Sponsors Link

Penyakit Odontoma Pada Gigi

Sponsors Link

Penyakit odontoma merupakan tumor odontogenik yang paling sering terjadi. Tumor ini terbentuk dari pertumbuhan enamel gigi dan juga dentin gigi yang keluar dari jalur akan tetapi bisa juga mengandung jaringan pulpa. Bisa dikatakan, tumor ini mengandung jaringan yang biasanya ada pada penyusun gigi. Untuk orang awam biasa menyebut penyakit odontoma ini dengan tumor gigi yang biasa terjadi tanpa disertai dengan gejala.

ads

Jenis Odontoma

Odontoma sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni odontoma compoun dan juga odontoma kompleks. Odontoma kompleks adalah tumor odontogenik yang terdiri dari massa jaringan keras dan lunak gigi. Ini berbentuk massa jaringan keras gigi yang menyerupai kembang kol dan dikelilingi folikel fibrosa pathogenesis.  Odontoma kompleks ini berasal dari dental lamina atau organ enamel gigi normal dimana trauma pada daerah pembentukan gigi juga bisa menyebabkan odontoma. Odontoma compound merupakan bentuk tumor yang menyerupai gigi normal dan paling sering terjadi. Sedangkan odontoma kompleks merupakan bentuk pertumbuhan tumor gigi yang tidak beraturan.

Kondisi ini adalah jenis tumor odontogenik yang paling umum dan biasa terdiagnosis pada umur antara 11 hingga 15 tahun. Akan tetapi semua bisa diatasi dengan cara berdiskusi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan Gejala Odontoma

Ada banyak gejala kondisi odontoma yang sering diabaikan seperti salah satunya gigi dewasa atau gigi tetap yang tertunda dan biasa dianggap hal sepele oleh banyak orang. Benjolan pada gusi penyebab gusi bengkak juga menjadi salah satu tanda dan gejala odontoma dimana gigi taring yang biasanya akan terkena odontoma tersebut.

Kapan Harus Diperiksa?

Diagnosis dan juga pengobatan dini bisa mencegah tumor gigi semakin memburuk beserta kondisi darurat medis lainnya. Untuk itu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mencegah kondisi yang lebih serius seperti masalah kista gigi. Apabila anda mengalami tanda dan gejala yang sudah disebutkan di atas atau memiliki pertanyaan, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Penyebab Odontoma

Sebenarnya, belum informasi pasti tentang bagaimana odontoma tersebut bisa terjadi. Namun infeksi dan juga trauma di tempat tumor tumbuh bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tidak hanya penyebab, namun faktor risiko odontoma juga belum diketahui hingga saat ini sehingga  semua orang masih kemungkinan terkena penyakit odontoma atau tumor gigi tersebut.

Diagnosis dan Pengobatan Odontoma

Jaringan abnormal yang tumbuh umumnya memang tidak menimbulkan gejala eksternal. Tumor tersebut baru terlihat ketika dilakukan pemeriksaan X ray di dokter gigi. Gigi yang tertunda atau penyakit abses gigi juga bisa menunjukkan jika seseorang butuh perawatan lebih lanjut. Pada saat diperiksa di tingkat sel, maka bisa ditemukan pulpa, dentin, enamel dan juga sementum yang menyerupai bentuk normal atau tidak. Berikut ini adalah beberapa tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi odontoma tersebut.

CT Scan Odontoma

CT scan mengacu pada gambar yang diperoleh dari X ray yang kemudian ditingkatkan dengan tomografi komputer atau pandangan bagian berlapis. Pencitraan teknologi canggih tersebut akan membantu dokter untuk melihat yang ada di dalam tumor sebelum operasi pengangkatan dilakukan. Setiap formasi unik dan juga pengaturan jaringan gigi bisa menentukan jenis strukturnya. Kadang odontoma kompleks juga bisa meluas ke rongga hidung sehingga butuh penanganan khusus.

Pengobatan Tumor Gigi

Satu satunya yang bisa mengobati tumor gigi atau odontoma ini adalah dengan operasi pengangkatan sel tumor dengan biaya yang berbeda seperti biaya operasi akar gigi. Tumor gigi ini termasuk jenis tumor jinak yang terbentuk dari jaringan gigi dan dalam kebanyakan kasus, pengangkatan yang dilakukan juga cukup sederhana dengan proses pemulihan yang juga cepat. 

Sponsors Link

Namun untuk beberapa tumor gigi kompleks juga bisa menyebabkan komplikasi sesudah pengangkatan sehingga harus dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Pencegahan Odontoma Gigi

Oleh karena penyebab dan pemicu odontoma belum diketahui dengan pasti, maka belum jelas gaya hidup yang bagaimana yang harus dilakukan dan pengobatan rumah apa saja yang bisa dilakukan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini