5 Jenis Pengobatan Amelogenesis Imperfecta

Amelogenesis imperfecta merupakan salah satu dari jenis jenis penyakit gigi yang menyebabkan enamel tidak terlalu kuat untuk melindungi gigi. Penyakit ini bisa menyebabkan berbagai penyakit gusi seperti periodontitis dan juga gingivitis.  Meski tidak ada pengobatan amelogenesis imperfecta standar hingga saat ini, namun perawatan akan tergantung dari jenis dan tingkat keparahan kondisi. Dokter gigi juga akan mempertimbangkan usia pasien, kondisi keseluruhan gigi dan juga perawatan. Berikut beberapa jenis perawatan yang biasanya akan dilakukan.

Apakah Amelogenesis Imperfecta?

Amelogenesis imperfecta disebabkan karena mutasi gen AMELX, ENAM atau juga bisa MMP20. Ketika seseorang mengalami masalah gigi ini, maka ada beberapa gejala yang bisa terjadi seperti ukuran gigi yang lebih kecil dibandingkan gigi normal, gigi sensitif, gigi berwarna kuning kecoklatan, rentan terhadap kerusakan gigi dan gigi atas serta bawah yang tidak bersentuhan ketika mulut sedang tertutup. Saat ini terjadi, maka beberapa langkah perawatan juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi ini meski tidak bisa disembuhkan karena memang masih belum ditemukan pengobatan hingga saat ini.

1. Pemulihan Mahkota Penuh

Mahkota merupakan topi berbentuk gigi yang akan diletakkan di atas bagian gigi. Ini membantu untuk memulihkan bentuk dan ukuran gigi sehingga bisa digunakan sebagai salah satu pengobatan amelogenesis imperfecta.

Untuk jenis hypocalcified dan hypomaturation, enamel gigi umumnya terlalu lemah untuk bertahan pada retorasi terikat. Untuk itu, mahkota menjadi salah satu pilihan yang tahan lama dan bisa dprediksi untuk memulihkan gigi. Mahkota juga bisa membantu untuk mencegah atau menghilangkan kerusakan gigi.

Mahkota sementara terbuat dari emas, porselen atau syainless steel yang dibuat untuk anak anak atau remaja dengan kondisi ini. Sedangkan untuk mahkota permanen sering ditunda dokter gigi hingga awal dewasa sampai semua gigi tumbuh dan stabil.

2. Perawatan Ortodontik

Seseorang dengan amelogenesis seringkali butuh perawatan ortodontik seperti kawat gigi atau peralatan lainnya. Tujuannya tidak untuk membuat gigi bisa lurus sempurna namun juga untuk mendapatkan posisi gigi yang lebih baik untuk restorasi.

3. Menjaga Kebersihan Gigi

Sebelum perawatan restoratif bisa dilakukan, sangat penting untuk memiliki kesehatan gigi yang optimal. Penyebab gusi berdarah tiba tiba atau meradang yakni gingivitis membuat penempatan restorasi sulit terikat. Untuk itulah, kebersihan mulut sangat penting untuk dilakukan di rumah.

Jika anda memiliki kepekaan yang menyakitkan terhadap panas atau dingin yang sering disebut dengan gigi sensitif, maka anda bisa memakai pasta gigi desentisasi. Mengunjungi dokter gigi dengan teratur untuk mendapatkan pembersihan profesional juga sangat penting.

4. Diet Rendah Gula

Hampir sama dengan menjaga kebersihan gigi secara baik, diet rendah gula juga bisa membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi seperti radang gusi yang sekaligus meningkatkan kesehatan gigi sekaligus mengatasi amelogenesis imperfecta.

5. Gigi Palsu atau Gigi Palsu Overlay

Gigi tiruan merupakan perangkat buatan yang bisa dilepas. Ini dirancang agar terlihat seperti gigi asli yang juga bisa digunakan untuk mengatasi amelogenesis imperfecta. Overdenture atau gigi tiruan overlay yang merupakan salah satu dari macam macam gigi palsu adalah jenis gigi palsu yang terletak langsung di gigi yang sudah ada.

Gigi palsu overlay bersifat reversibel dan relatif terjangkau jika dibandingkan dengan perawatan lainnya. Ini juga baik digunakan untuk perawatan sementara atau bahkan permanen bagi orang yang memiliki anggaran terbatas.

Jika kerusakan gigi sudah terlalu parah, maka gigi kemungkinan harus dicabut. Gigi palsu tradisional juga mungkin dibutuhkan untuk mengganti gigi yang sudah tanggal.

Perawatan gigi yang tepat nantinya bisa membantu untuk melindungi gigi dari kerusakan gigi lebih lanjut. Jika tidak segera diobati, maka gigi dan email bisa pecah dan kerusakan ini bisa menimbulkan rasa yang menyakitkan dan akan berpengaruh pada penampilan gigi keseluruhan.

Namun dengan perawatan, maka gigi bisa kembali terlihat normal dan bisa berfungsi seumur hidup. Jika anda orang tua yang menganggap email gigi anak belum berkembang dengan baik, maka segera kunjungi dokter gigi anak.