Sponsors Link

Penyebab Akar Gigi Bengkok yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kita tahu bahwa tidak semua gigi dan akar gigi bisa tumbuh dengan baik. Seiring dengan pertumbuhannya da beberapa masalah umum yang kerap melanda, salah satunya adalah akar gigi bengkok seperti merapikan gigi depan miring. Ada sejumlah alasan mengapa akar gigi bisa tumbuh bengkok. Beberapa di antaranya termasuk:

ads

1. Genetika

Penyebab gigi bengkok yang paling sering adalah genetika . Sebagian besar dari kita memiliki banyak kendali atas bagaimana gigi kita berkembang seperti yang kita lakukan atas warna rambut kita atau mata kita! Ciri-ciri gigi yang dapat menyebabkan gigi berkerut dan rahang misalignment sering diwariskan dari orang tua kita. Gigi bengkok juga, dalam beberapa kasus ini juga terkait dengan ukuran mulut kita seperti pijat sakit gigi geraham.

Jika mulut Anda terlalu kecil, ada kemungkinan gigi yang lebih besar yang kemudian dapat menyebabkan gigi lain bergeser dari posisi normal mereka. Rahang yang tidak sejajar juga dapat menyebabkan masalah seperti underbites dan overbites  tonjolan abnormal yang mengakibatkan gigi atas atau bawah memanjang melampaui satu sama lain.

2. Kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan yang terbentuk selama masa bayi dapat menciptakan efek riak yang tidak akan terlihat sampai bertahun-tahun kemudian. Ini dapat diterapkan pada bayi yang sering mengisap jempol atau jari-jari mereka untuk kenyamanan, atau menggunakan empeng untuk menenangkan diri, terutama jika kebiasaan ini meluas hingga masa balita. Meskipun perilaku ini tampak tidak berbahaya. Mereka sering dapat menyebabkan anak mengembangkan gigi bengkok saat mereka tumbuh dewasa.

Ada kebiasaan lain, sebagian besar tidak disadari, yang dapat berkontribusi pada ketidaksejajaran rahang dan gigi yang terus-menerus. Ini kadang-kadang disebut sebagai kebiasaan “myofunctional” , dan mereka termasuk hal-hal seperti bernapas melalui mulut, lidah menyodorkan, dan menelan balik seperti gigi depan miring kesamping. Seperti yang Anda bayangkan, banyak orang akan mengembangkan setidaknya salah satu kebiasaan ini dalam hidup mereka.

3. Penyakit atau cedera

Trauma wajah, seperti cedera rahang atau cedera mulut, dapat memiliki efek memindahkan gigi yang tidak pada tempatnya. Trauma sebenarnya adalah penyebab paling umum dari kasus gigi bengkok yang paling parah . Kehilangan gigi atau pergeseran rahang Anda karena cedera atau sakit sering berarti bahwa gigi yang tersisa akan perlahan-lahan bergeser untuk menggantikan ruang yang hilang dari waktu ke waktu seperti gigi bungsu tumbuh miring ke arah pipi.

Sponsors Link

4. Akibat Pertumbuhan Gigi Susu

The gigi permanen bawah gigi susu Anda terkena dampak langsung oleh kesehatan orang gigi bayi. Jika gigi-gigi bayi ini mengalami kehilangan secara prematur karena pembusukan, trauma, atau faktor-faktor lain, gigi permanen akan bergeser ketika mereka mulai bergerak ke atas. Kami melihat gigi bayi seperti jangkar kecil untuk gigi permanen yang seharusnya membantu membimbing mereka saat mereka meletus melalui gusi.

Sementara perawatan ortodontik dapat dimulai pada usia berapa pun, pasti ada waktu yang disarankan untuk memulai perawatan. Mulai pada usia dini memastikan hasil terbaik dengan jumlah biaya dan pengeluaran terkecil. Sangat direkomendasikan bahwa anak-anak menerima evaluasi ortodontik pertama mereka pada tanda pertama dari masalah, biasanya antara usia 7 dan 8 tahun.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi