Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Cepat Berkarang : Pencegahan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyebab gigi cepat berkarang adalah informasi mengenai pemicu dari munculnya karang pada gigi dengan lebih cepat. Karang pada gigi merupakan kondisi yang disebabkan oleh bagaimana kotoran yang menempel di gigi tidak segera dibersihkan.

ads

Ada banyak kondisi yang harus anda waspadai sebagai pemicu pembentukan karang gigi menjadi lebih cepat dari normalnya. Namun, informasi mengenai penyebab gigi cepat berkarang ini belum banyak diketahui. Oleh sebab itu, berikut ini akan disampaikan apa saja penyebab gigi cepat berkarang terkait dengan kebiasaan buruk seseorang.

Gigi yang berkarang tentunya adalah suatu kondisi yang dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Bukan hanya tidak enak dipandang mata, karang gigi lama kelamaan dapat menghitam dan menjadi penyebab gigi cepat keropos. Anda harus mewaspadai keadaan ini.

Tidak hanya gigi menjadi lebih mudah keropos, karang pada gigi pun dapat menjadi pusat bakteri yang menyebabkan karang gigi kemudian berubah menjadi penyebab gigi cenat cenut dirasakan. Oleh sebab itu, ketahuilah apa saja penyebab gigi cepat berkarang ini dan lakukan upaya pencegahan dan pengobatannya.

Penyebab Gigi Cepat Berkarang dan Merusak Kesehatan Gigi Anda

Karang gigi merupakan kerusakan gigi yang terjadi karena kurangnya perawatan gigi anda. Perawatan gigi ini termasuk juga dalam bagaimana anda memastikan karang gigi selalu dibersihkan dengan rutin. Akibat jika anda tidak membersihkan karang gigi akan menyebabkan penumpukan karang gigi. Penumpukan ini semakin hari semakin mempercepat pertumbuhan karang gigi anda. Ketahuilah apa saja penyebab gigi cepat berkarang berikut ini untuk dapat mencegahnya sedini mungkin.

  1. Jarang Membersihkan Gigi setelah Makan

Gigi lebih cepat berkarang ketika anda jarang membersihkan makanan setelah makan. Khususnya sebelum tidur, jika anda lupa menggosok gigi setelah makan malam, maka sisa makanan ini akan mengering dan merusak gigi anda dengan berubah menjadi karang.

  1. Jarang Membersihkan Plak di Gigi

Plak di gigi juga merupakan sumber penyebab utama karang terbentuk di gigi. Itulah alasannya mengapa anda tidak boleh membiarkan plak tanpa perawatan sejak dini.

  1. Berkembangnya Kuman Sisa Makanan di Gigi

Sisa makanan di gigi akan menjadi tempat berkembangnya kuman. Perkembangan kuman inilah yang kemudian semakin mempercepat karang gigi terbentuk.

  1. Banyaknya Konsumsi Makanan Mengandung Gula dan Tepung

Gula dan tepung dalam makanan adalah jenis kandungan yang sangat mudah menimbulkan penyebab karang gigi hitam. Pasalnya jika sisa makanan yang menempel di gigi mengandung gula dan tepung, kandungan ini secara bersamaan akan merusak lapisan gigi dan timbulah karang.

  1. Salah Melakukan Cara Menyikat Gigi

Selain itu, kebiasaan yang salah dalam melakukan penyikatan gigi adalah sumber utama juga karang gigi menjadi lebih cepat. Sikatlah gigi dari atas ke bawah mulai dari sekarang.

  1. Salah Membersihkan Karang Gigi dan Menyebabkan Gusi Berdarah

Terlalu keras menyikat gigi dan membuat gusi berdarah pun juga dapat membuat gigi menjadi berkarang. Jadi pastikan untuk menyikat gigi dengan benar. Tidak cukup hanya rajin.

Informasi tadi telah menunjukkan bahwa setidaknya ada 6 penyebab gigi cepat berkarang yang perlu anda waspadai. Selanjutnya, anda diharapkan tahu bagaimana dapat mengobati gigi yang cepat berkarang ini. Pengobatan gigi cepat berkarang ini sebaiknya anda ketahui sekarang juga melalui daftar di bawah ini.

Langkah Pengobatan Gigi Cepat Berkarang

Anda masih bisa mengatasi gigi yang cepat berkarang ini, jika anda rutin melakukan 4 langkah pengobatan yang mudah berikut. Langkah langkah di bawah ini harus anda lakukan dengan rutin. Jika anda tidak rutin melakukannya, maka rentan sekali gigi berkarang anda akan terus bertambah dan semakin sulit untuk dibersihkan.

  • Rajin Menyikat Gigi setiap Habis Makan

Pastikan untuk selalu menyikat gigi sehabis makan, cara ini perlahan lahan akan membantu mengikis karang gigi anda.

Sponsors Link

  • Menggunakan Sikat Gigi yang Mengandung Fluoride

Sikat gigi yang mengandung fluoride sangat dibutuhkan dalam cara membersihkan karang gigi yang membandel di gigi anda sebelumnya.

  • Melakukan Pembersihan Karang Gigi secara Bertahap

Anda juga dapat melakukan pembersihan karang gigi (scaling) ke dokter secara bertahap. Hingga akhirnya karang gigi anda telah benar benar bersih.

  • Mengurangi Konsumsi Makanan Bergula dan Tepung

Makanan yang mengandung gula dan tepung mulai dari sekarang harus anda kurangi. Pasalnya, sisa makanan ini sangat cepat membuat gigi anda menjadi berkarang dibanding makanan lainnya.

Demikian anda dapat mengatasi gigi yang terlalu cepat berkarang dengan 4 langkah pengobatan di atas. Selanjutnya, terkait dengan bagaimana cara mencegah gigi cepat berkarang ini dapat anda ketahui pada daftar di bawah ini.

Informasi terkait Pencegahan Gigi Cepat Berkarang

Siapapun tidak ingin giginya cepat berkarang. Normalnya, memang gigi mungkin berkarang namun tidak akan terlalu cepat jika anda selalu melakukan kebiasaan baik untuk mencegahnya. Apa saja kebiasaan baik yang dapat mencegah gigi berlubang? Berikut ini penjelasannya.

  • Gosok Gigi Minimal 2 Kali dalam Satu Hari dan Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride
  • Lakukan Scaling Gigi Minimal 1 Kali dalam Tiga Bulan untuk Menghentikan Produksi Plak
  • Hindari Makanan yang Meningkatkan Produksi Plak dan Berubah Menjadi Karang Gigi

Berikut tadi telah dijelaskan informasi mengenai penyebab gigi cepat berkarang dan apa saja yang dapat anda lakukan baik untuk cara menghilangkan karang gigi ataupun mencegahnya. Informasi di atas diharapkan sesuai dengan kebutuhan informasi yang sedang anda butuhkan dalam rangka menjaga gigi tidak mudah sakit. Lakukan terapi gigi sakit, jika anda ingin penyembuhan lebih cepat dilakukan.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini