Penyakit Mulut Herpangina dan Penjelasannya

Pada bagian belakang tenggorokan pada anak kecil biasanya mengalami luka bisul atau lecet. Biasanya pada pancaroba atau perlaihan musim penyakit herpangina tersebut biasanya kerap muncul, akan tetapi penyakit herpangina tersebut tidak hanya menyerang anak kecil saja, bisa saja menyerang orang dewasa. Apakah penyakit herpangina tersebut ? Dan bagaimana penyebarannya ?

Apakah herpangina tersebut?

Sekelompok virus yang disebut dengan enterovirus merupakan penyakit yang bisa menyebabkan infeksi pada mulut dan juga tenggorokan. Hal lain yang dapat mempengaruhi anak mirip dengan kondisi tersebut misalnya seperti, penyakit foot, handa dan juga mouth disease.

Virus enterovirus merupakan penyebabnya juga. Mudah menyebar dari satu anak ke anak yang lainnya virus enterovirus tersebut yang bisa menyebabkan infeksi, dan hal tersebut yang perlu anda ketahui.

Orang dewasa yang terkena herpangina memang terbilang jarang, walaupun orang dewasa juga bisa terkena penyakit herpangina, karena pada orang dewasa mempunyai antibody yang cukup kuat yang digunakan untuk melawan virus herpangina tersebut.

Apabila anda melakukan kontak langsung dengan feses orang yang telah terkena herpangina sebelumnya, herpangina tersebut biasanya bisa juga ditularkan. Misalnya saja apabila buah hati anda setelah buang air, dan anda ikut membantu membersihkannya, maka kemungkinan bisa tertular.

Infeksi juga dapat menular melalui bersin, batuk, dan juga air liur. Selama beberapa hari virus herpangina masih mampu berpindah dan juga bertahan hidup pada permukaan benda seperti mainan anak-anak dan juga meja.

Apakah ciri-ciri herpangina

Pada setiap orang gejala herpangina berbeda-beda, akan tetapi untuk ciri-cirinya umumnya seperti berikut ini :

  • Sakit tenggorokan
  • Demam mendadak
  • Leher terasa sakit
  • Sakit kepala
  • Tidak nafsu makan

Jika terdapat gejala herpangina seperti berikut, anda harus segera menghubungi dokter,

  • Selama lebih dari lima hari terdapat sakit di tenggorokan dan juga luka
  • Lemas, mata kering, gejala dehidrasi, urine berwarna gelap, jarang buang air kecil
  • Suhu tubuh di atasa 40 derajat celcius (demam tinggi)

Bagaimanakah cara untuk mengobati herpangina ?

Rasa sakit yang berpusat disekitar tenggorokan dan juga mulut ini, untuk pengobatannya biasanya dengan cara mengurangi dan menghilangkan gejalanya, dan kondisi ini disebabkan oleh virus. Dan antibiotik bukanlah pengobatan yang efektif, karena ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Dokter anda mungkin akan merekomendasikan beberapa pengobatan berikut untuk sebagai gantinya.

1.Salep atau krim pereda nyeri

Dokter biasanya akan menyuruh anda untuk menggunakan obat pereda nyeri tetapi tertentu, misalnya seperti lidocaine. Akibat infeksi virus, obat-obatan tersebut bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan juga mulut. manfaat minum air hangat bagi kesehatan gigi dan mulut bisa anda pelajari.

2. Minum Paracetamol

Ketidaknyamanan atau rasa sakit di tenggorokan dan juga dapat mengurangi gejala demam, obat ini bisa anda gunakan. hubungan cabut gigi dengan demam bisa anda pelajari lebih lanjut.

3. Meningkatkan asupan cairan

Untuk bisa terhidrasi dengan baik penting untuk menjaga tubuh, jika terkena kondisi ini. Selama masa pemulihan, hal yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara minum banyak cairan. Dan untuk membantu menenangkan pada sakit tenggorokan, anda bisa makan es loli dari jus buah asli