Sponsors Link

Penyebab Gigi Kembali Berantakan ketika Behel Gigi Dilepas

Sponsors Link

Dear sobat pembaca semua.. semoga semoga pembaca selalu memiliki kondisi gigi dan mulut yang sehat ya, sehingga terhindar dari penyakit dan dapat beraktifitas dengan nyaman dalam keseharian. Kali ini jumpa lagi dengan penulis yang dengan senang hati membagikan wawasan bermanfaat untuk sobat pembaca mengenai kesehatan gigi dan mulut.

ads

Tentunya kesehatan gigi dan mulut adalah sesuatu yang penting ya sobat, yakni menjadi alat utama untuk memenuhi kebutuhan manusia makan dan minum. Mengenai manfaat gigi dan mulut itu sendiri, di luar dari fungsi utamanya, gigi dan mulut juga menjadi salah satu organ tubuh yang memberi bentuk keindahan tersendiri di wajah seseorang sehingga perlu untuk selalu dirawat kesehatan dan kebersihannya agar mencegah bahaya gigi ompong di masa muda.

Sebagaimana ketika kita memiliki gigi rapi tentu lebih indah untuk dilihat dan rasanya menjadi lebih percaya diri ya sobat? Tidak semua orang memiliki gigi rapi yang hal ini menjadi dasar ditemukannya perawatan behel gigi yang salah satunya untuk merapikan dan memperindah susunan gigi dan membutuhkan perawatan gigi behel permanen.

Behel gigi sendiri dipasang dalam jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan, seperti 6 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun dengan harapan setelah dilepas akan memiliki gigi yang rapi dan indah walaupun mungkin memiliki efek samping behel gigi lepas pasang. Namun sobat, bagaimana jika ketika behel gigi dilepas dalam waktu yang ditentukan ternyata gigi kembali berantakan? Padahal selama pemasangan sudah menjalankan di dokter gigi ahli. Nah sobat, untuk memahaminya lebih lanjut, kali ini penulis akan membahas secara lengkap mengenai Penyebab Gigi Kembali Berantakan ketika Behel Gigi Dilepas, yuk simak selengkapnya.

Meskipun telah menjalankan pemasangan behel gigi di dokter gigi terbaik sekalipun, gigi gigi yang telah dirawat dan dirapikan tersebut sebenarnya secara alami akan bergerak kembali ke posisi awal, dalam kedokteran gigi, hal ini disebut dengan relapse, sebab itu harus dilakukan perawatan gigi setelah behel dilepas. Nah sobat pembaca, relapse terjadi bukan karena proses yang salah atau behel gigi yang tidak bermutu, namun terjadi karena tubuh memang memiliki sistem alami dan merupakan salah satu proses biologis dari tulang, gigi, dan gusi.

Sebab itu, setelah selesai dilakukan proses pemasangan behel gigi wajib untuk dilakukan kontrol dan tetap menjalankan prosedur perawatan sesuai anjuran dokter gigi. Namun terkadang ada beberapa orang yang malas melakukannya ya sobat? Misalnya ialah melanggar hal hal dalam pantangan gigi behel.

karena wawasan yang kurang atau karena mungkin merasa sudah puas dengan kondisi giginya dan menganggap selamanya tidak akan ada perubahan atau tidak kembali seperti semula. Itulah sebabnya kenapa gigi kembali tidak rapi setelah behel dilepas, yakni karena kebiasaan buruk berikut :

1. Tidak Menjalankan Prosedur Retainer

Retainer ialah alat khusus yang dipasang setelah behel gigi dilepas selama 9 sd 12 bulan tergantung dari kondisi gigi yang bermanfaat untuk menahan gigi yang telah rapi agar tidak kembali berantakan dimana gigi dan tulang butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi yang baru. Itulah kenapa retainer ini penting, retainer sendiri ada 2 jenis ya sobat, permanen dan lepas pasang.

Sponsors Link

Tipe permanen ialah berupa kawat tipis yang dipasang di bagian belakang gigi depan bawah atau atas, yang terikat dengan lem kuat seperti saat pemasangan behel gigi pada tempatnya. Tipe ini adalah yang terbaik sebab mampu menjadikan gigi dalam formasi sempurna setiap saat.

Sedangkan tipe lepas pasang bentunya mirip permanen, namun terdapat sepasang kaitan di ujungny, tipe ini harus dilepas pasang dan diebersihkan setiap hari dan digunakan enam bulan terus menerus, hanya dilepas saat tidur. Sebab itu setelah pemasangan, pasien wajib bertanya mengenai hal ini pada dokter gigi ya sobat, sehingga tidak menyebabkan kekecewaan di kemudian hari.

ads

2. Makan Makanan yang Asal

Sobat pembaca, setelah behel gigi dilepas, kadang gigi akan terasa sensitif untuk sementara waktu dan terasa ngilu sehingga pasien wajib untuk menghindari hal hal tertentu yang dapat memperparah kondisi tersebut. Seperti tidak makan panas atau dingin selama beberapa minggu, menghindari makanan terlalu renyah atau kenyal, dsb agar gigi mampu menyesuaikan diri dengan posisi barunya dengan sempurna terlebih dahulu.

Sebab gigi kembali tidak rapi ialah pasien yang tidak memperhatikan hal tersebut, sehingga gigi menjadi sensitif dan secara cepat mengejar untuk berada di posisi alaminya seperti sebelum memakai behel, tentunya hal ini merugikan ya sobat? selain merugikan secara keuangan, juga beresiko penyakit pada gigi dan mulut.

3. Sikat Gigi Sembarang dan Tidak Flossing

Sikat gigi yang benar tentunya adalah dua kali sehari tiap pagi dan malam sebelum tidur, jika pasien memakai retainer permanen, tentunya cara menyikat gigi yang benar adalah sama seperti ketika memakai behel, yakni menggunakan sikat kecil yang khusus dengan cara memasukkan sikat dari atas dan naik dari bawah diantara dua behel gigi serta menyikat ke segala arah dengan gerakan gergaji sebelum menuju ruang berikutnya antara dua behel gigi.

Sedangkan bagi pengguna retainer lepas pasang, sikat gigi dilakukan sebagaimana sikat gigi normal dan retainer wajib dibersihkan dengan rutin menggunakan cairan khusus. Nah sobat, selain itu juga wajib melakukan flossing, yakni memberisihkan sela sela gigi dengan dental floss atau benag gigi dan berkumur dengan oabt kumur khusus sebagai anti bakteri.

Nah, penyebab gigi kembali berantakan setelah behel gigi dilepas adalah karena paisen tidak menjalankan prosedur tersebut dengan benar dan tidak disiplin, sehingga menyebabkan gigi tidak memiliki kesehatan secara maksimal ditambah dengan masa adaptasi yang harus dilalui gigi dan tulang. Hal itu menyebabkan gigi menjadi tidak mampu beradaptasi dengan susunan baru gigi dan susunan yang telah rapi menjadi kembali berantakan seperti pada posisi alaminya sebelum memakia behel gigi.

Nah sobat, itulah berbagai penyebab yang membuat gigi kembali berantakan setelah behel gigi dilepas, semuanya tentu kembali pada kedisiplinan dan ketelatenan ya sobat? itulah pentingnya memiliki wawasan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang luas sehingga sennatiasa memiliki gigi yang sehat dan memiliki hasil terbaik tiap kali melakukan tindakan atau prosedur untuk gigi.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat pembaca semua untuk merawat dan memaksimalkan perawatan gigi yang dijalani. Terima kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi