Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Berantakan – Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Penyebab gigi berantakan merupakan informasi menarik untuk diketahui terkait latar belakang seseorang memiliki gigi yang berantakan. Gigi berantakan merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan kondisi gigi yang tumbuh tidak rapi dan mengganggu penampilan pemiliknya. Gigi secara normal ada 32 jumlahnya untuk orang dewasa. Jumlah gigi atas sebanyak 16 dan bawah juga 16. Gigi dalam jumlah banyak ini harus berada dan tumbuh dengan normal agar tidak berantakan.

ads

Sebenarnya gigi berantakan sudah banyak dialami oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa semuanya harus menghindari penyebab gigi berantakan ini. Sayangnya, seringkali menganggap gigi berantakan ini tidak berbahaya dan tidak mencoba mengetahui apa penyebabnya untuk menghindarinya. Itulah sebabnya mengapa kali ini akan coba diinformasikan apa saja yang dapat mnjadi penyebab seseorang memiliki gigi yang berantakan.

5 Penyebab Gigi Berantakan dan Mengganggu

Tentu gigi berantakan pada setiap orang dapat berbeda-beda pemicu atau penyebabnya. Secara umum penyebab tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu penyebab dari dalam dan penyebab dari luar. Terkait dengan penyebab dari dalam gigi berantakan dapat terjadi karena pengaruh genetik yang membedakan jumlah dan ukuran gigi. Lalu bagaimana dengan penyebab dari luar? Penyebab dari luar biasanya adalah kebiasaan buruk dari kecil yang kemudian membuat gigi bertumbuh tidak sempurna dan berantakan. Berikut ini penjelasan mengenai kelima penyebab tersebut.

  1. Kebiasaan Mengunyah dengan Gusi

Pertama gigi dapat berantakan dipengaruhi oleh kebiasaan sejak kecil orang tersebut saat mengunyah. Saat gigi belum tumbuh sepenuhnya, bayi dan anak anak seringkali mengunyah dengan gusinya. Akibatnya lidah akan sering terjulur ke arah gusi. Lidah akan mendorong gusi lebih maju dan maju hingga akhirnya gusi tempat gigi bertumbuh posisinya terlalu maju. Gigi bagian atas anda pun akan tumbuh di gusi yang maju tersebut. Akhirnya gigi anda akan tumbuh dengan tidak beraturan dan memerlukan cara merapikan gigi dengan lidah.

  1. Kebiasaan Mengisap Jempol

Selanjutnya, gigi seseorang dapat berantakan juga terjadi karena kebiasaan di masa kecil yang cukup umum dilakukan ini. Kebiasaan tersebut adalah mengisap jempol. Jempol atau ibu jari yang dimasukan ke mulut akan memberikan tekanan ke bagian rahang atas anda untuk maju. Sedangkan untuk gigi rahang bawah, posisi jempol akan menyebabkannya tertekan ke dalam. Hal ini baiknya anda hindarkan dari anak anda karena berakibat gigi maju.

  1. Kebiasaan Menggigit Kuku

Anak yang sering menggigiti kuku diketahui juga dapat menyebabkan gigi tumbuh tidak beraturan. Akhirnya anak anda akan memiliki struktur gusi yang terdorong dan pertumbuhan gigi menjadi tidak selaras. Menggigiti kuku akan membuat gigi bergerak ke kanan dan ke kiri bersentuhan dan terdorong tanpa aturan. Akhirnya, gigi akan tumbuh dengan tidak normal dan membuat anda memiliki gigi yang berantakan bahkan bisa membahayakan kesehatan mulut anda. Itulah mengapa menggigiti kuku termasuk dalam penyebab gigi tumbuh tidak rata pada anak.

Sponsors Link

  1. Kebiasaan Menghirup Nafas dari Mulut

Anda tidak dapat menganggap remeh kebiasaan menghirup dan menghembuskan nafas dari mulut. Disebut-sebut bahwa kebiasaan ini dapat membuat tekanan angin  yang masuk ke mulut merusak pertahanan gigi. Akibatnya, gigi akan mengalami perubahan posisi. Tidak jarang bahkan gigi dapat bertumpuk dan tidak terlihat menarik lagi. Jadi pastikan untuk tidak sering menghirup dan mengeluarkan nafas dari mulut anda. Kebiasaan ini selain merusak struktur gigi juga membahayakan kotoran masuk ke paru-paru anda.

ads

  1. Kebiasaan Mengisap Bibir

Terakhir, kebiasaan yang menjadi penyebab gigi berantakan adalah juga mengisap isap bibir. Kebiasaan mengisap bibir ini dapat membuat gigi menjorok ke dalam dan berubah jarak antar giginya. Akhirnya akan ada gigi yang berjarak dan mungkin juga menumpuk. Jadi selalu pastikan untuk tidak membiarkan gigi anda rusak karena kebiasaan yang tidak baik tersebut mulai dari sekarang, bahkan mulai dari anak-anak anda di rumah.

Penyebabnya telah anda ketahui sebelumnya, selanjutnya tentu anda perlu mengetahui bagaimana anda dapat mengobatinya. Pengobatan gigi berantakan ini dapat dilakukan dalam beberapa cara seprti di bawah ini. Semoga dapat membantu anda mengembalikan gigi tumbuh normal dan sehat.

Upaya Pengobatan Gigi Berantakan Sejak Dini

Gigi berantakan pada seseorang harus segera diupayakan untuk kembali normal. Sejak dahulu kala telah banyak jenis pengobatan untuk mengembalikan keteraturan gigi. Anda tentu penasaran mengenai apa saja cara tersebut bukan? Berikut ini akan dipaparkan beberapa di antaranya.

  • Melakukan Pemasangan Kawat Gigi

Kawat gigi atau behel adalah cara merapikan gigi yang tidak beraturan yang terbaik untuk mengembalikan gigi anda ke struktur yang normal dan teratur kembali.

  • Mencabut Gigi Berlebih

Anda juga dapat mencabut gigi berlebih dan menumpuk seperti gingsul. Hal ini akan membuat gigi anda dapat kembali terlihat teratur sebagai alasan gigi harus dicabut yang kurang diketahui masyarakat.

  • Mengkikis Gigi dengan Amplas Gigi

Beberapa kebiasaan daerah mengkikis gigi yang terlalu besar untuk dikembalikan ke ukuran normal dan tidak lagi berantakan.

Demikianlah tadi anda mengetahui apa yang dapat anda lakukan untuk menanggulangi kondisi gigi yang tidak beraturan. Namun, jika anda ingin mencegah gigi berantakan pada anak anda yang perlu anda lakukan adalah memastikan anak anda tidak melakukan berbagai pemicunya di atas. Secara umum pencegahan dari gigi berantakan ini dapat dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Sponsors Link

Pencegahan Gigi Berantakan pada Anak-Anak Anda

Anak anak harus dicegah dari awal melakukan kebiasaan yang membuat gigi menjadi berantakan dan juga termasuk dalam cara merapikan gigi tanpa behel. Apa saja upaya pencegahan tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, maka simaklah penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini. Selamat mencoba dan menjaga kesehatan gigi anak anda sekarang juga.

  • Menghindari Memberikan Dot
  • Mencegah Anak Mengisap Jempol
  • Memberikan Tether agar Anak Tidak mengunyah dengan Gusi
  • Memperhatikan Gerak-gerik Bayi dan Mencegah Kebiasaan Buruknya

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa saja penyebab gigi berantakan pada seseorang. Semoga anda pun meras informasi terkait pengobatan dan pencegahannya juga baik untuk anda. Mulai dari sekarang dukunglah anak anda memiliki kebiasaan baik sejak dini untuk menghindari gigi berantakan di kemudian hari.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi