Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Anak Tumbuh Miring dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pertumbuhan gigi anak memang menjadi satu pertanda bahwa anak sudah mulai berkembang dengan baik. Pertumbuhan gigi anak pertama kali biasa terjadi di usia kurang lebih 5 hingga 7 bulan dan biasanya disertai dengan Tanda Tanda Bayi Tumbuh Gigi. Namun ada juga beberapa anak yang mengalami pertumbuhan gigi lebih cepat atau lebih lambat daripada itu. Selama semuanya normal, maka tidak ada yang perlu dicemaskan. Akan tetapi, mungkin ada beberapa anak yang mengalami pertumbuhan gigi yang tidak rapi atau miring. Berikut beberapa penyebab gigi anak tumbuh miring yang perlu diketahui.

ads
  1. Kebiasaan anak mengisap ibu jari

Bayi memang sering kali memiliki kebiasaan-kebiasaan yang wajar. Namun ternyata di balik kebiasaan bayi, ada pengaruhnya. Salah satunya adalah kebiasaan bayi atau anak mengisap ibu jari. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi anak. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka bisa jadi pertumbuhan gigi anak menjadi tidak rata, miring, atau bahkan tonggos. Maka dari itu, orang tua harus mencegah kebiasaan buruk bayinya yang suka mengisap ibu jari.

  1. Pertumbuhan gigi yang terhambat

Penyebab gigi anak tumbuh miring berikutnya adalah pertumbuhan gigi yang terhambat. Jika ada salah satu gigi yang pertumbuhannya terhambat dari gigi yang lainnya, maka gigi tersebut bisa jadi sudah tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh sebagaimana mestinya. Sehingga gigi yang baru tumbuh bisa menjadi gigi yang miring karena tidak ada lagi ruang bagi gigi untuk bisa tumbuh secara normal.

  1. Tertekan oleh gigi di sebelahnya

Pertumbuhan gigi yang tidak rapi juga dipengaruhi oleh pertumbuhan gigi di sebelahnya. Gigi yang tumbuh, kemudian tertekan oleh gigi di sebelahnya juga dapat menjadi penyebab gigi anak tumbuh miring. Jika hal ini terjadi, gigi anak bisa jadi berjejal dan tidak rapi.

  1. Kebiasaan minum susu dari dot

Di era modern, ada semakin banyak orang tua yang tidak memiliki waktu untuk mengurus anak, sehingga anak harus minum susu dari botol dot. Padahal hal ini ternyata kurang baik bagi struktur gigi anak. Kebiasaan mengisap dot mirip dengan kebiasaan mengisap ibu jari. Bahkan kebiasaan minum susu dari dot ini dapat meningkatkan risiko Ciri Gigi Bayi Tonggos. Maka dari itu, ada baiknya orang tua memberikan ASI eksklusif langsung dari ibu. Walau saat ini sudah banyak teknologi pemberian ASI dari botol dot, sebaiknya hindari cara tersebut agar struktur gigi anak menjadi lebih rapi dan tidak terganggu.

  1. Pengaruh ukuran rahang

Penyebab gigi anak menjadi tumbuh miring adalah karena pengaruh ukuran rahang. Ukuran rahang manusia memang berbeda-beda. Ada yang lebih sempit dan ada yang lebih luas. Bagi anak yang mengalami pertumbuhan gigi yang miring, maka bisa jadi hal itu dikarenakan ukuran rahangnya yang terlalu sempit, sehingga tidak ada ruang bagi gigi untuk tumbuh. Maka dari itu gigi tumbuh berjejal atau miring.

Sponsors Link

  1. Gigi susu tidak kunjung tanggal

Penyebab gigi anak tumbuh miring berikutnya adalah gigi susu yang tidak kunjung tanggal. Seperti yang diketahui bersama, ketika anak menginjak usia sekitar 6 tahun, gigi susu akan tanggal dan gigi permanen akan tumbuh menggantikan gigi susu. Pada kasus yang normal, gigi susu akan tanggal terlebih dahulu baru kemudian gigi permanen akan tumbuh di tempat tanggalnya gigi susu.

Namun ada beberapa kasus dimana gigi susu anak tidak kunjung tanggal sesuai waktunya. Sehingga ketika gigi permanen akan tumbuh, gigi akan tumbuh tidak di tempat normalnya karena masih adanya gigi susu yang tertinggal di sana. Hal ini menyebabkan gigi permanen akan tumbuh tidak normal posisinya, dan bisa jadi miring atau lebih mundur dari posisi semulanya.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Beberapa faktor penyebab di atas bisa saja terjadi kepada anak Anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pada dasarnya jika pertumbuhan gigi yang miring adalah gigi susu pada bayi, dan tidak menunjukkan adanya Gigi Susu Rusak Parah, maka tidak ada yang perlu dicemaskan karena pada dasarnya gigi susu nantinya juga akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen. Hanya saja, orang tua harus memperhatikan kondisi gigi anak. Ketahuilah Cara Merawat Gigi Bayi yang benar. Jika anak sudah memasuki usia tanggal gigi susu, dan gigi susu anak sudah menunjukkan tanda-tanda akan lepas atau tanggal, maka sebaiknya gigi tersebut memang harus segera dicabut. Tujuannya adalah agar gigi permanen yang akan tumbuh bisa tumbuh secara normal dan tidak miring karena terhalang oleh gigi susu yang belum tanggal.

Sementara itu, jika gigi anak yang tumbuh secara miring adalah gigi pernamennya, maka perawatan ortodonti memang lebih direkomendasikan untuk membantu merapikan gigi anak agar tidak berjejal dan miring. Salah satunya dengan menggunakan Manfaat Gigi Behel yang dapat membantu menormalkan posisi gigi anak.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab gigi anak tumbuh miring. Tanamkan kebiasaan baik pada bayi dan anak-anak mengenai kesehatan gigi mereka. Hindari kebiasaan minum dari botol dot atau kebiasaan anak mengisap ibu jari, agar pertumbuhan gigi anak tidak terpengaruh. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi