Sponsors Link

12 Penyebab Gigi Anak Tidak Tumbuh setelah Gigi Susu Tanggal

Sponsors Link

Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Tetap adalah pada waktu pertumbuhannya. Anak memang akan mengalami pertumbuhan gigi susu di waktu bayi, lalu gigi susu akan tanggal, dan digantikan dengan gigi tetap. Gigi tetap anak ini kebanyakan akan tumbuh di usia kurang lebih 6 tahun. Pertumbuhan gigi tetap pada anak biasa terjadi dalam jangka waktu enam bulan setelah gigi susunya lepas. Akan tetapi, mungkin ada beberapa anak yang gigi tetapnya tidak kunjung tumbuh setelah gigi susunya tanggal. Bahkan lebih dari 6 bulan. Sehingga anak mengalami ompong berkepanjangan. Apa saja yang menjadi penyebab gigi anak tidak tumbuh setelah gigi susunya tanggal? Berikut beberapa penjelasannya.

ads
  1. Gigi tanggal sebelum waktunya

Salah satu penyebab gigi anak tidak tumbuh setelah gigi susunya tanggal adalah karena gigi susu yang tanggal sebelum waktu normalnya. Sehingga seolah-olah gigi tetap anak tidak kunjung tumbuh. Padahal yang terjadi adalah hal yang normal. Tanggalnya gigi susu sebelum waktu normalnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah Karies Gigi Pada Anak Usia Balita dan Perawatannya juga perlu diketahui. Karies inilah yang menyebabkan akar gigi menjadi lebih pendek. Akar gigi yang lebih pendek akan menyebabkan cepat goyang dan tanggal sebelum waktunya.

  1. Jaringan gusi yang menutup

Penyebab gigi anak tidak tumbuh lainnya adalah jika ada jaringan gusi yang menutup, sehingga menyebabkan pertumbuhan gigi tetap menjadi sangat lama atau lebih lama dari waktu normalnya. Biasanya masalah ini dapat diatasi dengan memberikan sayatan kepada gusi agar merangsang pertumbuhan gigi tetap anak.

  1. Malokusi

Gigi anak yang tidak kunjung tumbuh setelah gigi susu tanggal juga bisa disebabkan oleh adanya malokusi gigi. Malokusi gigi adalah kondisi dimana gigi tidak rata atau tidak teratur. Gigi yang tidak teratur ini dapat menyebabkan ruang pertumbuhan gigi tetap setelahnya menjadi bermasalah. Misalnya gigi yang akan tumbuh menjadi tidak memiliki ruang untuk tumbuh, sehingga tertahan di dalam. Untuk mengatasi permasalahan ini, yang bisa dilakukan adalah terapi ortodonti seperti penggunaan Manfaat Gigi Behel.

  1. Adanya jaringan parut

Penyebab lain mengapa gigi anak tidak kunjung tumbuh adalah jika terdapat jaringan parut. Jaringan parut itu sendiri bisa terbentuk jika anak pernah mengalami trauma atau pernah mengalami operasi di area mulut, terutama gusi. Sehingga jaringan parut ini akan menghalangi pertumbuhan gigi tetap yang akan tumbuh.

  1. Jumlah gigi tidak normal

Jumlah gigi anak yang tidak normal juga bisa menjadi penyebab dari gigi tetap anak yang tidak kunjung tumbuh. Jika gigi anak jumlahnya lebih dari jumlah normal, maka ruangan gusi atau rahang tidak akan cukup untuk pertumbuhan gigi baru tersebut. Hal ini menyebabkan gigi baru sulit untuk tumbuh.

  1. Tumor

Salah satu penyebab gigi anak tidak tumbuh yang perlu diwaspadai adalah jika terdapat tumor di dalam rongga mulut anak. Tumor adalah jaringan abnormal yang tumbuh. Keberadaan tumor, baik Tumor Jinak Pada Gusi ataupun yang ganas (Kanker Gigi pada Anak) dapat menjadi pengaruh bagi pertumbuhan gigi anak.

Sponsors Link

  1. Defisiensi lengkung rahang

Lengkung rahang atau bentuk tulang rahang juga turut mempengaruhi pertumbuhan gigi dan juga struktur gigi anak. Jika lengkungan rahang tidak normal, maka bisa jadi ini menjadi alasan bagi tumbuhnya gigi yang terlambat atau terhambat.

  1. Radiasi

Faktor lain yang dapat mempengaruhi keterlambatan tumbuhnya gigi tetap adalah radiasi. Radiasi akan mempengaruhi kesehatan sel dan jaringan sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu yang bisa terjadi adalah gigi yang terlambat tumbuh pada anak.

Sponsors Link

  1. Faktor nutrisi

Nutrisi dari makanan memang berbeda-beda. Dan setiap anak tentu saja akan mendapatkan nutrisi yang berbeda dari anak lainnya. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak ini pun dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi anak. Misalnya anak yang suka mengonsumsi kalsium mungkin akan memiliki pertumbuhan gigi yang lebih cepat dari anak yang tidak suka mengonsumsi kalsium. Sehingga tentu saja anak akan mengalami pertumbuhan gigi tetap yang tidak sama dengan anak sebaya. Namun jika pertumbuhan gigi anak tidak terjadi setelah 1 tahun gigi susu tanggal, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya.

  1. Kekurangan vitamin D

Pada dasarnya, kesehatan gigi dan tulang dipengaruhi oleh keberadaan vitamin D. Jika anak kurang mendapat asupan vitamin D, maka pertumbuhan giginya yang mengalami keterlambatan bisa saja terjadi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi bagi gigi, sehingga pembentukan atau pertumbuhan gigi akan menjadi terlambat.

  1. Faktor genetik

Tidak hanya disebabkan oleh kondisi di atas, penyebab gigi anak tidak tumbuh lainnya bisa juga disebabkan oleh faktor genetika. Beberapa kondisi yang menyebabkan permasalahan ini di antaranya down’s syndrome atau apert syndrome.

  1. Menjalani kemoeterapi jangka panjang

Memang ada beberapa anak yang tidak beruntung dan mengalami kanker di usia dini. Anak yang terserang kanker juga harus melakukan perawatan seperti kemoterapi. Kemoterapi itu sendiri memiliki berbagai efek samping, karena kemoterapi tidak hanya dapat menyerang sel kanker saja, melainkan juga dapat menyerang sel atau jaringan yang sehat. Sehingga kondisi ini dapat menjadi faktor yang menyebabkan gigi tetap anak tidak kunjung tumbuh.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab gigi anak tidak tumbuh yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi