Sponsors Link

6 Penyebab Akar Gigi Sakit yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Apakah anda mengalami beragam tanda seperti sakit gigi yang presisten? penyebab sakit gigi kambuh sebenarnya ada banyak. Bahkan terkadang ada beberapa penyebab akar gigi sakit yang luput dari perhatian. Seperti cara mengobati pipi bengkak akibat sakit gigi pada anak, berikut beberapa penyebab akar gigi sakit yang umum terjadi:

ads

1. Kerusakan gigi

Kerusakan gigi hanyalah kata lain untuk caries. Jika Anda memiliki gigi yang membusuk, itu berarti permukaan luarnya telah dimakan oleh plak seperti kelainan gigi karies. Ini terjadi ketika plak menempel pada enamel gigi dan menghasilkan asam pelarut enamel. Ini menyebar ke dalam, melarutkan gigi dan berpesta di dentin (lapisan tengah). Jika dibiarkan bergerak lebih jauh ke dalam, itu bisa menyebabkan rasa sakit yang parah saat itu mengenai saraf.

2. Peradangan Pulpa

Kondisi ini sering disebut sebagai ‘pulpitis.’ Ini terjadi ketika jaringan di tengah gigi menjadi iritasi dan meradang. Iritasi ini mengarah ke akumulasi tekanan di dalam gigi dan menekan jaringan gusi dan sekitarnya. Perawatan untuk pulpitis biasanya merupakan prosedur saluran akar. Penting untuk mendapatkan kondisi diobati dengan cepat, karena rasa sakit yang terkait bisa parah seperti erupsi gigi susu.

3. Retak dan Fraktur

Hal ini juga memungkinkan retakan kecil dan patah tulang muncul di gigi. Ini dapat disebabkan oleh keausan dan robekan umum atau dengan menggigit keras pada objek yang sulit. Adalah umum untuk retakan gigi terjadi saat makan hal-hal seperti es dan popcorn. Dalam beberapa kasus, retakan akan segera terlihat dan Anda bahkan dapat merasakannya dengan lidah Anda. Namun, pada yang lain, itu hanya bisa bermanifestasi sebagai rasa sakit yang membosankan ketika menggigit atau sensitivitas terhadap perubahan suhu.

4. Penyakit gusi

Kondisi ini dikenal sebagai gingivitis atau periodontitis. Ini ditandai dengan infeksi pada jaringan gusi yang mengelilingi dan mengamankan gigi. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan hilangnya gigi yang persisten dan degenerasi total pada gusi. Bakteri menyebabkan gusi kehilangan cengkeraman pada gigi dan surut, yang memaksa terciptanya celah dan kantong seperti kelainan gigi fusion. Kantong-kantong ini kemudian diisi dengan bakteri dan meninggalkan akar gigi yang rentan terhadap pembusukan.

5. Gigi Sensitif

Dan, ada beberapa orang yang hanya memiliki gigi sensitif. Jika tidak ada tanda-tanda infeksi atau pembusukan, tetapi gigi masih sensitif terhadap perubahan suhu dan udara dingin, ini mungkin masalahnya. Karena ini sebenarnya bukan kondisi gigi sama sekali, tidak perlu perawatan. Selama gigi sehat secara struktural, pasta gigi yang dirancang khusus dapat digunakan untuk mengontrol tingkat kerentanan gigi.

Sponsors Link

6. Dental Abses

Abses gigi biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam area pulpa gigi. Jika ini menjadi terinfeksi, akar gigi harus berhadapan dengan banyak tekanan. Ini adalah titik di mana infeksi secara alami mengalir keluar, sehingga daerah tersebut dapat dengan mudah menjadi meradang dan sangat sakit. Gejala yang paling jelas dari abses adalah pembengkakan wajah yang menyakitkan. Sekali lagi, perawatan yang disarankan biasanya adalah saluran akar.

Dari semua kondisi ini, yang paling menyakitkan biasanya adalah abses gigi. Meskipun ini disebabkan oleh masalah umum,salah satu yang dapat dengan mudah diperbaiki : abses hanya terjadi setelah masalah ini tidak ditangani selama beberapa waktu. Pada titik ini, rasa sakitnya cenderung parah dan membutuhkan perhatian segera. Anda perlu menghubungi dokter gigi Anda segera jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin mengalami abses.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi