Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Cenut Cenut: Pencegahan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyebab gigi cenut cenut adalah pembahasan selanjutnya yang akan menyebutkan apa saja kondisi yang menyebabkan gigi mudah sakit dan terasa cenut cenut. Seperti dijelaskan sebelumnya pada penyebab gigi cenat cenut, gigi yang sakit pun seringkali dideskripsikan sebagai gigi yang cenut cenut rasa sakitnya. Artinya, keadaan ini masih menjelaskan tentang sakit gigi. Namun perbedaan terletak pada rasa sakit yang berdenyut tidak karuan dan terasa hingga ke seluruh bagian kepala anda.

ads

Cenut cenut di gigi merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya gangguan pada gigi anda. Tidak dipungkiri gangguan pada gigi ini sangat banyak jenisnya. Jenis-jenis gangguan inilah yang menyebabkan gigi tidak sehat. Gigi yang tidak sehat ini akan membuat otak mengirimkan reaksi berupa sakit cenut cenut tadi. Namun secara spesifik tahukah anda apa gangguan gigi yang membuat sakit cenut cenut? Anda belum tahu? Oleh sebab itulah, mengapa artikel kali ini sangat cocok untuk anda. Simak mengenai apa saja penyebab gigi cenut cenut pada bagian di bawah ini.

Penyebab Gigi Cenut Cenut dan Sakit

Ternyata kebanyakan orang tidak mengetahui apa penyebab dari gigi cenat cenut yang dirasakannya. Itulah mengapa informasi kali ini dirasa sangat penting untuk dipublikasikan. Akan dijelaskan setidaknya 6 penyebab gigi terasa cenat cenut yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Anda penasaran apa saja keenam penyebab tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Akibat Gigi yang Berlubang

Gigi yang berlubang adalah penyebab gigi cenut cenut yang paling umum. Hal ini disebabkan adanya infeksi karena gigi berlubang menjadi tempat bertumbuhnya bakteri dan merusak gigi anda. Bahkan mungkin lubang dan bakteri bisa mencapai saraf dan menimbulkan rasa sakit juga nyeri.

  1. Akibat Gigi yang Sensitif

Anda juga dapat merasakan cenut cenut di gigi sebagai pengaruh dari gigi anda yang sensitif. Penyebab gigi sensitif ini dapat kambuh karena konsumsi makanan yang terlalu keras atau dingin. Akhirnya, gigi terasa sakit sewaktu-waktu.

  1. Akibat Gusi yang Bengkak

Gusi anda yang bengkak biasanya akan ditandai dengan rasa nyut nyutan yang anda alami. Jadi anda harus sangat berhati hati dengan kondisi gigi anda ini dan hindari penyebab gusi sering bengkak. Jangan sampai gusi anda yang bengkak tersebut mengganggu kesehatan gigi anda secara keseluruhan.

  1. Akibat Jarang Sikat Gigi

Kebiasaan jarang menyikat gigi ternyata dapat membahayakan kesehatan gigi anda. Akan ada banyak makanan tertinggal di gigi dan kemudian merusak pertahanan gigi anda. Jadi gigi terasa lebih mudah menimbulkan rasa nyeri seperti cenut cenut tadi.

  1. Akibat Menggunakan Sikat Gigi yang Tidak Tepat

Selanjutnya, menggunakan sikat  yang tidak tepat pun dapat menimbulkan rasa cenut cenut. Permasalahannya terjadi ketika sikat gigi tersebut mengandung bakteri atau ketika anda menggunakannya tidak dengan tepat. Akibatnya gigi menjadi mudah sakit.

  1. Akibat Mengonsumsi Makanan Terlalu Dingin

Hari yang sangat terik mungkin membuat anda ingin minum minuman yang sangat dingin. Namun biasanya akan terjadi brain freeze yang menyebabkan gigi terasa ngilu dan cenut cenut setelahnya. Jadi hindari konsumsi makanan yang terlalu dingin sekaligus seperti itu.

Informasi tersebut berkaitan dengan apa saja penyebab dari gigi yang cenut cenut. Selanjutnya, anda perlu mengetahui apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa cenut cenut. Rasa cenut cenut dapat dihilangkan dengan melakukan upaya pengobatan. Apa saja cara pengobatan tersebut? Simak penjelasannya di bagian berikut ini.

Sponsors Link

Melakukan Pengobatan Gigi Cenut Cenut

Mengobati gigi cenut cenut dapat dilakukan dengan melakukan berbagai upaya baik alamiah maupun medis. Informasi mengenai cara mengobati sakit gigi dengan cepat ini mungkin kurang anda dapatkan secara umum. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat memiliki informasi lengkapnya pada bagian di bawah ini.

  • Mengonsumsi Antibiotik

Antibiotik merupakan konsumsi obat yang disarankan untuk dapat mengurangi rasa cenut cenut di gigi anda. Selain itu antibiotik ini juga dapat anda jadikan alternatif selama melakukan terapi gigi sakit.

  • Mengonsumsi Ibuprofen

Ada satu lagi kandungan obat yang baik untuk mengurangi rasa sakit gigi. Kandungan tersebut adalah kandungan ibuprofen. Jenis obat ini termasuk dalam obat sakit gigi paling ampuh untuk anda coba sendiri manfaatnya.

  • Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi Fluoride

Pasta gigi beberapa diantaranya mengalami kandungan fluoride yang baik untuk anda gunakan menyikat gigi.

  • Menghindari Makanan dengan Gula Tinggi

Beberapa jenis makanan dengan kandungan gula tinggi juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Jadi hindarilah makanan mengandung gula tinggi ini untuk  mengobati gigi cenut cenut ini.

Sponsors Link

  • Menghindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab gigi cenut cenut yang membahayakan. Jadi anda kebiasaan merokok ini harus segera anda hentikan.

Setelah mengobati penyakit cenut cenut gigi ini, maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah bagaimana anda mencegah cenut cenut ini datang kembali. Pencegahan gigi cenut cenut akan dilakukan dalam beberapa langkah mudah berikut ini. Walau langkahnya mudah, maka anda perlu tetap melakukannya dengan rutin untuk memiliki gigi yang tetap sehat tadi.

Mencegah Gigi Cenut Cenut yang Mengganggu Aktivitas Anda

Kebiasaan baik yang mengalahkan kebiasaan buruk penyebab gigi cenut cenut yang disebutkan di atas sebelumnya. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan mempelajari beberapa penyebab gigi cenut cenut dan cara mengatasi sakit gigi yang akan dijelaskan lebih lengkap pada bagian di bawah ini.

  • Menggosok Gigi dengan Rutin
  • Menambal Gigi Berlubang
  • Mengonsumsi Buah dan Sayur
  • Membersihkan Plak Gigi dengan Rutin

Itulah tadi informasi mengenai apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan gigi anda. Anda tidak perlu lagi menderita gigi cenut cenut mulai dari sekarang. Jagalah kesehatan gigi anda dan selalu memastikan tidak ada bakteri di dalamnya. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini