Sponsors Link

7 Penyebab Gigi Busuk Pada Anak – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Orang tua yang baik tentunya akan memantau pertumbuhan serta perkembangan yang dialami oleh anaknya. Salah satu pertumbuhan yang paling menonjol dan paling diantisipasi pada anak adalah pertumbuhan gigi. Pada umumnya, pertumbuhan gigi pada anak dimulai ketika anak berusia 6 bulan. Pertumbuhan gigi ini akan melalui proses atau tahap hingga anak berusia 2 hingga 3 tahun.

ads

Nah, pada masa pertumbuhan gigi, orang tua juga harus turut membantu anak dalam menjaga dan merawat gigi mereka agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis-jenis penyakit gigi serta jenis-jenis penyakit mulut yang dapat mengancam kesehatan gigi anak. Karena sama halnya dengan orang dewasa,  gigi anak juga sangat rentan terkena masalah-masalah yang berkaitan dengan gigi seperti gigi susu rusak parah, gigi susu anak keropos, karies gigi, dan gigi busuk.

Gigi busuk pada anak tentunya akan menganggu karena dapat menjadi penyebab bau mulut. Gigi busuk dapat disebabkan oleh berbagai factor penyebab seperti:

1. Malas Sikat Gigi

Salah satu factor penyebab gigi busuk pada anak adalah malas sikat gigi. Seperti yang anda ketahui bahwa menyikat gigi merupakan cara untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel di dalam gigi. Jika anak malas sikat gigi, tentunya sisa-sisa makanan tersebut akan terus menempel pada gigi dan lama kelamaan akan membusuk sehingga jadilah gigi busuk pada anak.

Itulah mengapa anda sebagai orang tua perlu mengajarkan betapa pentingnya menggosok gigi serta menanamkan kebiasaan cara menyikat gigi dengan benar pada anak agar anak bisa terhindar dari masalah-masalah gigi yang salah satunya adalah gigi busuk.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang besar akan menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, makanan yang dikunyah juga akan lebih mudah tertinggal di dalam lubang gigi dan sulit untuk dibersihkan oleh sikat gigi. Inilah yang menjadi factor pemicu busuknya gigi pada anak.

Untuk mengatasi gigi busuk karena gigi berlubang, obat kumur adalah solusinya. Namun, ada beberapa pendapat yang kontra dengan penggunaan obat kumur bagi anak karena dianggap berbahaya. Sehingga anda bisa menggantinya dengan manfaat air garam untuk gigi berlubang. Air garam ini bisa menjadi obat kumur yang alami dan tidak memberi efek samping.

3. Karang Gigi

Karang gigi merupakan plak yang mengeras dan menempel pada gigi. Karang gigi tidak hanya terjadi pada orang dewasa melainkan juga bisa terjadi pada anak-anak. Karang gigi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi busuk pada anak karena adanya penumpukan plak di dalam gigi. Plak ini merupakan hasil dari sisa-sisa makanan yang membusuk. Adapun cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan benang gigi secara rutin.

Sponsors Link

4Radang Gusi

Radang gusi atau gingvitis merupakan gejala dimana gusi mengalami pembengkakan. Radang gusi pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah karang gigi. Radang gusi ini adalah salah satu pemicu gigi busuk pada anak. Hal ini dikarenakan oleh karang gigi yang menumpuk dan menyebabkan radang gusi dapat membuat gusi berdarah. Nah, gusi berdarah inilah yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

ads

5. Mulut Kering 

Air liur memiliki peran yang sangat penting dalam membersihkan dan melembabkan mulut. Selain itu, air liur memiliki kemampuan membunuh bakteri di dalam mulut. Itulah sebabnya penurunan produksi air liur atau mulut kering pada anak akan menyebabkan giginya menjadi busuk dan bau mulut. Mulut kering bisa diatasi dengan konsumsi buah-buahan yang bagus untuk gigi seperti jeruk, apel, stroberry, dan pisang.

6. Makanan

Ada banyak jenis makanan yang dapat merusak gigi. Salah satunya adalah permen atau gula-gula. Sayangnya, permen merupakan makanan yang paling disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Nah, rasa yang manis inilah yang bisa membawa kerusakan pada gigi, salah satunya adalah gigi busuk.

7. Kebiasaan Ngedot

Kebiasaan ngedot merupakan salah satu penyebab gigi busuk dan juga penyebab karies gigi. Hal ini dikarenakan pada saat tidur kandungan gula dari minuman dot akan tersimpan dan tergenang lebih lama di dalam mulut, sehingga mengakibatkan pertumbuhan bakteri penyebab lubang pada gigi lebih subur.

Ditambah pula, biasanya ketika tidur aliran air liur itu berkurang. Jadinya, genangan air minum berkandungan gula yang mudah merusak gigi itu menjadi tertahan oleh dot diantara lidah, gigi, langit-langit juga sekitar bibir.

Itulah beberapa penyebab gigi busuk pada anak yang sering terjadi. Perlu anda tahu bahwa gigi busuk pada anak tidak seharusnya dibiarkan terjadi begitu saja karena dapat menjadi pemicu terjadinya berbagai jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan anak. Untuk itu anda perlu melakukan tindak pencegahan gigi busuk. Adapun caranya adalah:

Demikianlah pembahasan kali ini dan semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini