Sponsors Link

4 Penyebab Akar Gigi Tumbuh Daging – Pengobatan – Perawatan

Sponsors Link

Jika gusi atau daging mulai tumbuh di atas akar gigi, itu normal bagi seseorang untuk merasa khawatir atau mencari bantuan medis. Pertumbuhan berlebih dari gusi, atau hiperplasia gingiva, mungkin merupakan efek samping dari kondisi kesehatan lainnya seperti penyebab akar gigi bengkok.

ads

Gusi yang tumbuh terlalu banyak mungkin tidak tampak seperti masalah langsung, tetapi bisa berbahaya bagi gigi dan akhirnya menjadi tidak nyaman dan tidak menarik. Memahami penyebab pertumbuhan berlebihan gusi dan mencari perawatan yang tepat dapat membantu melindungi senyum yang sehat dan menarik seseorang.

Penyebab Akar Gigi Tumbuh Daging

Berikut penjabaran tentang penyebab akar gigi tumbuh daging yang umum menjadi permasalahan mengapa seseorang memerlukan bantuan pihak medis:

1. Iritasi

Penyebab paling umum dari hiperplasia gingiva adalah jaringan gusi yang merespon secara agresif terhadap iritasi plak atau karang gigi. Sama seperti penyakit gusi dapat menyebabkan gusi surut, itu juga dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan gusi yang berlebihan. Bahkan setelah pertumbuhan gusi berlebih dari penyakit gusi, resesi gusi masih bisa terjadi.

2. Genetika dan Reaksi Obat

Selain penyakit gusi, penyebab pertumbuhan berlebih gusi termasuk genetika dan suatu kondisi yang disebut fibromatosis gingiva di mana jaringan gusi yang sehat tumbuh begitu berlebihan sehingga dapat sepenuhnya menutupi gigi jika seorang profesional gigi tidak mengangkatnya. Beberapa obat seperti calcium-channel blocker dan imunosupresan memiliki efek samping dari pertumbuhan berlebih gusi seperti efek samping perawatan akar gigi.

3. Hormon

Penyebab lebih lanjut dari pertumbuhan gusi yang berlebihan termasuk ketidak seimbangan hormon, kehamilan dan leukemia. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab pertumbuhan berlebih gusi pada pasien tertentu adalah melalui pemeriksaan gigi atau medis seperti biaya operasi akar gigi.

4. Konsekuensi  Akibat Tumbuh Daging di Sekitar Akar Gigi

Ketika fibromatosis gingiva menyebabkan pertumbuhan gusi berlebih, masalah utamanya adalah estetika tetapi dengan penyebab lain pertumbuhan gusi yang berlebih, gusi dapat menjadi bengkak, merah dan mungkin berdarah serta tampak tidak menarik.

Karena kebanyakan jenis pertumbuhan berlebih gusi adalah peradangan, itu bisa berbahaya bagi gigi dan tulang karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan gusi bersama dengan bakteri invasif. Gusi yang terlalu besar dapat menjebak karang gigi, bakteri dan iritasi lain di bawah garis gusi dan ini dapat mempercepat kerusakan gigi dan menyebabkan pembengkakan dan iritasi lebih lanjut seperti obat radang gusi bernanah.

Sponsors Link

Perawatan untuk Pertumbuhan Daging

Ketika pertumbuhan berlebih gusi adalah hasil dari penyakit gusi, kebersihan mulut dan obat anti-inflamasi dapat mengurangi pembengkakan. Jika kondisi sistemik adalah penyebabnya maka mengobati mereka harus menghilangkan pertumbuhan berlebih gusi atau masalah dapat hilang dengan sendirinya. Menemukan obat mana yang mungkin menyebabkan pertumbuhan berlebih gusi dan menemukan pilihan lain adalah kemungkinan pengobatan lain.

Sponsors Link

Untuk fibromatosis gingiva, gosokkan kembali gusi, juga dikenal sebagai pemanjangan mahkota, adalah satu-satunya pilihan untuk membantu mengembalikan penampilan senyuman yang estetis dan menyenangkan. Jika Anda mengalami pertumbuhan berlebih gusi, penting untuk segera mengatasinya untuk bekerja pada rencana perawatan yang efektif dengan ahli periodontis. Banyak yang menawarkan pemanjangan mahkota dan berbagai prosedur lain yang dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan senyuman Anda seperti ciri akar gigi tertinggal.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini