Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Berulat – Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Penyebab gigi berulat merupakan berbagai macam hal yang dapat memicu gigi menjadi berulat dan tidak sehat lagi kondisinya. Walau terdengar cukup asing bagi anda, ternyata kondisi gigi yang berulat ini sudah banyak ditemukan di seluruh dunia. Ulat pada gigi dikenal dengan nama Tooth Worm. Artinya adalah ulat gigi penyebab gigi berlubang yang muncul dan berkembang di dalam gigi, melubanginya hingga ke gusi, bahkan bisa sampai ke pipi. Bahayakah kondisi ini? Berbicara mengenai bahayanya tentu menjadi tidak lengkap tanpa diketahui terlebih dahulu apa gigi berulat dan apa penyebab gigi berulat itu sendiri. Jadi tetap simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

ads

Pertama tama mari kita pelajari mengenai gigi berulat. Kondisi gigi berulat bukanlah mitos. Hal ini seringkali dianggap mitos, padahal kasusnya sudah banyak ditemukan dalam masyarakat. Ada kemungkinan memang ulat dapat bertumbuh di dalam gigi dan merusak kesehatan gigi itu sendiri. Beberapa kasus menyebutkan bahwa ulat ada di dalam gigi yang bahkan dari luar seperti hanya berlubang kecil saja. Hal ini kemudian menarik untuk dipertanyakan bagaimana dan apa penyebab gigi berulat itu sendiri?

6 Penyebab Gigi Berulat dan Membahayakan

Setelah dijelaskan sebelumnya bahwa ulat pada gigi bukanlah mitos, maka anda selanjutnya perlu mengetahui apa yang dapat menyebabkannya. Penyebab ini jika sudah anda ketahui dapat anda gunakan untuk menghindari resiko bahayanya. Berikut ini informasi mengenai 6 penyebab gigi berulat tersebut.

  1. Gigi Berlubang yang Cukup untuk Ulat Masuk

Ulat dalam gigi penyebab utamanya adalah gigi yang berlubang. Lubang di gigi walau terlihat kcil dapat dimanfaatkan oleh ulat sebagai jalan masuk. Ulat tubuhnya elastis, dapat masuk perlahan dan melubangi gigi hingga semakin besar dan kemudian ulat bertambah banyak. Anda dapat mencoba cara menambal gigi berlubang secara alami untuk menghindari ulat ini.

  1. Gigi Keropos dan Mudah Retak

Selanjutnya, jalan masuk lain untuk ulat ke dalam gigi adalah juga gigi yang retak karena keropos. Keadaan ini khususnya sering menyerang penderita yang kekurangan kalsium untuk menjaga gigi tetap sehat dan terlindungi dari keropos penyebab gigi retak.

  1. Seringkali Membiarkan Makanan Membusuk di Gigi

Penyebab gigi berulat pun juga terjadi karena anda sering membiarkan makanan membusuk di gigi. Selesai makan pastikan untuk selalu menggosok gigi. Jika tidak, maka sisa makanan yang tertinggal pun dapat menjadi sarang perkembangan ulat yang tidak baik untuk gigi anda dan sekaligus menjadi makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

  1. Seringkali Menggosok Gigi terlalu Kuat

Anda juga dapat membahayakan gigi jika terlalu kuat disikat atau digosok. Hal ini membuat sikat gigi akan membuat gigi rapuh dan menjadi mudah untuk jalan masuk ulat ke dalam. Pastikan untuk segera mengatasi kebiasaan buruk menggosok gigi ini.

Sponsors Link

  1. Gigi Rusak akibat Makanan Manis

Mengonsumsi makanan manis berlebihan dan membiarkan sisa makanannya di gigi anda dapat membahayakan anda. Pasalnya makanan manis akan membuat gigi keropos dan ulat menjadi lebih mudah masuk dan merusak bagian dalam mulut anda dengan berbahaya.

  1. Gigi Rusak akibat Konsumsi Alkohol

Anda juga dapat mengalami kerusakan gigi karena tingkat keasaman gigi yang berubah. Keasaman gigi ini dapat berubah akibat dari konsumsi alkohol yang melebihi batas normal. Akhirnya, gigi menjadi lebih mudah berlubang dan ulat lebih mudah untuk masuk juga.

ads

Informasi mengenai apa saja penyebab gigi berulat di atas harus segera anda tanggulangi dengan informasi mengenai apa saja upaya pengobatannya. Setidaknya informasi pengobatan ini dapat membantu meminimalisir bahaya dari gigi berulat untuk penderitanya. Berikut ini akan disampaikan mengenai apa saja bentuk pengobatannya tersebut.

Bentuk Pengobatan Gigi Berulat yang Membahayakan

Gigi berulat harus anda obati segera. Bentuk pengobatan ini biasanya dapat disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebab gigi berulat itu sendiri dan cara mengeluarkan ulat gigi tersebut dengan efektif. Informasi mengenai apa saja bentuk pengobatan yang dapat anda lalui akan dijelaskan pada bagian di bawah ini.

  • Menambal Gigi Berlubang

Gigi berlubang harus segera anda tambal. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kesempatan ulat masuk dan merusak gigi anda lebih parah lagi.

  • Membersihkan Gigi Berlubang

Selain menambal, gigi yang berlubang akan membahayakan karena kotoran yang masuk ke dalamnya. Jadi pastikan untuk selalu menjaga kebersihan gigi berlubang anda.

  • Mencabut Gigi Berlubang

Gigi berlubang yang sudah parah dan ada ulatnya, lebih baik segera anda cabut. Hal ini akan menghentikan kerja ulat merusak gigi dan gusi anda.

  • Menggosok Gigi dengan Rutin

Anda pun dapat menggunakan cara membunuh ulat pada gigi berlubang di mulut ini dengan selalu menggosok gigi. Ulat dapat dihempaskan keluar dari mulut dengan gosokan gigi yang rutin.

  • Mengonsumsi Makanan Mengandung Kalsium

Gigi juga dapat diobati dengan selalu mengonsumsi kalsium. Akhirnya gigi akan kembali bersih dan kuat. Ulat pun tidak dapat merusak kesehatan gigi anda lagi.

Setelah mengetahui apa saja bentuk pengobatan gigi berulat ini, selanjutnya anda perlu mengetahui apa saja yang dapat mencegah ulat tersebut berkembang. Ada beberapa cara pencegahan ulat mulut yang perlu anda lakukan setiap waktu. Informasi tersebut dapat anda ketahui pada bagian di bawah ini.

Sponsors Link

Pencegahan Gigi Berulat dan Bahayanya untuk Kesehatan

Anda dapat mencegah gigi berulat agar sama sekali tidak menyebabkan gangguan kesehatan anda. Berikut ini informasi mngenai cara pencgahan tersebut. Segera lakukan upaya pencegahan ini untuk membuat anda memiliki gigi yang tetap sehat dan kuat.

  • Jagalah kebersihan gigi dengan maksimal. Anda dapat menggosok gigi dan juga menggunakan obat kumur. Selain itu, anda juga dapat memastikan menjaga gigi anda dari berbagai jenis kotoran menempel di gigi.
  • Konsumsilah makanan yang sehat mengandung serat dan kalsium. Kandungan makanan tersebut akan membantu gigi anda tetap kuat dan tidak mudah berlubang. Tanpa lubang maka tidak ada juga ulat yang akan masuk ke gigi anda.
  • Selalu perhatikan kesehatan gigi anda. Walau hanya berlubang sedikit pastikan untuk tidak membiarkannya. Segera upayakan untuk menambal lubang tersebut sejak awal terdeteksi.

Berikut tadi informasi mengenai apa saja penyebab gigi berulat dan bentuk pengobatan serta pencegahannya. Informasi di atas diharapkan dapat anda gunakan untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Jagalah kesehatan dan kebersihan gigi anda mulai dari sekarang. Jangan sampai ulat berkembang biak di gigi anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi