Sponsors Link

Penyebab Akar Gigi Terbuka – Perawatan – Pencegahan

Sponsors Link

Gusi adalah jaringan pelindung tebal yang mengelilingi gigi seperti sebuah manset ketat. Gusi tersebut dapat sembuh karena berbagai alasan seperti menyikat gigi yang terlalu kuat, pemindahan gigi atau bruksisme seperti penyebab akar gigi bengkok. Jika akar gigi dibiarkan terbuka dan penyebabnya tidak ditangani, beberapa masalah kesehatan mulut seperti hipersensitivitas akar, estetika atau defisiensi fungsional, radang gusi, karies akar gigi dan gangguan kebersihan mulut dapat terjadi.

ads

Penyebab Akar Gigi Terbuka

Akar gigi terbuka paling sering disebabkan oleh resesi gusi atau penyakit periodontal, juga dikenal sebagai penyakit gusi. Resesi gusi adalah proses yang lambat di mana gusi memudar, akhirnya mengekspos akar gigi. Kepekaan gigi sering meningkat ketika gusi surut, dan ketidaknyamanan ini bisa menjadi parah setelah akar terpapar. Jika tidak ditangani, resesi gusi dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, termasuk rongga akar dan bahkan kehilangan gigi. Terkena akar gigi juga dapat disebabkan oleh penyikatan gigi atau trauma yang agresif pada gusi seperti efek samping perawatan akar gigi.

Bagaimana akar gigi terbuka dirawat?

Ahli bedah gigi dapat memindahkan jaringan dari langit-langit ke gusi. Kemungkinan efek samping dari transplantasi jaringan adalah rasa sakit, ketidaknyamanan dan komplikasi dengan penyembuhan di tempat panen seperti biaya operasi akar gigi. Geistlich Mucograft adalah alternatif untuk jaringan dari langit-langit untuk regenerasi jaringan gusi dengan keberhasilan klinis yang terbukti. Matriks kolagen seperti ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung tubuh Anda dalam menghasilkan jaringan gusi.

Dokter gigi Anda akan menyarankan Anda pada pendekatan bedah yang sesuai yang diadaptasi secara individual untuk Anda. Kepekaan gigi yang disebabkan oleh akar yang terpapar sering membutuhkan perawatan untuk mengembalikan jaringan gusi yang hilang. Pencangkokan gusi, juga disebut gingival grafting, dapat memulihkan jaringan gusi dan mengobati akar yang terpapar seperti obat radang gusi bernanah. Ada berbagai jenis metode pencangkokan gusi. Jenis yang digunakan tergantung pada kebutuhan dan tingkat kerusakan pasien. Prosedur-prosedur ini termasuk:

  • Graft gingiva gratis: Prosedur gingival bebas graft membutuhkan sejumlah kecil jaringan dari langit-langit mulut. Jaringan ini dihilangkan, ditempatkan di atas akar yang terbuka, dan dijahit pada tempatnya.
  • Cangkok jaringan ikat: Prosedur cangkok jaringan ikat dimulai dengan pembentukan flap melalui jaringan atap mulut. Flap kemudian dibuka dan sebagian dari jaringan ikat dikeluarkan dan dijahit di atas akar yang terbuka. Setelah jaringan yang cukup telah dipanen, tutupnya dijahit tertutup dan perawatan selesai.
  • Pedikel cangkok: Sebuah graft pedikel mengambil jaringan dari gusi, dekat area perawatan. Flap, atau pedikel, dipotong sebagian dari getah, ditarik ke atas akar yang terbuka, dan dijahit pada tempatnya.

Mencegah Terkena Akar Gigi Terbuka dan Kepekaan Gigi

Mencegah akar yang terpapar dapat membantu mencegah kepekaan gigi dan menghindari kebutuhan operasi gusi. Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit gusi, penyebab terbesar dari akar yang terekspos. Sikat setidaknya dua kali sehari selama dua menit penuh dan benang setiap hari untuk menurunkan risiko penyakit gusi. Membilas dengan obat kumur antiseptik juga dapat membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut, penyebab lain penyakit gusi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini