Sponsors Link

5 Penyebab Akar Gigi Rusak – Perawatan – Pengobatan

Sponsors Link

Gigi kita sangat kuat, tetapi dengan banyak tekanan dan ketegangan yang harus mereka tahan, mereka dapat mengunyah, retak atau patah seperti kerusakan gigi. Begitu juga dengan sang penyangga yitu akar gigi, ada beberapa afktor yang menyebabkan dan menjadi penyebab akar gigi rusak yang akan dibahas pada artikel kali ini. Penyebab umum dari akar gigi rusak ini dapat meliputi:

ads
  1. Makan sesuatu yang keras
  2. Trauma wajah setelah kecelakaan
  3. Kerusakan dari olahraga
  4. Rongga yang tidak diobati dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh dan patah
  5. Tambalan amalgam besar, di mana struktur sisa gigi alami bisa menjadi rapuh selama periode waktu
    Gigi yang patah tidak selalu menyebabkan rasa sakit segera.

Jika telah pergi ke saraf, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan sesekali ketika mengunyah, misalnya, atau kepekaan terhadap panas dan dingin seperti ciri-ciri gigi rusak. Apakah Anda kesakitan atau tidak, semua istirahat harus diselidiki oleh dokter gigi Anda sesegera mungkin untuk memeriksa kesehatan dan kenyang dari gigi, dan untuk memberikan perawatan yang diperlukan untuk mencegah kerusakan atau masalah lebih lanjut.

Perawatan untuk akar gigi rusak

Gigi dengan bagian kecil di tepi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau masalah, tetapi dokter gigi Anda mungkin menyarankan perbaikan dengan menghaluskan tepi dan memasukkan isian berwarna gigi. Ini akan mencegah tepi kasar memotong bibir atau lidah Anda.

Akar gigi yang patah dan patah tulang yang parah mungkin memerlukan perawatan yang lebih rumit, karena masalah ini mungkin disebabkan oleh rongga. Rongga besar dapat menyebabkan patah tulang dan patah dan, jika dibiarkan, akan menjadi sangat menyakitkan.

Gigi yang retak atau patah mungkin tidak terlihat atau perlu disakiti, tetapi hanya karena tidak menimbulkan masalah berarti Anda tidak boleh mengabaikannya. Tidak peduli seberapa kecil Anda pikir mungkin, bagian dari rutinitas kesehatan mulut yang baik untuk memiliki kelainan yang diselidiki oleh dokter gigi Portman Anda.

Infeksi dapat timbul dengan cepat, jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat sesegera mungkin. Dengan pemeriksaan rutin dan diskusi dengan dokter gigi Anda, Anda dapat menghentikan patah tulang dan retak dari berkembang menjadi masalah.

Apa yang harus dilakukan jika Anda merusak akar gigi Anda?

Jika Anda telah meretakan atau memaatahkan akar gigi, ikuti langkah-langkah ini segera sebelum memesan janji dengan dokter gigi :

  • Bilas mulut Anda dengan air hangat
  • Berikan tekanan pada area perdarahan menggunakan kasa atau teh celup basah
  • Oleskan es batu ke pipi Anda jika ada pembengkakan
    Sponsors Link

  • Jika Anda memiliki akses ke sana, tutupi retakan besar dengan semen gigi sementara
  • Jika terasa nyeri, gunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti parasetamol (kecuali dokter menyarankannya)
  • Tutupi akar gigi yang rusak dengan susu, air liur atau larutan garam

Jika gigi Anda patah, pastikan Anda tidak menyikatnya, dan membuat janji untuk menemui dokter gigi Anda sesegera mungkin. Dokter gigi Anda akan berdiskusi dengan Anda metode terbaik untuk memperbaiki jeda, yang bisa menjadi satu atau kombinasi tambalan, mahkota dan perawatan saluran akar seperti obat radang gusi menanah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini