Sponsors Link

Penyebab Gigi Cenat Cenut – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyebab gigi cenat cenut adalah informasi selanjutnya yang menyebutkan apa saja kondisi yang memicu gigi terasa sakit. Cenat cenut adalah kondisi sakit, nyeri, dan perih bersamaan yang sering digunakan sebagai istilah pada gangguan gigi. Selain sakit gigi, sakit kepala yang juga sering terasa nyeri dan “nyut-nyutan” pun dapat digunakan istilah cenat cenut. Khusus kali ini yang akan kita ketahui adalah bagaimana gigi yang cenat cenut dapat terjadi, apa upaya pengobatannya, dan juga pencegahannya. Bagi anda yang penasaran, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

ads

Cenat cenut pada gigi merupakan reaksi yang dirasakan oleh penderita sakit gigi. Pada kondisi ini gigi seharusnya termasuk dalam gigi yang tidak boleh dicabut. Jika ingin berbicara mengenai penyebabnya, maka tentu harus dipaparkan apa saja penyebab sakit gigi yang rasanya cenat cenut ini. Masyarakat umumnya hanya menyebut sakit gigi tanpa mengetahui apa penyebab sakit itu sebenarnya terjadi. Oleh sebab itu, bagian berikut ini akan menjelaskan beberapa kondisi kesehatan mulut yang menyebabkan sakit gigi.

8 Kondisi Penyebab Gigi Cenat Cenut Tak Tertahankan

Bagian sebelumnya sudah menjelaskan bahwa gigi cenat cenut adalah istilah untuk menjelaskan rasa sakit yang dialami pada bagian gigi. Itulah mengapa kali ini akan coba dipelajari lebih jauh sakit gigi yang seperti apa yang kemudian menyebabkan seseorang mengeluhkan bahwa giginya terasa cenat cenut. Informasi lengkap mengenai penyebabnya tersebut akan disampaikan pada bagian di bawah ini.

  1. Gigi yang Berlubang

Gigi yang berlubang adalah kondisi utama yang sering menyebabkan gigi menjadi cenat cenut. Alasannya adalah karena gigi berlubang dapat masuk makanan dan di dalam makanan tersebut menyebabkan gigi infeksi. Anda perlu tahu apa cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh.

  1. Gigi Bungsu Tumbuh

Selanjutnya, anda perlu memperhatikan apa ada gigi bungsu yang tumbuh di bagian rahang belakang. Kondisi ini juga diketahui paling sering menyebabkan cenat cenut gigi seseorang.

  1. Gigi Copot atau Tanggal

Perhatikan bahwa pada anak-anak gigi cenat cenut dapat terjadi akibat dari gigi yang copot. Hal ini tentu tidak dapat dihindari karena gigi susu anak memang pasti harus tanggal.

  1. Gigi Baru Dipasang Kawat Gigi

Salah satu bentuk perawatan gigi adalah dengan pemasangan kawat gigi. Ternyata saat baru memasang kawat gigi akan terjadi rasa cenat cenut yang sangat parah pada penggunanya.

  1. Gigi Dicabut

Cabut gigi adalah salah satu penyebab yang dapat membuat gigi cenat cenut. Pasalnya, gigi yang baru dicabut akan menimbulkan luka yang masih cenat cenut hingga benar-benar kering.

Sponsors Link

  1. Gigi Patah

Kecelakaan yang mengenai bagian mulut diketahui dapat menyebabkan gigi patah. Bisa saja seperti gigi geraham patah setengah dan rasanya cukup nyeri. Patahnya gigi ini walau tidak berefek ke gusi, namun juga dapat menyebabkan rasa cenat cenut tersebut muncul.

  1. Gigi Membusuk

Busuknya gigi seseorang dapat dilatarbelakangi oleh banyak hal. Mungkin karena kotoran yang menempel dan juga kebiasaan buruk anda. Hal ini tentu membuat gigi dapat terasa sakit cenat cenut yang tak tertahankan.

ads

  1. Gigi Infeksi

Infeksi pada gigi juga diketahui sebagai kondisi yang dapat menyebabkan cenat cenut. Infeksi ini khususnya sangat mudah dialami ketika gigi anda berlubang.

Selanjutnya, setelah mengetahui apa saja jenis penyebab yang mengancam akan membuat gigi anda cenat cenut anda tentu ingin tahu apa yang harus anda lakukan untuk mengobatinya. Upaya pengobatan ini berbeda-beda tergantung apa yang memicu sakit tadi barusan. Lebih lengkapnya penjelasan mengenai pengobatan gigi cenat cenut akan disampaikan di bagian berikut.

Mengobati Gigi Cenat Cenut dengan Efektif

Gigi cenat cenut akan membuat penderitanya gusar. Kegusaran ini hanya dapat dihilangkan ketika rasa cenat cenut tadi sudah diatasi. Pengatasannya dilakukan dengan cara mengatasi gigi sakit. Ada tipe pengobatan gigi cenat cenut tradisional dan ada juga yang dilakukan secara medis. Masing-masing penjelasan mengenai pengobatan tersebut akan dijelaskan pada bagian berikut.

  • Berkumur dengan Air Garam

Anda dapat mengatasi rasa cenat cenut yang disebabkan oleh kotoran gigi dngan melakukan kumur air garam. Berkumur air garam ini akan membuat gigi kembali bersih dan tidak infeksi lagi.

  • Menggosok Gigi

Upaya pengobatan gigi lainnya dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi. Menggosok gigi dapat menjaga gigi kuat tidak mudah tanggal dan berlubang.

  • Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Nyeri

Obat penghilang rasa nyeri adalah obat yang ampuh mengusir rasa cenat cenut gigi anda. Konsumsi obat ini sesuai dosis untuk menjaga gigi tidak kembali sakit dan membahayakan kesehatan gigi anda. Anda beberapa obat yang sekaligus digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang.

Selanjutnya setelah gigi anda tidak lagi cenat cenut, anda perlu memastikan bahwa penyebabnya tidak menyerang anda lagi. Itulah mengapa anda juga memerlukan informasi terkait pencegahan gigi cenat cenut. Apa saja yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya?

Mencegah Gigi Cenat Cenut Datang Kembali

Informasi sebelumnya menjelaskan bahwa gigi cenat cenut dapat datang kapan saja. Hal ini yang kemudian harus anda waspadai. Anda tentu tidak ingin menderita lagi karena gigi yang cenat cenut ini. Upayakan untuk melakukan berbagai upaya berikut untuk gigi yang kembali sehat dan kuat.

  • Rajin Menggosok Gigi
  • Menambal Gigi Berlubang
  • Melakukan Perawatan Gigi ke Dokter dengan Rutin

Demikianlah informasi mengenai apa saja yang dapat anda ketahui terkait penyebab gigi cenat cenut, pengobatan, serta pencegahannya. Semoga informasi di atas dapat anda gunakan untuk memiliki gigi yang lebih sehat dan tidak mudah lagi mengalami penyakit yang menyebabkan cenat cenut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi