Sponsors Link

Penyakit Gigi Barodontalgia

Sponsors Link

Hello sobat semua yang terkasih, kembali lagi bertemu dengan penulis ya sobat yang tentunya masih setia memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua. Nah sobat, tidak jauh berbeda dari ulasan yang sebelumnya pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kesehatan gigi nda mulut.

ads

Karena seperti yang sudah kita ketahi bersama, gigi dan mulut ini merupakan komponen yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Selain itu sobat, mulut dan gigi ini tentunya memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama nih sobat, gigi merupakan salah satu piranti yang terdapat dalam mulut kita yang berfungsi sebagai piranti yang mengolah makanan sebelum nantinya akan diteruskan ke sistem pencernaan yang selanjutnnya dengan cara manfaat mengunyah makanan lebih lama pada gigi.

Selain itu sobat, ada juga tentunya sudah pasti mengerti ya, bahwasanya gigi ini juga berperan memberikan atau mendukung indahnya senyuman yang terukir diwajah anda, terbayangkan sobat, apabila anda memiliki gigi yang putih, bersih dan rapih tentunya senyuman anda juga akan lebih indah.

Meski kita sudah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi tersebut, namun tidak jarang tetap saja ada berbagai masalah yang terdapat pada gigi tersebut. Salah satu masalah gigi yang sering terjadi adalah avulsi gigi dan Penyakit Gigi Barodontalgia. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan penyakit gigi barodontalgia ini adalah suatu fenomena dimana seseorang mengalami sakit gigi pada saat berada pada ketinggian tertentu, misalnya saat terbang atau menyelam pada kedalaman tertentu di bawah laut sebab itulah terdapat kebenaran bahwa naik pesawat terbang memperparah sakit gigi.

Saat seseorang semakin menyelam ke dasar laut, maka tekanan air yang diterima penyelam akan semakin besar dan volume gas pada rongga tubuh yang tertutup akan semakin berkurang, misalnya pada liang telinga, gigi dan juga pada rongga sinus.

Semenatara itu, saat penyelam hendak naik ke permukaan, maka tekanan atmosfer akan berkurang, maka gas yang terjebak di dalam gigi akan berekspansi dan juga menstimulasi nosiseptor syaraf gigi, yang pada umumnya akan menimbulkan rasa sakit dan membutuhkan manfaat mouthguard untuk gigi.

Sementara itu sobat, pada saat terbang, tekanan udara akan menurun, dan volume gas juga akan meningkat. Hal ini disebabkan karena gigi merupakan jaringan keras yang tidak dapat berempaksi untuk menyesuaikan dengan tekanan luar, oleh karena itu, pada saat kondisi seperti ini gas akan menekan dan menstimulasi syaraf pada gigi.

Sponsors Link

Hal ini pada umumnya terjadi pada pulpitis ( karies dalam ) yang harus diatasi dengan dental filling, dimana pada kondisi seperti ini terdapat pembusukan gigi bagian dalam yang disebablan oleh bakteri yang menghasilkan gas. Selain itu sobat, gas yang terjebak juga dapat terbentuk dibawah tambalan yang kurang baik/ rapi  atau yang mengalami kebocoran ,

hal ini terjadi karena adanya udara yang terjebak antara gigi dan bahan tambalan tersebut atau adanya pengikisan saluran akar yang tidak hermetis.  Adapun abses dan kista periapikal ( yang terdapat apda ujung akar gigi ) juga kerap terkait dengan barodontalgia ini.

Adapun penyebab dari penyakit gigi barodontalgia ini memang belum diketahui pasti, namun banyak peneliti yang menyatakan bahwa penyebabnya terkait dengan hyperemia pulpa dan gas terjebak dalam saluran akar setelah prosedur lengkap perawatan saluran akar atau yang disebut juga dengan endodontik, karena pada umumnya secara teknis sulit

ads

untuk benar –  benar mencegah terdapatnya runag kosong pada proses perawatan pengisian saluran akar. Nah sobat semua, setelah mengetahui apa itu penyakit gigi barodontalgia tersebut beserta penyebabnya, ada baiknya pula sobat mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

  • Rawat Kesehatan Gigi Anda

Cara perawatan yang pertama adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi anda. Seperti yang sudah penulis utarakan pada postingan diatas sobat, salah satu hal yang bisa memicu penyakit gigi barodontalgia ini adalah karena banyaknya karies pada gigi anda

yang diakibatkan oleh banyaknya bakteri atau kuman yang menumpuk pada gigi anda, sehingga pada saat seseorang menyelam dengan kedalaman tertentu, akan beresiko menyebabkan terjadinya penyakit barodontalgia ini. Untuk itu sobat, perhatikan kembali dan rawatlah kesehatan gigi anda secara berkala dan teratur.

  • Kunjungi Dokter Gigi

Cara perawatan yang kedua  adalah dengan mengunjungi dokter gigi sebelum anda memutusan untuk menyelam. Pada saat anda akan memutuskan untuk menyelam dengan kedalaman tertentu atau terbang dengan ketinggian tertentu juga sobat, maka hal ini tentuya sah –  sah saja untuk anda lakukan sekalipun anda ada potensi untuk mengalami penyakit gigi barodontalgia ini.

Namun sobat, ada baiknya jika sobat semua memastikan kondisi anda terlebih dahulu ke dokter gigi. Selain itu, lakukan perawatan atas petunjuk atau anjuran dokter agar anda bisa mengantisipasi aagr penyakit gigi barodontalgia tersebut tidak akan terjadi pada saat anda berada dalam kedalaman tertentu juag ketinggian tertentu.

Hal ini tentunya penting untuk anda lalukan ya sobat. Apabila dokter sudah melakukan tindakan medis untuk mencegah terjadinya penyakit gigi barodontalgia tersebut pada saat anda berada di kedalaman laut , atau ketinggin udara tertentu.

  • Gunakan Alat Pengaman

Cara perawatan yang ketiga  adalah dengan menggunakan alat pengamaman. Pada umumnya, jika anda mengunjungi dokter gigi untuk mengantisipasi penyakit gigi arodontalgia ini sobat, dokter gigi akan menganjurkan anda untuk menggunakan alat pengaman agar  gigi anda tidak mengalami masalah ketika anda berada pada kedalam laut atau pada ketinggian udara tertentu.

Pada umumnya alat yang satu ini bermanfaat untuk mengurangi rongga yang terdapat pada mulut dan juga gigi anda. Jika hal ini sudah dilakukan setidaknya anda bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginakn ya sobat. Oleh karena kesehatan gigi dan mulut tersebut sangatlah penting, untuk itu sobat penting bagi kita untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap gigi tersebut.

Itulah sobat ulasan mengenai penyakit gigi barodontalgia yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat buat sobat yang sudah berkunjung dan memabca artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Salam hangat, salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini