Sponsors Link

Penyakit Gigi Alveolar Osteitis dan Penjelasannya

Sponsors Link

Gigi merupakan salah satu komponen dalam tubuh kita yang tergolong sangat penting dan vital keberadannya dalam tubuh kiata secara keseluruhan.

ads

Gigi ini merupakan alat pencernaan mekanik dalam mulut kita. Dikatakan sebagia alat pencernaan karena gigi ini merupakan komponen yang berfungsi untuk memotong, menyobek dan mengunyah makanan yang kita masukkan kedalam mulut kita.

Selain itu sobat, gigi ini juga tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam hal estetika wajah anda. Dan yang lebih menarik lainnya sobat, gigi ini merupakan organ yang berfungsi untuk  menambah indahnya senyum yang terukir di wajah anda. Setuju ya sobat.

Nah sobat semua, berbicara mengenai gigi tersebut sering kali gigi ini terserang penyakit alveolar osteitis. Apa itu alveolar osteitis ? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Cekidot.

1.Apa Itu Penyakit Gigi Alveolar Osteitis? 

Sobat semua yang pernah melakukan pencabutan gigi pastinya tau bahwasanya pada saat cabut gigi, maka akan muncul gumpalan darah yang letaknya berada di rongga gigi yang kosong yang baru saja dicabut tersebut. 

Fungsi dari gumapalan darah tersebut yakni sebagai lapisan pelindung ujung saraf atau tulang yang terdapat pada rongga gigi yang kosong.  Gumpalan darah ini juga dapat berfungsi sebagai pondasi untuk pembentukan tulang baru atau pembentukan jaringan lunak baru diatasnya. pendarahan sesudah cabut gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Nah sobat, alveolar osteitis tersebut adalah keadaan yang terjadi ketika gumpalan darah yang ada di bagian tempat gigi yang dicabut atau lepas  tersebut mencair, sebelum luka dari cabut gigi tersebut belum sembuh. sebab larangan merokok setelah cabut gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Adapun rongga gigi yang terbuka tersebut bisa menyebabkan rasa sakit, karena dibawahnya terdapat syaraf dan juga tulang. Rasa sakit ini bahkan bisa mengalir atau menyebar ke sisi wajah anda. Selain itu sobat, rasa sakit tersebut akan bertambah parah dan akan menjadi radang jika terdapat sisa makanan pada rongga gigi yang terbuka tersebut.

2.Apa Saja Gejala Alveolar Osteitis Tersebut?

Alveolar osteitis tersebut sering kali terjadi sehabis gigi  bungsu dicabut. Rasa sakit tersebut biasanya akan muncul dua atau tiga hari setelah pencabutan gigi tersebut. Berikut ini adalah beberapa gejala dari alveolar osteitis tersebut.

  • Rasa nyeri yang hebat beberapa hari setelah melakukan pencabutan gigi
  • Kehilangan sebagian atau keseluruhan gumpalan darah rongga gigi setelah gigi dicabut. Setelah itu, maka rongga gigi tersebut akan terlihat seoralh mengering.
  • Tulang di rongga gigi dapat terlihat.
  • Nyeri yang menjalar dari rongga gigi ke pelipis, mata telinga atau bisa juga leher. Sisi yang mengalami nyeri tersebut, sama dengan  sisi tempat gigi tersebut dicabut.
  • Nafas bau atau bau yang tidak sedap kelaur dari mulut
  • Rasa makanan yang tidak enak

Cara Mengobati Alveolar Osteitis

Adapun cara mengobati alveolar osteitis tersebut adalah dengan mengonsumsi obat anti radang seperti aspirin dan ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Sponsors Link

Demikian sobat ulasan mengenai penyakit gigi alveolar osteitis yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postinagn kali ini, semoga bermanfaat buat anda. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi