Sponsors Link

6 Pengobatan Impaksi Gigi Untuk Meredakan Rasa Nyeri

Sponsors Link

Pertumbuhan gigi tidak hanya terjadi pada anak anak, namun orang dewasa juga bisa mengalami tumbuh gigi terutama gigi geraham bungsu saat masuk ke usia dewasa. Umumnya, seseorang yang mengalami hal ini akan merasakan sakit yang tidak tertahankan karena susunan gigi yang tumbuh tidak terjadi secara normal atau lebih sering disebut dengan impaksi gigi. Jika ini memang anda alami, berikut kami punya beberapa pengobatan impaksi gigi yang bisa dilakukan di rumah.

ads

Apakah Impaksi Gigi?

Impaksi gigi merupakan pertumbuhan gigi geraham bungsu atau gigi geraham ketiga namun dengan arah yang salah. Dalam keadaan normal, gigi akan tumbuh lurus ke atas sejajar dengan gigi lain. Akan tetapi untuk bahaya impaksi gigi, maka gigi geraham akan tumbuh miring seperti sedang tidur ke arah gigi sebelahnya atau bahkan susah untuk keluar dan terperangkap di dalam gusi.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi impaksi gigi adalah dengan operasi gigi geraham bungsu. Itulah mengapa masalah impaksi gigi tidak boleh dianggap remeh karena bisa mengganggu proses pertumbuhan gigi dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu kenyamanan. Untuk mengatasi nyeri yang ditimbulkan impaksi gigi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti berikut ini.

  1. Kompres Dingin

Untuk meredakan rasa nyeri yang disebabkan karena impaksi gigi, maka anda bisa kompres rahang dengan es batu. Hal ini sangat efektif karena es bisa memberikan efek mati rasa jika didiamkan pada area yang terasa nyeri. Namun perhatikan untuk tidak langsung menempelkan es batu pada area rahang akan tetapi dibungkus lebih dulu memakai handuk dan diamkan di daerah rahang sekitar 15 menit sebagai obat impaksi gigi termudah yang bisa dilakukan.

  1. Kumur Air Garam

Pengobatan impaksi gigi selanjutnya juga bisa dilakukan dengan air garam. Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of the Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry menemukan jika kumur memakai air garam bisa mengurangi bakteri jahat di area mulut penyebab gigi impaksi. Berkumur dengan air garam bisa mengobati impaksi gigi dengan cara meredakan rasa nyeri akibat bakteri yang menumpuk di sekitar gigi dan gusi.

Air garam berguna sebagai desinfektan alami untuk meredakan infeksi. Cara menggunakannya sangat mudah yakni melarutkan garam secukupnya dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur sebanyak dua hingga tiga kali sehari hingga rasa sakit bisa berkurang.

  1. Kunyah Bawang Merah

Bawang merah sudah sejak lama dikenal karena sifat anti inflamasi dan anti mikroba didalamnya sehingga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan sekaligus mengatasi infeksi bakteri sebagai cara mengatasi gigi impaksi tanpa operasi. Cara menggunakan bawang merah ini cukup mudah yakni dengan memotong bawang merah hingga berukuran kecil kecil lalu kunyah bawang merah tersebut pada area yang sakit selama beberapa menit hingga rasa nyeri berkurang kemudian buang. Air sari bawang merah ini nantinya bisa meresap masuk ke dalam gusi ketika sedang dikunyah.

  1. Cengkeh

Selain bisa digunakan dalam masakan, kue dan minuman, cengkeh juga bisa digunakan sebagai obat pereda nyeri pada gigi geraham bungsu. Ini sudah dibuktikan dari penelitian yang diterbitkan Journal of Dentistry jika cengkeh bisa memberikan sensasi mati rasa sehingga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit sekaligus bisa digunakan sebagai obat sakit gigi saat puasa.

Anda bisa menggunakan cengkeh utuh atau dalam bentuk minyak. Untuk cengkeh utuh bisa diletakkan di atas gigi yang mengalami impaksi tanpa perlu dikunyah. Sedangkan untuk minyak cengkeh bisa digunakan dengan cara diteteskan beberapa kali di atas kapas dan letakkan pada gigi geraham bungsu yang sakit. 

Sponsors Link

  1. Kantong Teh Celup

Dalam kantong teh celup mengandung tanin yang mempunyai sifat anti bakteri dan juga anti inflamasi dari penelitian American Chemical Society pada tahun 2016 yang lalu. Dengan ini, maka kantong teh dikatakan ampuh untuk mengurangi peradangan dan melawan infeksi akibat bakteri pada impaksi gigi. Gunakan kantong teh yang sudah disimpan dalam lemari es dan tempelkan pada bagian gigi yang mengalami impaksi yang juga baik digunakan untuk mengatasi penyebab sakit gigi kambuh.

  1. Minum Obat

Cara terakhir untuk mengatasi impaksi gigi yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan minum obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotik seperti ibuprofen. Sebelum minum obat ini, pastikan anda membaca dan mengikuti aturan minum yang tertera dalam bungkus obat tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini