Sponsors Link

8 Penyebab Bintik – Bintik Hitam Pada Gigi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Berbicara tentang masalah gigi, memang semua orang ingin memiliki gigi yang putih, bersih dan kuat. Namu,n karena gaya hidup juga faktor makanan membuat kekuatan, juga kebersihkan gigi menjadi terganggu, akibatnya gigi menjadi mudah rapuh, berlubang dan tak jarang muncul plat gigi, atau noda hitam pada gigi. Hal ini, jika tidak segera diatasi, tentunya dapat menyebabkan masalah pada gigi, seperti sakit gigi, hingga gusi bengkak.

ads

Ada dua tipe utama noda hitam di gigi yaitu bersifat ekstrinsik dan intrinsik. Pewarnaan intrinsik biasanya berasal dari lapisan dalam gigi, baik dari pulpa atau dentin. Penyebab umum pewarnaan jenis ini adalah trauma gigi, fluorosis, atau jenis antibiotik tertentu.

Sedangkan pewarnaan ekstrinsik hanya perubahan warna pada permukaan gigi, di enamel atau bagian luar dari badan gigi. Biasanya, noda hitam ekstrinsik disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti tidak menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan baik merokok juga dapat meninggalkan noda hitam pada gigi anda.

Tahukah anda bahwa sebenarnya penyebab munculnya noda hitam pada gigi bukanlah hal yang istimewa melainkan berasal dari kebiasaan yang anda lakukan setiap harinya. Sedangkan mengenai cara mengatasi noda hitam pada gigi dengan cepat juga bukanlah hal sulit dan bahkan terbilang sangat mudah untuk dilakukan sendiri.

Namun sebelum anda mengetahui tentang bagaimana cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat sebaiknya anda juga wajib mengetahui tentang apa sajakah yang umumnya bisa memicu timbulnya noda hitam pada gigi ini.

Artikel kali ini akan membahas tentang penyebab bintik hitam pada gigi, berikut ini adalah beberapa penyebab diantaranya :

1. Makanan Manis

Apakah anda salah satu penggemar makanan manis? Jika iya, sebaiknya anda mulai berhati-hati dan mulai membatasi mengkonsumsi makanan tersebut. Karena ternyata makanan manis menjadi salah satu pemicu munculnya noda hitam pada gigi. Memang siapapun pasti tidak akan tahan melihat berbagai sajian makanan manis seperti desert berupa cake, puding, es krim, coklat dan yang lainnya.

Namun jika anda tidak ingin direpotkan harus melakukan cara membersihkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat, maka sebaiknya anda mulai mengurangi konsumsi makanan manis. Atau sebisa mungkin usahakan untuk berkumur atau menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis tersebut agar tidak meninggalkan noda hitam pada gigi anda.

2. Kopi atau kafein 

Kopi merupakan minuman sejuta umat yang banyak digilai karena merupakan teman paling pas ketika bersantai dengan sahabat, pasangan maupun keluarga tercinta. Terlebih saat ini, varian kopi sudah sangat beragam sehingga semakin memanjakan para pecinta kopi.

Sponsors Link

Sudah bukan rahasia lagi jika kopi atau kafein dapat menyebabkan gigi kuning atau muncul noda hitam pada gigi. Selain itu kafein juga dapat merusak gigi. Kopi atau kafein memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya masalah gigi kuning atau noda hitam pada gigi.

3. Minuman bersoda 

Minuman bersoda merupakan minuman yang sangat nikmat sekali ketika diminum saat cuaca panas dan dalam keadaan dingin. Namun minuman bersoda dapat menyebabkan kecanduan hingga obesitas. Selain itu kandungan gula juga pemanis buatan pada minuman bersoda juga dapat merusak gigi. Kebiasaan minum minuman bersoda akan menyebabkan gigi keropos, berlubang dan muncul noda hitam.

Untuk itu baiknya kita hindari minuman bersoda agar gigi kita tetap sehat dan kuat serta bersih.  Selain itu soda merupakan minuman yang cocok diminum ketika cuaca sedang panas. Sensasi segarnya akan membuat anda lebih rileks. Sedangkan alkohol meskipun sangat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, namun masih saja terdapat beberapa orang yang hobi mengkonsumsinya.

ads

4. Kebersihan gigi yang kurang terjaga

Selain faktor makanan dan minuman yang sudah dijelaskan diatas, penyebab lain mengapa noda hitam bisa menghiasi gigi anda adalah karena kesalahan anda sendiri yang kurang menjaga kebersihan mulut terutama gigi. Tumpukan noda baik dari makanan maupun minuman yang anda konsumsi dan bahkan seperti kebiasaan anda merokok lama-kelamaan bisa berubah menjadi plak atau karang gigi yang membuat gigi anda berwarna kuning, kecoklatan maupun berwarna hitam.

Jika dibiarkan terus berlanjut maka bisa memicu timbulnya karies gigi, noda hitam pada gigi maupun gigi berlubang. Sehingga jika anda malas harus melakukan cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat maka sebaiknya anda selalu menerapkan pola menyikat gigi secara teratur pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, berkumurlah setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

5. Penggunaan obat kumur chlorohexadine

Chlorohexadine adalah obat kumur yang biasa diresepkan untuk mengobati dan melawan penyakit gusi. Sifat antimikroba yang dimilikinya amat sangat baik untuk mencegah bakteri di gigi. Tetapi sayangnya obat gusi ini memiliki efek samping yaitu membuat gigi menjadi hitam. Jadi anda tidak dianjurkan untuk terlalu sering menggunakan obat kumur tersebut terutama dalam jumlah yang banyak.

6. Penggunaan suplemen zat besi 

Suplemen zat besi selain baik untuk meningkatkan asupan zat besi ternyata juga memiliki efek samping yang menyebabkan noda hitam pada gigi. Suplemen ini biasanya diresepkan dalam bentuk cair yang biasa dikonsumsi oleh balita atau anak-anak. Noda hitam pada gigi ini sebenarnya mudah dihilangkan oleh dokter gigi tetapi biasanya bisa muncul kembali dengan cepat jika seseorang mengkonsumsi nya terus menerus.

7. Kebiasaan merokok

Penyebab berikutnya yaitu dikarenakan kebiasaan merokok. Merokok tidak hanya menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, serangan jantung hingga stroke, namun kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti gigi menjadi kuning atau muncul noda hitam pada gigi, tentu hal ini bisa kita lihat pada mereka yang suka merokok. Meroko juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk itu lebih baik kita hindari rokok.

8. Alkohol

Sama halnya dengan minuma bersoda, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Hal ini pula yang menyebabkan alkohol diharamkan dalam agar islam. Selain menyebabkan masalah kesehatan, alkohol juga dapat merusak gigi, alkohol menyebabkan gigi menjadi rapuh, berlubang dan muncul noda hitam.

Sponsors Link

Itulah 8 hal yang menyebabkan bintik atau noda hitam pada gigi, untuk menghindari agar tidak terjadi noda hitam pada gigi alangkah baiknya kita mengurangi makanan atau minuman maupun kebiasaan-kebiasaan buruk yang sudah dijelaskan diatas.

Sekian artikel yang saya bagikan  kali ini, semoga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi