Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasi dengan Cepat

Ada sejumlah kemungkinan penyebab bau mulut atau yang dikenal dengan istilah halitosis seperti cara menghilangkan bau mulut dengan lemon. Berikut beberapa penyebab tersering :

  • Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab paling umum dari bau mulut adalah kebersihan mulut yang buruk. Bakteri yang menumpuk di gigi Anda – terutama di antara mereka serta lidah dan gusi Anda, dapat menghasilkan gas yang berbau tidak sedap. Bakteri ini juga bertanggung jawab untuk penyakit gusi dan kerusakan gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, makanan apa pun yang terperangkap di antara gigi Anda akan dipecah oleh bakteri dan mungkin menyebabkan bau mulut.

Bakteri juga bisa hidup di permukaan kasar lidah Anda. Selain menyikat gigi, membersihkan lidah juga bisa membantu mengendalikan bau mulut. Anda harus melakukan pemeriksaan gigi rutin untuk memastikan masalah kebersihan mulut dijemput dan ditangani sejak dini. Dokter gigi Anda akan dapat memberi tahu Anda tentang seberapa sering Anda perlu pemeriksaan.

  • Makanan dan minuman

Makan makanan beraroma kuat, seperti bawang putih, bawang dan rempah-rempah, cenderung membuat bau napas Anda. Minuman beraroma kuat, seperti kopi dan alkohol, juga bisa menyebabkan bau mulut. Bau mulut yang disebabkan oleh makanan dan minuman biasanya bersifat sementara seperti cara menghilangkan bau jigong. Ini dapat dihindari dengan tidak makan atau minum jenis makanan dan minuman ini terlalu sering. Kebersihan gigi yang baik juga akan membantu.

  • Merokok

Merokok adalah penyebab lain bau mulut. Serta membuat napas Anda bau, merokok noda gigi Anda, mengiritasi gusi Anda, dan mengurangi indera perasa. Ini juga dapat secara signifikan mempengaruhi perkembangan penyakit gusi, penyebab utama lainnya dari bau mulut. Berhenti merokok akan menurunkan risiko penyakit gusi dan membantu mencegah bau mulut seperti cara merawat gigi behel agar tidak bau.

  • Diet Yang Salah

Diet, puasa, dan rendah karbohidrat adalah penyebab lain bau mulut yang buruk. Mereka menyebabkan tubuh memecah lemak, yang menghasilkan zat kimia yang disebut keton yang dapat tercium pada napas Anda seperti cara menghilangkan bau mulut karna gigi keropos.

  • Obat

Beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan bau mulut. Ini termasuk:

  • nitrat : ini kadang-kadang digunakan untuk mengobati angina , nyeri dada yang disebabkan oleh pembatasan suplai darah ke jantung
  • beberapa obat kemoterapi
  • penenang (phenothiazines)

Jika obat yang Anda minum menyebabkan bau mulut, dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan alternatif.

  • Kondisi medis

Dalam kasus yang jarang terjadi, bau mulut dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Dalam mulut kering (xerostomia), aliran dan komposisi saliva dapat terpengaruh. Kurangnya air liur dapat menyebabkan lebih banyak bakteri dari biasanya untuk membangun di mulut Anda, serta perubahan jenis bakteri. Penumpukan ini di mulut dapat menyebabkan bau mulut seperti cara menghilangkan bau mulut karna gigi tambalan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Albotil

Ini adalah obat yang bisa menjadi salah satu obat bersifat koagulasi atau menghentikan pendarahan dan antiseptik. Dimana obat ini seringkali digunakan untuk mengatasi sariawan, bau mulut dna masalah gigi lainnya. Penggunaan nya mudah, yaitu :

  • Encerkan 10 tetes albotil ke dalam segelas air
  • Kumur-kumur hingga 30 detik
  • Buang dan bilas dengan air bersih
  • Ulangi sehari sekali

Nah demikianlah petunjuk cara menghilangkan bau mulut dengan albotil, selamat mencoba!