Pengobatan Kanker Gigi dan Mulut secara Medis yang Biasa Dilakukan

Ada berbagai Jenis Jenis Penyakit Mulut yang menyerang rongga mulut dan gigi. Salah satunya adalah kanker gigi atau kanker mulut. Kanker ini bisa menyerang bagian manapun dari mulut, misalnya lidah, gusi, dinding rongga mulut, bahkan bagian gusi yang dekat dengan gigi. Hal ini tentu akan menyebabkan gangguan kesehatan dan bisa jadi berbahaya jika tidak segera diobati. Pengobatan dari kanker gigi memang perlu dilakukan dengan baik dan tepat agar kondisi ini segera bisa diatasi dengan baik. Berikut beberapa jenis pengobatan kanker mulut atau kanker gigi secara medis yang bisa dilakukan.

Pihak yang Berhubungan dengan Pengobatan

Sebelum membahas mengenai penjelasan lengkap dari pengobatan kanker gigi, berikut ini ada beberapa pihak yang berhubungan dengan pengobatan itu sendiri untuk membantu kesembuhan dari pasien.

  • Ahli onkologi atau spesialis kanker
  • Oncosurgeons
  • Radiotherapist
  • Ahli bedah plastik dan ahli bedah kosmetik (untuk perihal rekonstruksi pasca operasi jika memang perlu dilakukan operasi)
  • Patolog
  • Onkologi perawat
  • Ahli diet
  • Ahli bedah gigi

Itulah beberapa pihak yang akan berkaitan pada proses pengobatan Kanker Gigi Gusi ini. Akan tetapi, semua itu bergantung juga pada masing-masing kondisi pasien.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Pengobatan

Tentunya sebelum dilakukan pengobatan, ada hal-hal yang perlu dipehatikan baik bagi pasien maupun bagi tim medis yang bersangkutan. Bagi tim medis yang bersangkutan, penggambaran mengenai kanker pasien harus jelas. Maka dari itu sebelum dilakukan pengobatan biasanya akan dilakukan sejumlah pemeriksaan medis untuk mengetahui tingkat parah atau tidaknya kanker tersebut dari Tanda Awal Kanker Gusi yang nampak. Hal ini penting, karena gigi dan rongga mulut merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap infeksi dan juga kerusakan, terutama jika dilakukan pengobatan terhadap kanker itu sendiri.

Sementara itu, bagi si pasien, juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Pasien perlu mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Jika sebelumnya memiliki kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol, maka kebiasaan itu harus dihentikan. Karena jika kebiasaan buruk itu tetap dilakukan, pengobatan kanker gigi tidak akan berjalan maksimal dan pasien bisa jadi jauh dari kesembuhan itu sendiri.

Jenis Pengobatan

Pada dasarnya jenis pengobatan kanker mulut ini tidak jauh berbeda dengan pengobatan kanker lainnya. Pengobatan harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Berikut beberapa jenis pengobatan yang biasa dilakukan secara medis.

  1. Operasi

Salah satu jenis pengobatan kanker gigi yang biasa dilakukan adalah operasi. Tujuan utama dari operasi pembedahan ini adalah untuk mengangkat atau menghapus jaringan-jaringan yang terkena Kanker Gigi dan Mulut. Pada umumnya, pembedahan atau operasi besar yang dilakukan adalah dengan anestesi. Namun semuanya dikembalikan lagi dengan tingkat keparahan dari kanker itu sendiri.

Beberapa orang yang memiliki masalah kanker di area sekitar lidah atau rongga pipi, dan menjalani operasi ini akan membutuhkan operasi rekonstruksi tambahan seperti operasi plastik untuk mengganti kerusakan jaringan yang ada. Operasi plastik ini biasa menggunakan jaringan tubuh lain seperti dari bagian lengan, paha, atau perut.

  1. Terapi PDT

Pengobatan selanjutnya adalah terapi PDT atau yang dikenal juga dengan terapi photodynamic. Terapi ini biasa dilakukan pada tahapan awal kanker. Terapi ini merupakan salah satu jenis terapi dengan teknologi laser yang disertai juga dengan obat-obatan. Obat-obatan ini digunakan untuk membuat jaringan tubuh lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga teknologi laser yang digunakan diharapkan bisa menghapus seluruh jaringan kanker yang dimaksud.

  1. Radioterapi

Pengobatan kanker gigi selanjutnya adalah radioterapi. Radioterapi ini menggunakan energi radiasi tinggi. Tujuannya adalah untuk membunuh sel atau jaringan kanker pada area mulut. Radioterapi ini bisa dilakukan tanpa kombinasi, atau juga dengan kombinasi operasi. Namun pengobatan ini bisa menciptakan efek samping yang membuat jaringan sehat juga terpengaruh.

  1. Kemoterapi

Sama halnya dengan radioterapi, kemoterapi juga merupakan jenis terapi untuk kanker yang sering dilakukan. Kemoterapi juga menjadikan seseorang memiliki efek samping yang menyebabkan tubuh lebih lemah. Tujuan dari kemoterapi adalah untuk merusak DNA dari sel-sel kanker yang ada pada tubuh.

  1. Obat-obatan

Selain beberapa terapi di atas, pengobatan untuk penderita kanker mulut bisa juga disertai dengan beberapa jenis obat-obatan. Obat Kanker Gigi ini biasa digunakan untuk penderita lanjutan dari kanker mulut. Penggunaan obat-obatan ini juga biasanya digunakan dalam kombinasi terapi, entah itu radioterapi atau kemoterapi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengobatan kanker gigi yang perlu diketahui secara medis. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.