Sponsors Link

Penyakit Kronis Akibat Infeksi Gigi

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut, tentunya kita semua sudah tau dan paham bahwasanya hal yang satu ini tergolong cukup penting dan bersifat harus kita lakukan ya sobat misalnya menghindari cara gosok gigi yang merusak gigi. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan dan kebersihan gigi ini nantinya akan berpengaruh pada organ tubuh kita yang lainnya.

ads

Kesehatan gigi ini penting untuk kita jaga karena gigi ini merupakan salah satu komponen atau piranti yang penting karena merupakan komponen utama dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengolah makanan yang kita masukkan kedalam tubuh, sebelum nantinya akan diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya sehingga perawatan harus sesuai tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi yang terbaik.

Namun meski demikian sobat, kesadaran akan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi masih tergolong rendah ditengah –  tengah masyarakat misalnya tidak paham mengenai jangan langsung sikat gigi setelah makan. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai hal, misalnya seperti kurangnya kesadaran dan pengetahuan akan kesehatan gigi tersebut, karena banyaknya kesibukan, atau bisa juga dari faktor kemalasan sehingga tak jarang menyebabkan terjadinya infeksi gigi.

Salah satu penyebab dari infeksi gigi tersebut adalah karena gigi berlobang dan tidak mendapat pengaruh positif sinar matahari pagi bagi gigi. Seperti yang sudah kita ketaui bersama sobat, gigi berlobang ini merupakan salah satu penyakit gigi yang tergolong cukup sering dialami oleh kebanyakan orang.

Gigi berlobang ini pada umumnya dikarenakan oleh kebersihan gigi dan mulut yang buruk atau pasta ggi yang slaah, sebab itu baik untuk mencoba teknologi pasta gigi dari cangkang kerang. Bakteri atau zat gula yang terdapat pada mulut bisa berubah menjadi asam, yang kemudian lingkungan atau daerah sekitar gigi akan menjadi asam, nah sobat asam tersebut nantinya akan membuat lapisan gigi ( enamel gigi ) terkikis yang pada akhirnya akan membenutk lobang pada gigi.

Apabila gigi tersebut sudah terkikis maka akan sangat mudah bahi bakteri untuk membuat gigi anda menjadi belubang.  Dan pada saat kondisi seperti ini, apabila  dibiarkan secara terus menerus akan berpotensi mengakibatkan infeksi gigi yang juga nantinya akan berdampak ke berbagai jenis kronis lainnya.

Berikut ini adalah beberapa Penyakit Kronis Akibat Infeksi Gigi. Yuk sobat semua langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Infeksi Pembuluh Darah

Penyakit kronis yang pertama adalah infeksi pembuluh darah. Bakteri yang berkembang di dalam mulut, lama kelamaan akan menyebar ke seluruh pembuluh darah organ tubuh. Nah sobat, hal ini akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh akan menurun, yang disebabkan oleh bakteri atau racun dan juga pasukan oksgen kedarah dan jaringan organ lainnya akan tersumbat.

Nah sobat, hal ini akan mengakibatkan kegagalan organ seperti jantung, dan paru –  paru kulit, perut dan juga organ yang lainnya. Jika bagian –  bagian tubuh tersebut sudah terserang, maka otomatif pembuluh darah dalam tubuh anda juga akan mengalami infenksi.

Sponsors Link

2. Peradangan Pada Rongga Sinus

Penyakit kronis yang kedua adalah peradangan pada rongga sinus. Adapun sinus merupakan sebuah rongga kecil yang terletak di belakang tulang pipi, dan membuka lubang pada hidung lendir yang dihasilkan oleh sinus yang berfungsi untuk mengendalikan suhu dan juga kelembapan udara yang masuk kedalam paru –  paru.

Nah sobat, apabila terdapat kuman atau bakteri dalam gigi atau mulut anda yang disebabkan oleh adanya infkesi pada gigi tersebut, maka secara otomatid rongga sinus ini juga nantinya akan ikut terinfeksi oleh karena lendir ini mengalir ke hidung melalui saraf –  saraf kecil sehingga menyebabkan penyakit kronis akbat infeksi gigi tersebut.

ads

3. Stroke

Penyakit kronis yang ketiga adalah bisa mengakibatkan struke. Bakteri yang tercampur dalam pembuluh darah maka akan berdampak buruk pada saraf –  saraf dam tubuh anda yang bisa mengakibatkan kerusakan atau penurunan fungsi dari saraf –  safaf tersebut.

Hal ini juga tentunya berdampak buruk pada tubuh anda, yakni tidak bisa memasok oksigen yang diakibatkan oelh infeksi pembuluh darah tersebut yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda, yakni bisa membuat atau mengakibatkan stroke. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga kesehatan gigi anda sejak dini untuk menanggulangi hal tersebut ya sobat.

4. Kelahiran Bayi Tidak Normal

Penyakit kronis yang keempat adalah bisa mengakibatkan kelahiran bayi tidak normal. Bagi ibu hamil yang sedang mengalami masalah pada gigi sebaiknya segera di periksa ke dokter gigi agar tidak menimbulkan efek yang lebih serius ya sobat.

Sebut saja pada saat seorang ibu hamil sedang mengalami gigi berlobang yang bisa mengakibatkan infeksi gigi. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan anda nantinya, yang bisa mengakibatkan penyakit kronis seperti terjadina kelahiran bayi yang tidak normal.

5. Jantung

Penyakit kronis yang kelima adalah bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Ketika terjadinya infeksi pada pembuluh darah, akibat dari bakteri yang bersumber dari infekis gigi yang terdapat pada mulut, maka pembuluh darah yang terinfeksi tersebut akan menempel kepada timbunan lemak di pembulu arteri jantung, dan juga akan menimbulkan bekuan yang akan menghambat aliran darah ke jantung sehingga mengakibatkan oksigen yang akan dipasok oleh jantung akan terhambat.

Jika terjadi hal seperti ini sobat, maka fungsi jantung tentuya tidak akan bekerja secara maksimal yang juga mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Meang terlihat sepele ya sobat, namun hal ini sebaiknya anda perhatikan agar tidak menimbulkan masalah pada jantung anda nantinya.

6. Radang Otak

Penyakit kronis yang keenam adalah bisa menyebabkan radang otak. Ternyata hal yang paling mengejutkan sobat, bawasanya gigi yang terinfeksi ternyata berdampak buruk juga terhadap otak anda. Hal ini disebabkan oleh gigi dan gusi yang mengalami infeksi bakteri mulut akan mnegakibatkan radang otak,

adapun dampak dari radang otak ini akan berdampak pada kehilangan memori pada otak anda. Peradangan atau meningkitis ini sangatlah berbahaya ya sobat, untuk itu sebaiknya jagalah kebersihan dan kesehatan gigi anda secara rutin agar tidak menimbulkan dampak yang buruk untuk anda.

Demikianlah ulasan yang bisa penulis share buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan refrensi buat anda. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi