Sponsors Link

20 Penyebab Gigi Berdarah Saat Bangun Tidur dan Pengobatannya

Sponsors Link

Menjaga kebersihan gigi dan mulut wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi gigi dan mulut didalam kehidupan kita sehari – hari. Gigi, selain fungsi utamanya sebagai alat untuk mengunyah makanan juga mempunyai fungsi estetika atau kecantikan. Sedangkan mulut selain tempat mengunyah makanan dan memasukkan zat – zat penting yang dibutuhkan tubuh, juga sebagai alat untuk berbicara.

ads

Salah satu upaya untuk menjaga kebersihan gigi adalah menyadari pentingnya menggosok gigi dengan benar dan teratur. Penyakit gigi kebanyakan diakibatkan oleh adanya penimbunan plak yang menjadi penyebab munculnya karang gigi. Karang gigi hitam merupakan salah satu penyebab terjadinya gigi berdarah. Pernahkah anda mengalami gigi berdarah pada saat bagun tidur? Berikut adalah beberapa penyebabnya.

Penyebab Gigi Berdarah Saat Bangun Tidur

  1. Plak dan Karang Gigi

Plak merupakan sumber utama dari penyakit gigi, seperti gingivitis dan karies gigi. Melakukan pembersihan gigi yang tidak sempurna akan meninggalkan sisa – sisa makanan yang membentuk plak. Plak yang semula lunak lambat laun akan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam. Karang gigi yang keras merusak bagian bawah gigi, dan menjadi penyebab gigi berdarah.

  1. Luka pada Rongga Mulut

Luka pada rongga mulut seperti luka pada lidah (mucosa), pipi bagian dalam, dan bibir. Selain itu trauma gigi juga bisa menjadi penyebab gigi berdarah. Trauma gigi misalnya disebabkan karena jatuh atau kecelakaan dan benturan keras yang mengenai gigi. Benturan keras itu menyebabkan gigi patah atau tanggal.

  1. Pemasangan Gigi Palsu yang Tidak Pas

Luka pada gigi yang disebabkan oleh benda luar seperti pemasangan gigi palsu yang tidak pas. Pergeseran gigi palsu dengan jaringan lunak pada rongga mulut dapat mengakibatkan pendarahan. (Anda dapat membaca artikel terkait yaitu efek samping gigi palsu).

  1. Pemasangan Kawat Gigi (behel) yang Tidak Pas

Seperti pada pemasangan gigi palsu yang kurang pas, pemasangan kawat gigi atau behel yang tidak pas juga dapat mengakibatkan luka pada jaringan lunak yang disebabkan oleh benda luar. (Anda dapat membaca artikel terkait yaitu efek samping gigi behel).

  1. Penyakit Radang Gusi (gingivitis)

Gingivitis merupakan salah satu penyakit gusi yang menyebabkan iritasi, kemerahan dan peradangan pada gusi. Jika tidak segera diatasi, gingivitis dapat menjadi penyakit gusi yang lebih parah lagi yaitu periodontitis.

Sponsors Link

  1. Penyakit Infeksi Gusi (periodontitis)

Periodontitis merupakan penyakit gusi stadium lanjut, berupa infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Periodontitis dapat menjadi salah satu penyebab gigi berdarah.

  1. Iritasi Kimia

Iritasi kimia dapat menjadi salah satu penyebab gigi berdarah. Misalnya pemakaian zat – zat pada prosedur perawatan saluran akar gigi (perawatan endodontik) dapat bersifat toksik. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada jaringan pulpa gigi.

ads

  1. Penyakit Kelainan Pembekuan Darah (hemophilia)

Penderita hemofilia sering mengalami pendarahan, hal ini disebabkan darah tidak dapat membeku dengan normal. Hemofilia merupakan salah satu penyakit keturunan akibat kerusakan kromosom X di dalam tubuh. Hemofilia dapat merusak persendian organ dan jaringan lunak.

  1. Penyakit Kelainan Darah Lainnya

Beberapa penyakit kelainan darah selain hemofilia juga dapat menjadi penyebab gigi berdarah. Seperti penyakit leukemia, trombositopenia, diabetes, HIV, dan demam berdarah.

  1. Kekurangan Nutrisi dan Kebiasaan Buruk

Kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin C dan D dapat menyebabkan gigi berdarah. Selain itu banyak mengkonsumsi makanan yang manis dan kebiasaan buruk merokok juga dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi.

Setelah mengetahui penyebab dari gigi berdarah saat bangun tidur, berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Gigi Berdarah Saat Bangun Tidur

  • Berkumur Air Garam
    Berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam selama 1 menit, dan lakukan 3 – 4 kali dalam sehari. Hal ini dilakukan untuk menghentikan pendarahan dan membunuh kuman penyebab terjadinya infeksi.
  • Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar
    Cara menyikat gigi dengan benar adalah langkah awal mengatasi gigi berdarah. Selain itu pilihlah sikat gigi yang lembut agar dapat menjangkau sela – sela gigi dan tidak melukai sisi gigi dan gusi. Jangan lupa, gunakanlah pasta gigi yang ber-fluoride.
  • Perbanyak Minum Air Putih
    Memperbanyak minum air putih dapat merangsang produksi air liur yang berguna sebagai anti septik alami.
  • Menjaga Pola Makan
    Selain itu hindari makanan yang manis dan mengandung banyak karbohidrat. Hindari juga makanan yang pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas. Konsumsilah makanan yang menguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi.
  • Menghindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Dingin Dan Panas
    Hindari juga makanan dan minuman yang telalu dingin dan terlalu panas, karena dapat merusak email gigi dan membuat gigi menjadi sensitif.
  • Memperbaiki Asupan Nutris
    Memperbaiki asupan nutrisi seperti makanan yang banyak mengandung kalsium, contohnya susu, keju, dan masih banyak lagi. Selain itu juga buah – buahan yang kaya akan Vitamin C dan D.
    Sponsors Link

  • Hindari Kebiasaan – kebiasaan Buruk
    Hindari kebiasaan buruk seperti menggunakan tusuk gigi, merokok, minum – minuman beralkohol, dan menggunakan obat – obatan terlarang.
  • Hindari Berbaring Setelah Makan
    Hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan, karena hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan bakteri pada rongga mulut.
  • Istirahat Secukupnya
    Istirahat yang cukup dapat meminimalisir stress. Hal ini berdampak juga pada kesehatan gigi dan mulut.
  • Mengunjungi Dokter Gigi
    Segeralah mengunjung dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan tindakan yang cepat dan tepat. Selain itu rutin memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali adalah langkah yang tepat dalam menjaga gigi tetap sehat.

Gigi berdarah saat bangun tidur, penyebab, dan cara mengatasinya yang telah kita bahas diatas, semoga dapat menambah wawasan, dan mengatasi masalah anda. Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat. Ikuti terus artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi