang biasa membuat tidak tahan merasakan rasa ngilunya.

2. Alat yang digunakan

Beberapa alat dan bahan sederhana yang digunakan untuk mengatasi gigi yang juga dapat mengalami depresi seperti, separuh batok kelapa, pipa kecil dari bambu kuning, batu ceper bulat, piring makan, air secukupnya, minyak kelapa, talam dari tanah, dan bubuk khusus. Bubuk yang digunakan merupakan

biji-bijian khusus yang diramu dari buah terung-terungan. Digunanakan untuk membunuh ulat yang bersarang di gigi berlubang, dan mengempiskan gusi yang bengkak. Ulat gigi akan berserakan di alas batu ceper bila selesai terapi semprong selesai dilakukan.

3. Tata caranya

Tata cara yang dilakukan sebagai obat alami gigi berlubang dan berdarah adalah penderita sakit gigi dipersilakan mengulum ujung pipa bambu, yang menyalurkan asap dari proses penggorengan bubuk khusus di atas talam tanah, yang berada di dalam batok kelapa. Sementara air putih yang tergenang di piring berfungsi sebagai sarana

untuk mengapungkan batok kelapa di saat ruang pengasapan (rongga batok kelapa dan rongga mulut) sarat dengan asap yang musti dikeluarkan. Orang-orang terdahulu tidak kehabisan akal untuk menyikapi sarana penyembuhan penyakit.

Pengobatan Semprong ini mampu bersejajar dengan Canduk (therapi bekam), yang biasa dimanfaatkan untuk membersihkan darah kotor atau angin di tubuh fisik. Mereka semakin terpinggirkan manakala pengobatan medis lebih memberikan jaminan penalaran akal dibanding sebentuk upaya murah meriah warisan leluhur bagi yang berkantong cekak atau tidak mempunyai cukup uang.

4. Tambahan selama semprong gigi agar aman

Menjaga kebersihan gigi adalah hal yang sangat penting. Adapun tips-tips merawat gigi adalah sebagai berikut :

  • Sikatlah gigi anda dengan benar minimal 2 kali sehari, pagi sehabis sarapan & malam sebelum tidur
  • Jangan menunggu sikat gigi sampai rusak bulunya. Sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali agar diganti, Sahabatpun harus memilih sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi yang sulit dijangkau
  • Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, serta gunakan cairan antiseptik untuk berkumur setelah menggosok gigi
  • Gunakanlah benang gigi sekali sehari untuk mengangkat plak yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi dan obat kumur

Demikian semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.