Sponsors Link

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berubah Posisi

Sponsors Link

Ligamen merupakan jaringan ikat yang ada di bawah gigi tempat menempelnya barisan gigi manusia. Menurut seorang pendapat ahli gigi mengatakan jika bertemunya antara gigi atas dengan gigi bawah bisa menghasilkan tekanan pada kedua baris gigi tersebut. Apabila tekanan ini terus menerus terjadi, maka bisa membuat ligamen tempat gigi menjadi bengkak. Pembengkakan pada ligamen tersebut nantinya akan membuat jaringan penyokong gigi akan semakin longgar sehingga menjadi penyebab gigi berubah posisi. Selain itu, meningkatnya tekanan pada gigi tersebut juga bisa terjadi ketika seseorang mempunyai kebiasaan bruxism.

ads

Apakah Bruxism?

Bruxism merupakan kondisi medis ketika seseorang memiliki kebiasaan menggemeretakkan gigi saat siang bahkan ketika malam sewaktu tidur sehingga bruxism sering dianggap sebagai gangguan tidur. Kebiasaan ini bisa terjadi tanpa penyebab yang jelas. Para ahli jiwa mengatakan jika penyebab gigi gemeretak saat tidur tersebut bisa terjadi juga karena beberapa faktor seperti mengkonsumsi alkohol, stres, kecemasan, merokok, mengkonsumsi kafein, kelelahan dan juga mendengkur. Selain bisa disebabkan karena bruxism, ternyata ada beberapa hal lain yang juga merupakan penyebab gigi berubah posisi seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Usia

Seorang ahli gigi asal New York mengatakan jika semakin tua usia seseorang, maka membuat lapisan terluar gigi yang bertugas untuk melindungi gigi juga akan bertambah rusak sehingga kerusakan gigi akan terjadi. Semakin sering gigi atas dan bawah bertemu dan tertekan, maka gigi area bawah akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan gigi atas. Kerusakan gigi tersebut yang akhirnya juga menyebabkan perubahan posisi gigi anda.

  1. Jumlah Gigi Berkurang

Ketika ada salah satu gigi yang copot atau gigi tanggal di usia muda, maka beberapa gigi yang ada di sekitar gigi tanggal tersebut akan berusaha untuk mengisi area kekosongan gusi tempat gigi tanggal dan akhirnya membuat gigi anda bergeser.

  1. Pembusukan Gigi

Pembusukan gigi atau penyebab gigi busuk pada anak yang tidak segera diatasi nantinya bisa menyebar ke beberapa gigi yang lain termasuk juga ke bagian tulang yang bertugas mempertahankan posisi gigi untuk tetap di tempat. Kerusakan pada tulang tersebutlah yang nantinya membuat gigi semakin longgar dan mudah berubah posisi.

  1. Kebiasaan Menghisap Jari

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak anak yakni menghisap jari juga bisa membuat gigi berubah posisi, Menghisap jari akan menekan gigi rahang atas sehingga tidak bisa bergerak namun berbeda dengan yang terjadi pada gigi bawah dimana rahang bawah akan semakin ke belakang dan akhirnya membuat gigi bisa berubah posisi dan ada banyak bahaya gigi tidak rata yang bisa terjadi. 

Sponsors Link

  1. Menjulurkan Lidah

Kebiasaan menjulurkan lidah bisa terjadi karena pola mengunyah makanan sejak masih kecil. Bayi yang hanya mempunyai gusi tanpa gigi akan membuat bayi mengunyah makanan dengan gusi mereka dan kebiasaan tersebut bisa terbawa ketika gigi sudah tumbuh. Kebiasaan menjulurkan lidah yang masih dilakukan ini akan membuat gigi depan bagian atas akan semakin maju ke depan dan akhirnya membuat gigi atas dengan bawah jadi tidak merata dan meninggalkan sedikit ruang diantara gigi dan menjadi salah satu penyebab gigi tumbuh tidak rata pada anak yang paling umum.

  1. Bernafas Lewat Mulut

Penyebab gigi berubah posisi selanjutnya adalah karena kebiasaan bernapas lewat mulut. Hembusan angin yang terjadi terus menerus ketika bernapas lewat mulut ini semakin lama akan mengurangi pertahanan gigi sehingga akan ada beberapa gigi yang berubah posisi. Selain itu, anak anak yang bernapas lewat mulut juga bisa menyebabkan berbagai penyakit saluran pernapasan sehingga harus dihindari. 

Sponsors Link

  1. Menggigit kuku dan Menghisap Bibir

Dua kebiasan yakni menggigit kuku dan juga menghisap bibir juga menjadi penyebab dari berubahnya posisi gigi. Gigi atas dan juga gigi bawah nantinya tidak akan berpadu dengan baik sehingga membuat gigi di rahang atas akan lebih maju dibandingkan gigi rahang bawah yang semakin mundur.

Beberapa kebiasaan buruk tersebut mungkin tanpa disadari sering kita lakukan sehari hari. Namun berbagai kebiasaan buruk ini ternyata bisa merubah beberapa posisi gigi anda semakin tidak beraturan sehingga harus dihindari bahkan dihentikan sama sekali.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini