Sponsors Link

Impaksi Gigi : Pengertian, Sebab, Cara Mengatasi

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai gigi, tentunya sobat semua pasti mengerti ya sobat bahwasanya komponen yang satu ini memiliki peranan yang penting terhadap tubuh kita secara keseluruhan dan terlebih lagi untuk sistem pencernaan. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, gigi ini berperan penting untuk mengolah makanan yang masuk kedalam mulut kita sebelum nantinya akan disalurkan atau diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya.

ads

Oleh karena itulah peranan gigi ini sangat penting dalam menunjang performa tubuh kita. Namun meski demikian sobat, ada begitu banyak yang menyepelekan peraawatan gigi tersebut, sehingga tidak jarang terjadi berbeagai masalah atau gangguan seperti karang gigi berwarna hitam.

Salah satu gangguan yang dimaksud adalah seperti adanya gangguan impaksi pada gigi yang menyebabkan gigi ngilu berkepanjangan. Apakah sobat semua pernah mengalami hal ini sobat? Jika pernah dan jika anda ingin menanggulanginya sejak dini, ada baiknya nih sobat adna menyimak ulasan berikut ini dengan, karena pada postingan kali ini penulis akan menjelaskannya secara terperinci untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Mungkin sebagian dari anda bukan tidak asing lagi dengan gangguan yang satu ini ya sobat, yakni impaksi gigi. Adapun  yang dimaksud dengan impaksi gigi adalah sebuah kondisi dimana gigi anda tidak memiliki ruang tumbuh, sehingga pertumbuhan gigi tersebut tidak normal dan harus diatasi dengan incognito braces.

Pada umumnya gigi geraham bungsu atau gigi geraham ketiga atau yang biasa disebut dengan gigi molar ( M3) bisa disebabkan oelh kemungkinan rahang yang terlalu kecil untuk menampung gigi geraham bungsi tersebut, sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan gigi, yang nantinya akan terjadi impaksi pada gigi anda.

Adapun impaksi ini cukup sering dan cukup umum juga ya sobat, yang mana impaksi tersebut sering kali disertai dengan rasa sakit karena cara gosok gigi yang merusak gigi. Oleh karena itulah sobat, gangguan gigi yang satu ini cukup berpengaruh pada orang yang merasakannya.

Nah sobat, sebenarnya gigi impaksi ini tentu saja bisa diatasi misalnya dengan melakukan membersihkan gigi dan mulut bayi sejak dini, namun sebelum itu ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab dari Impaksi Gigi tersebut. Untuk ulasan selanjutnya sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Penyebab Impaksi Gigi

Ada beberapa point yang menjadi penyebab impaksi gigi secara umum, yakni sebagai beriktu :

  • Rahang gigi anda terlalu kecil, sehingga tidak ada cukup ruang untuk gigi tersebut mengalami pertumbuhan.
  • Gigi menjadi bengkin atau miring, ketika ia berusaha tumbuh. Hal ini juga menjadi salah satu penyumbang gigi tersebut mengalami impaksi.
  • Gigi pada awalnya sudah tumbuh pada posisi yang tidak beraturan, sehingga mengalami gigi bungsu yang akan tumbuh. Dengan kondisi seperti ini maka pada umumnya gigi tersebut akan mengalami impaksi.
Sponsors Link

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari timbulan impaksi gigi tersebut sobat, nah kini saatmnya kita membahas mengenai bagaimana cara mengatasi gigi yang impaksi tersebut. Berikut ulasannya secara ringkas untuk anda.

2. Cara Mengatasi Impaksi Gigi

Sebenarnya cara yang paling praktis untuk mengatasi impaksi gigi tersebut bisa langsung menggunakan tenaga medis ya sobat, yakni dengan cara operasi. Namun selain cara terebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi impaksi gigi tersebut, antara lain :

  • Perhatikan Tekstur Makanan Yang Anda Konsumsi

Cara yang pertama adalah dengan memperhatikan tekstur makanan yang anda konsumsi. Pada umumnya ada sebagian orang yang menggemari tekstur makanan yang keras dan cenderung sedikit menguyah. Nah sobat, apabila anda adalah salah satunya namun anda juga mempunyai masalah impaksi gigi, sebaiknya mulai sekarang harur beralih ke kebiasaan mengunyah makanan sesering mungkin.

ads

Mengapa demikian sobat? karena ativitas mengunyah yang cukup banyak bisa membantu kondisi rahang anda berubah mengalami perkembangan yang lebih baik. Dalam hal ini, kondisi rahang yang banyak melakuakn mengunyah bisa menjadikan struktur rahang lebih besar, sehingga tempat tumbuh gigi anda nantinya akan lebih luas, terutama pada gigi molar ketiga.

  • Jagalah Kebersihan Gigi

Cara yang kedua adalah dengan menjaga kebersihan gigi secara teratur. Saat anda mengalami gigi yang impaksi, menjaga kebersihan gigi adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Dengan menjaga kebersihan gigi anda sehingga tidak ada makanan yang menyelip, bisa membantu mengatasi sakit dari impaksi gigi tersebut. Karena pada umumnya, saat gigi anda sedang mengalami impakasi, maka makanan akan mudah sekali terselip pada gigi anda.

  • Perhatikan Cara Mengunyah Anda

Cara yang ketiga adalah dengan memperhatiakn cara mengunyah makanan anda. Menurut aturan para ahli sobat, mengunyah makanan yang baik adalah sebanyak 32 x. Nah sobat bagaimana dengan anda? Selain bermanfaat agar makanan yang anda telan lebuh mudah dicerna, mengunyah makanan sebanyak 32 kali tersebut juga bermanfaat untuk meregangkan rahang anda,

sehingga bisa membuat kondidi rahang semakin membaik. Dengan keadaan seperti ini, maka impaksi pada gigi anda akan bisa diatasi. Selain itu, kunyahlah makanan tersebut secara perlahan agar rahang dan gusi anda tidak sakit.

  • Rutin Periksa Kedokter

Cara yang keempat adalah dengan cara rutin memeriksa gigi anda ke dokter. Seperti kata pepatah bilang, lebih baik mencegah dari pada mengobati.  Nah sobat, perumpamaan ini juga berlaku bagi anda yang memiliki keluhan impaksi gigi. Dengan melakukan hal –  hal diatas maka anda juga harus memeriksa gigi anda kedokter secara rutin agar dokter bisa memantau kondisi gigi anda sejak dini.

  • Pakai Behel

Cara yang kelima adalah dengan memakai behel. Pemakaian behel bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gigi yang impaksi. Namun sebelum anda melakukan hal ini harus konsultasi ke dokter gigi terlebuh dahulu. Karena pada umumnya, pemasangan behel pada seseorang yang mengalami impaksi harus mendaptkan perlakuan atau perawatan khusus dari dokter gigi.

Demikianlah ulasan mengenai impaksi gigi yang bisa penulis sajiakn buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan menjadi refrensi untuk anda yang membacanya. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini