Sponsors Link

Penyebab Gigi Berlubang tidak Terasa Sakit dalam Kurun Waktu Lama

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai gigi, tentunya kita semua tau dan paham bahwasanya komponen yang satu ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh kita terlebih lagi fungsinya terhadap sistem pencernaan, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya gigi ini adalah,

ads

piranti atau komponen dalam mulut kita yang pertama kalinya mengolah makanan yang kita masukkan kedalam mulut sebelum nantinya akan diolah oleh sistem pencernaan yang selanjutnya. Apabila gigi mengunyah makanan masih bertekstur keras namun sudah ditelan,

pada umumnya usus akan melakukan kerja keras untuk mengolah makanan tersebut sehingga bisa diserap oleh usus dan komponen yang lainnya agar tubuh kita dapat memenuhi nutrisi dari makanan tersebut. Oleh karena fungsinya yang sangat penting tersebut sobat, maka kita sudah sewajarnya dan selayaknya untuk menjaga dan melakukan perawatan yang baik terhadap gigi tersebut agar tidak terdapt masalah nantinya.

Ada begitu banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa mendapatkan gigi yang sehat, putih dan bersih, karena gigi seperti ini adalah idaman setiap ornag ya sobat. Selain itu sobat, fakta menarik yang lainnya, banyak orang yang berkata bahwasanya dengan memiliki gigi yang putih,

bersih dan rapih akan mendukung indahnya senyuman yang terlukis di wajah anda. Nah apabila anda ingin mendapatkan senyum yang indah, salah satu cara yang anda bisa lakukan adalah dengan merawat gigi tersebut dengan baik.

Nah sobat, ada banyak masalah yang terdapat pada gigi kita yang bisa saja mengganggu aktivitas kita. Salah satu msalah yang terdapat pada gigi adalalah seperti gigi berlubang yang terjadi karena proses terjadinya karang gigi. Memang gigi berlubang pastinya memberikan dampak yang membuat gigi kita sakit,

namun tidak semua seperti itu sobat, faktnya ada gigi berlubang yang tidak sakit dalam kurun waktu yang lama. Oke sobat,  adapun materi atau pembahasan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai Penyebab Gigi Berlubang tidak Terasa Sakit dalam Kurun Waktu Lama. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut  ini dengan seksama.

Gigi berlubang merupakan suatu masalah kesehatan yang terjadi pada gigi, karena dampak sisa makanan bersarang di gigi, dimana gigi dalam hal berlubang tersebut akan terjadi secara permanent dan tentunya dapat mengakibatkan kerusakan permanen juga terhadap gigi anda.

Sebenarnya sobat ada beberapa penyebab dari gigi berlubang tersebut, antara lain sebagai berikut :

  • Bakteri

Penyebab yang pertama adalah karena bakteri. Adapun bakteri penyebab gigi berlubang sulit untuk dihilangkan, karena pada umumnya bakteri tersebut sangat mirip dengan bakteri berbahaya yang lainnya yang hidup di rongga mulut dan menyebabkan gigi ngilu berkepanjangan.

Sponsors Link

  • Plak

Penyebab yang kedua adalah karena plak. Secara alami sobat, mulut kita menagndung atau menghasilkan bakteri yang biasanya bersumber dari makanan atau  minuman yang mengandung beberapa zat tertentu seperti gula. Ketika zat tersebut tidak dibersihkan, maka akan menghasilkan bakteri yang bisa menimbulkan plak terhadap gigi anda, sehingga ahrus dihilangkan dengan obat perontok karang gigi.

  • Merokok

Penyebab yang ketiga adalah karena merokok dan melakukan sikat gigi teratur namun tidak pada waktunya. Seorang perokok aktif tentunya akan memiliki potensi yang sangat tinggi terhadap kerusakan gigi atau gigi yang bolong. Untuk itu sobat, sebaiknya berhentilah merokok agar tidak terjadi gigi berlubang.

Nah sobat, menurut fakta yang ada ternyata tak semua gigi yang berlubang tersebut terasa sakit. Apa penyebabnya, yuk kita simak ulasan berikut ini.

ads

1. Gigi Berlubang Tersebut Tak Kasat Mata Alias Kecil

Penyebab yang pertama adalah karena gigi berlubang yang dimaksud tersebut masih kecil alias kasat mata. Gigi yang berlubang yang kecil dan tak kasat mata tersebut tentunya tidak akan memberikan rasa sakit terhadap gigi atau mulut anda secara keseluruhan karena,

lubang tersebut seyoianya masih terdapat pada bagian-  bagian gigi anda. Namun apabila hal tersebut berlangsung lama dan berubah menjadi lubang yang besar, maka tidak akan menutup kemungkinan suatu saat lubang tersebut akan membuat gigi anda sakit nantinya.

2. Gigi Berlubang Tersebut Tak Kena Akar Gigi

Penyebab yang kedua adalah karena gigi yang berlubang tersebut belum sampai mengenai ke akar gigi. Tak kena ke gusi maksudnya adalah gigi yang berlubnag tersebut belum sampai ke akar gigi yang konon berada di dalam gusi. Sebenarnya yang menyebabkan gigi tersebut sakit pada saat berlubang adalah karena  gigi yang berlubang tersebut kena ke akat gigi yang konon memiliki atau tersambung ke sistem saraf.

Nah sobat apabila sistem saraf tersebut terkena bakteri atau terkena makanan atau minuman yang sensitif terhadap saraf tersebut maka akn timbullah sakit pada gigi tersebut. Oleh karena itulah gigi berlubang namun tak sampai ke gusi atau akar gigi, maka tidak akan menimbulkan rasa sakit dalam kurun waktu yang lama sekalipun.

3. Sistem Saraf pada Gigi Belubang Tersebut Terdapat Masalah

Penyebab yang ketiga adalah karena sistem saraf pada gigi berlubang tersebut sudah tidak berfungsi atau terdapat masalah. Seperti yang sudah penulis utarakan diatas sobat, bahwasanya apabila lubang gigi sudah sampai ke akar gigi   maka tentunya akan berdampak terhadap rasa sakit gigi yang akan anda alami nantinya.

Nah sobat, pada kasus sistem saraf tersebut pada suatu akar gigi sudah tak fungsi atau sudah mati, maka gigi anda berlubang sekalipun maka tidak akan terasa sakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh sistem saraf tersebut tidak akan menerima rangsangan apapun apabila saraf tersebut terkena makanan atau minuman atau terkena bakteri yang seyogianya bisa mengakibatkan gigi tersebut mengalami sakit seperti kondisi pada umummnya.

Nah sobat semua, itulah beberapa alasan mengenai penyebab gigi berlubang tidak terasa sakit dalam kurun waktu lama yang  bisa penulis sajikan pada postingan kali ini. Oleh sebab itu sobat, sebelum terjadi gigi berlubang tersebut, ada baiknya anda merawat gigi tersebut sejak dini. Karena seperti kata pepatah bilang, lebih baik mencegah dari pada mengobati ya sobat.

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan pada kesempatan kali ini buat sobat semua. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini.  Salam gigi sehat sobat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini