Sponsors Link

9 Penyebab Gigi Abrasi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masalah gigi memang tidak akan ada habisnya, ada saja penyebab kerusakan gigi. Baik usia anak – anak sampai usia lanjut usia, penyebabnya juga beragam dari asupan makanan, minuman, serta riwayat sakit gigi yang tidak bisa dianggap sepele begitu saja. Berikut penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat pengobatan dan pencegahannya.

ads

Mungkin bagi sebagian orang dengan meminum obat anti nyeri sudah cukup mengobati keluhan sakit gigi. Namun, jika tidak dilakukan dengan pengobatan dan pencegahan yang tepat dan baik, jsutru akan semakin memperparah kondisi masalah gigi. Jangan sampai nanti menimbulkan penyakit yang disebut dengan abrasi gigi. Salah satu penyebab gigi susu rusak parah serta cara mencegahnya.

Abarasi gigi merupakan masalah gigi dimana lapisan terluar yaitu email gigi terkikis dan rusak, hal ini karena sebab-sebab tertentu dan terjadinya pada leher gigi.Untuk mengetahui sejauh mana dampak dan bahasa penyebab abrasi gigi, berikut ini penjelasannya untuk Anda :

1. Menyikat Gigi yag Tidak Benar

Terkadang terdengar sangat sepele menggosok gigi dengan salah dapat berakibat pada terjadinya abrasi pada gigi. Menggosok gigi dengan terlalu menekan keras dan gerakan yang salah serta dengan menggunakan sikat gigi berbulu kasar dapat menyebabkan jaringan gigi menjadi rusak dan mengikis lapisan email gigi. Sehingga gigi menjadi mudah rusak dan lama – lama akan menjadi abrasi. Penyebab masalah Gigi Susu Rusak Parah cara mengatasi dan efek samping.

2. Akibat Salah Dalam Memililih Pasta Gigi

Saat ini ragam pilihan pasta gigi yang dapat digunakan setiap harinya. Namun jangan jadikan pasta gigi sensitif sebagai pasta gigi Anda yang mengalami gigi tidak sensitif atau gigi normal. Sehingga hal ini dapat berakibat pada rusaknya email dan dentin gigi. Jika sudah terlalu sering merasakan rasa sakit akibat masalah gigi seperti abrasi gigi,  maka pilihlah pasta gigi yang mengandung zat yang dapat mengurangi gigi yang sensitif karena abrasi. Tandan dan ciri gigi sensitif dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan.

3. Kebiasaan Makan Makanan Dengan Tekstur Keras

Apakah Anda sering mengkonsumsi makanan keras? seperti keseringan makanan daging, buah buahan keras atau kebiasaan menggigit kuku, pulpen, sampai kebiasaan iseng membuka botol minuman dengan gigi ?. Ternyata jika hal ini dilakukan secara terus menerus pada akhirnya tindakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi.

Gesekan yang dialami gigi akan membuat lapisan gigi mudah menjadi terkikis dan lekas haus. Alangkah bailnya menghilangkan kebiasaan menggigit benda keras dan makanan keras agar kesehatan gigi Anda menjadi sehat dan tidak terganggu. Berikut bahaya gigi impaksi yang wajib diketahui beserta cara mengatasinya.

4. Sering Menggunakan Tusuk Gigi

Kebiasaan menusuk gigi dengan tusuk gigi juga menjadi hal yang buruk bagi kesehatan gigi Anda.  Kebanyakan orang melakukan kebiasaan menggunakan tusuk gigi dan akhirnya kebiasaan tersebut justru akan membuat gigi Anda mudah rusak. Tusuk gigi yang berujung runcing dan tajam dapat melukai gusi Anda.

Sponsors Link

Apalagi tusuk gigi yang digunakan tidak steril dan mengandung bakteri jahat yang dapat menimbulkan infeksi pada mulut da gusi Anda. Coba gantilah tusuk gigi dengan benang gigi atau cukup dengn berkumur – kumur.  Saat ini benang gigi menjadi salah satu alat untuk membersihkan sela gigi setelah makan karena dianggap lebih sehat dan juga aman bagi kesehatan gigi Anda. Berikut ini pantangan gigi sensitif dan cara mengatasinya.

ads

5. Penggunaan Kawat Gigi

Anda yang saat ini sedang menggunakan kawat gigi untuk proses ksehatan gigi atau kecantikan, alangkan baiknya sering berkonsultasi pada dokter gigi. Hal ini agar tidak terjadi abrasi gigi yang menimbulkan pada kerusakan gigi permanen. Karena kawat gigi cukup berpengaruh terhadap pemicu abrasi gigi, daya cengkeraman kawat yang terlalu kuat pada gigi dapat menimbulkan kerusakan pada struktur gigi dan jaringan lunak gigi Anda. Jika tidak dilakukan pengecekan berkala maka gejala dan tanda abrasi gigi tidak dapat diketahui secara dini. Penyebab dan masalah gigi hipersensitif cara mengobati dan pencegahannya.

6. Penggunaan Gigi Palsu Yang Salah

Proses penggunaan gigi tiruan atau gigi palsu dapat menambah pemicu abrasi pada gigi. Sama seperti proses kawat gigi, penggunaan gigi palsu akan membuat gesekan-gesekan pada gigi,  dan apabila pemasangannya tidak tepat maka hal ini yang kemudian akan menjadikan gigi menjadi lekas abrasi. Oleh sebab itu ada baiknya sebelum melakukan hal tersebut berkonsultasi ke dokter gigi langsung itu menjadi lebih baik agar terhindar masalah gigi berlarut. Berikut beberapa cara mengatasi syaraf gigi yang sakit karena gigi berlubang dan sensitif.

7. Seringnya Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Dingin Bercampur Panas

Dentin dan email gigi juga memiliki ketahanan terhadap berbagai sentuhan baik panas dan juga dingin. Apabila Anda terlalu sering membiasakan mengkonsumsi makanan dan minuman panas kemudian dingin secara bersamaan, hal ini lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya gejala abrasi gigi. Yang akhirnya menjadikan gigi Anda menjadi terkikis, tipis dan ngilu. Masalah dan penyebab gigi sensitif dan pengobatannya.

8. Kebiasaan Menghisap Gigi

Salah satu penyebab abrasi gigi yaitu sering melakukan hisap gigi atau memainkan gigi dengan lidah Anda. Hal ini sering dilakukan pada anak – anak dan remaja karena iseng, jika dibiarkan begitu saja dan dalam waktu yang lama. Maka hal ini akan menjadi pemicu gigi mudah terkikis dan menjadi abrasi. Jadi kurangi kebiasaan tersebut walau kelihatannya sepele. Berikut penyebab gigi ngilu pada anak dan cara mengatasinya.

9. Kebiasaan Mengkonsumsi Kandungan Zat Asam

Bagi Anda yang menyukai makanan dan minuman dengan rasa asam setidaknya perlu memaswapai hal ini. Karena zat asam jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan berdampak pada konsisi gigi, gigi akan menjadi mudah rusak dan terjadinya abrasi gigi. Seperti seringnya memakan cuka empek – empek yang sangat enak dan asam tentu lama kelamaan gigi Anda akan rusak dan menjadi kerusakan yang permanen. Contoh makanan yang dapat merusak gigi dan minumannya.

Demikian penjelasan mengenai penyebab gigi abrasi, semoga menjadi perhatian Anda untuk tetap menjaga kesehatan gigi tetap kuat, sehat dan bersih. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini