Sponsors Link

7 Penyebab Gigi Bau – Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Penyebab gigi bau adalah informasi terkait apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan bau dari mulutnya. Mulut merupakan bagian dari tubuh yang di dalamnya juga terdapat gigi, lidah, dan gusi. Berbagai organ itu penting untuk dijaga kesehatannya karena sangat mendukung sistem pencernaan anda. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi bau tidak sedap. Informasi mengenai apa saja penyebab gigi bau ini akan disampaikan pada pembahasan dalam artikel ini.

ads

Gigi bau adalah kondisi di mana ada bau yang tidak sedap dan tidak enak dihirup akibat dari gigi yang tidak sehat. Berbagai kondisi dan kebiasaan sehari-hari anda dapat menjadi penyebab gigi ini menjadi bau. Tentu anda sudah penasaran kira-kira apa saja yang termasuk dalam penyebab gigi anda menjadi bau bukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

7 Penyebab Gigi Bau Tidak Sedap

Penjelasan sebelumnya telah menyebutkan bahwa ada kebiasaan dan kondisi kesehatan yang menggangggu kesehatan mulut lalu menyebabkan mulut bau. Hal penyebab ini juga mencakup akibat dari gigi yang terganggu kesehatannya dan mengeluarkan bau tidak menyenangkan. Setidaknya ada 7 jenis penyebab yang memicu gigi menjadi bau pada seseorang. Berikut ini penjelasan mengenai ketujuh penyebab tersebut.

  1. Gigi Bau karena Jarang Dibersihkan dan Dirawat

Penyebab pertama gigi menjadi bau pada seseorang adalah kebiasaan buruk tidak membersihkan dan merawat gigi. Hal ini khususnya sering terjadi pada anda yang malas menggosok gigi. Lakukan gosok gigi minimal 2 kali sehari untuk mencegah pembusukan makanan di gigi anda.

  1. Gigi Bau karena Berlubang dan Membusuk

Selanjutnya, seseorang juga dapat mengalami gigi bau karena adanya gigi yang bolong dan membusuk. Tentu hal ini sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering makan makanan manis tanpa menggosok gigi seperti anak-anak. Gigi akan memiliki lubang yang jika tidak segera ditutup akan membusuk dan mengeluarkan bau. Cara mengobati gigi berlubang sangat dibutuhkan untuk mencegah penyebab yang satu ini.

  1. Gigi Bau karena Kotor Akibat Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Ada satu lagi penyebab seseorang dapat mencium bau dari mulutnya, hal itu adalah kebiasaan makan makanan yang tidak sehat. Makanan ada banyak jenisnya dan kandungannya. Makanan-makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan anda dan membuat gigi anda menjadi berbau tidak sedap.

  1. Gigi Bau karena Gusi Berdarah

Gigi yang bau pun masih berkaitan dengan kondisi kesehatan dari gusi anda. Gusi yang berdarah akan menyebabkan darah menyebar hingga ke gigi dan menempel juga bersatu dengan liur. Hal ini diketahui akan menimbulkan bau pencampuran yang tidak sedap dan mengganggu. Jadi segera hindari penyebab gusi berdarah terus menerus.

  1. Gigi Bau karena Konsumsi Alkohol

Kandungan dalam alkohol yang anda sering konsumsi pun dapat menjadi penyebab gigi bau tidak sedap saat ini. Gigi yang berbau dapat disebabkan oleh alkohol yang melekat di gigi dan mengubah tingkat keasaman (pH) mulut normal. Akhirnya anda akan mengalami mulut terasa asam dan mencium bau asam dari mulut anda.

Sponsors Link

  1. Gigi Bau karena Pengaruh Racun Rokok

Racun dalam rokok pun juga diketahui dapat menyebabkan gigi seseorang menjadi bau. Rokok akan menyebabkan ada asap dan juga kandungan racunnya masuk ke dalam mulut. Mungkin juga kandungan tersebut akan menempel di gigi dan membuatnya menjadi tempat favorit pembuat bakteri gigi bau berkembang pesat.

  1. Gigi Bau karena Infeksi di Mulut

Infeksi dalam mulut dapat terjadi dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah luka di mulut. Jika terjadi infeksi, maka tanpa disadari gigi pun akan terpengaruh dan kemudian mengeluarkan bau yang tidak sedap dan asam harumnya. Jadi segeralah selesaikan infeksi di mulut anda.

ads

Setelah mengetahui apa saja penyebab gigi menjadi bau di atas, selanjutnya tentu anda ingin mengetahui bagaimana anda dapat mengobatinya. Berikut ini beberapa cara pengobatan gigi yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Cara Pengobatan Gigi Bau Tidak Sedap

Mengembalikan gigi bersih dan tidak berbau memang memerlukan upaya ekstra. Beberapa upaya tersebut kemudian dikenal dengan nama cara pengobatan gigi bau. Apa saja cara pengobatan yang dapat dilakukan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

  • Menggosok Gigi dengan Rutin

Gigi dapat terhindar dari bau jika anda selalu menggosok gigi tanpa terkecuali. Selalu bersihkan bagian gigi anda bahkan hingga ke bagian lidah dan rasakan manfaatnya.

  • Menambal Gigi Berlubang

Tips menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang agar tidak menimbulkan bau lagi harus segera anda tambal. Jika memang tidak memungkinkan ditambal, maka cabutlah gigi tersebut sebelum membusuk.

  • Menggunakan Obat Kumur

Anda dapat membantu menjaga gigi tetap wangi dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur akan mengangkat sisa kotoran di gigi dan mengembalikan kebersihannya.

  • Mengonsumsi Buah

Buah mengandung banyak sekali vitamin dan serat yang baik untuk menjaga gigi kuat dan sehat, juga tidak mudah membusuk lagi dan menyebabkan bau.

Bagi anda yang sudah mengetahui penyebab dan pengobatan gigi bau di atas, penting juga untuk anda mengetahui apa saja cara pencegahannya. Perlu anda ketahui sebisa mungkin hindarkan diri anda dari gigi yang bau. Jadi simak cara yang mungkin anda lakukan berikut ini.

Cara Mencegah Gigi Bau Tidak Sedap

Langkah pencegahan dilakukan untuk anda yang sama sekali tidak ingin gigi anda menjadi bau. Anda perlu melakukan cara mencegah bau mulut dan gigi dengan rutin dan gigi anda akan terjaga sehat dan terhindar dari bau. Berbagai cara pencegahan tersebut dapat dijelaskan melalui daftar yang ada di bawah ini.

  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi yang dapat menjaga gigi lebih sehat dan kuat.
  • Menghindari konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.
  • Mengonsumsi banyak air putih untuk selalu menjaga gigi bersih dari kotoran.

Itulah tadi informasi mengenai apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyebab gigi bau dan melakukan cara pengobatan dan pencegahannya. Semoga gigi anda dapat tetap terjaga sehat dan tidak bau lagi seperti sebelumnya. Selamat mencobanya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini