Sponsors Link

7 Penyebab Gigi Cepat Berlubang: Pencegahan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyebab gigi cepat berlubang adalah hal hal dalam kebiasaan sehari hari manusia yang dapat menyebabkan gigi seseorang menjadi gigi berlubang parah busuk. Tentu kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan perkembangan bakteri di mulut terus meningkat.

ads

Tidak ada yang menginginkan giginya rusak karena pengaruh bakteri tadi, namun ketidaktahuan akan apa saja penyebab gigi cepat berlubang membuat semakin lengah manusia akan kebiasaan buruk tersebut. Sebab itu, anda perlu mempelajari apa saja yang dapat membuat seseorang mengalami gigi berlubang. Oleh karena itu, simaklah penjelasan lengkapnya di sini.

Gigi yang berlubang merupakan jenis kerusakan gigi di mana gigi memiliki lubang yang menjadi sumber penyakit anda. Sumber penyakit ini adalah karena masuknya makanan di dalam lubang gigi dan menimbulkan infeksi. Tentu siapapun tidak ingin mengalami jenis kerusakan gigi, karena akibat utamanya adalah kesulitan untuk konsumsi makanan dan penggunaan gigi. Jadi untuk dapat menghindarinya anda lebih baik mengetahui apa saja penyebabnya.

Penyebab Gigi Cepat Berlubang Lebih Sering Muncul

Berbicara mengenai penyebab gigi yang lebih cepat berlubang, maka tentu anda tidak boleh meremehkan apa saja yang sering anda lakukan yang membuat kesehatan gigi terus berkurang kesehatannya. Jadi ketahuilah setidaknya 7 penyebab gigi anda menjadi lebih cepat berlubang ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda!

  1. Banyaknya Plak Tertimbun di Gigi

Plak di gigi diketahui harus segera dibersihkan. Jika tidak, maka plak di gigi akan menimbun dan merusak lapisan gigi. Sehingga gigi yang lebih banyak plak akan lebih cepat berlubang juga. Jadi upayakanlah untuk mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi anda.

  1. Jarang Membersihkan Gigi dengan Teratur

Kebiasaan buruk jarang membersihkan gigi dengan teratur diketahui juga dapat mempengaruhi gigi seseorang menjadi cepat berlubang. Anda diharapkan dapat selalu membersihkan gigi agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

  1. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis memiliki kandungan yang tidak baik untuk gigi anda. Diharapkan anda dapat mengetahui bahwa kebiasaan sering mengonsumsi makanan manis inilah yang dapat membuat gigi anda lebih cepat berlubang.

  1. Mulut Terlalu Kering Kondisinya

Mulut yang sering kering akibat kurang konsumsi cairan adalah salah satu penyebab utama gigi menjadi cepat berlubang. Pasalnya, lapisan gigi menjadi lebih sulit dibersihkan dan kotoran lebih cepat menempel.

  1. Gigi Kekurangan Lapisan Flouride

Lapisan fluoride dibutuhkan oleh gigi untuk dapat menjaganya tetap sehat. Itulah mengapa jika anda kekurangan lapisan fluoride, maka gigi geraham berlubang parah menjadi lebih cepat terjadi dari seharusnya.

  1. Pengaruh Konsumsi Rokok

Konsumsi rokok anda pun ternyata dapat menjadi penyebab gigi lebih cepat berlubang. Kandungan pada rokok tidak baik untuk lapisan gigi anda dan membuatnya rentan untuk berlubang sebagai pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut.

  1. Pengaruh Asam Lambung Meningkat

Asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan asam di mulut meningkat. Peningkatan asam di mulut ini dapat menyebabkan gigi lebih mudah berlubang. Jadi berhati-hatilah menjaga kesehatan mulut dan gigi anda dengan asam lambung.

Sponsors Link

Setelah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gigi berlubang di atas, selanjutnya anda perlu mengetahui berbagai upaya yang dapat anda lakukan untuk dapat mengobati penyakit ini. Informasi terkait penyebab gigi cepat berlubang ini dapat disampaikan melalui daftar di bawah ini.

Upaya Mengobati Gigi yang Cepat Berlubang

Gigi yang cepat berlubang diketahui adalah penyakit yang sangat menyiksa seseorang dalam keseharian. Anda dapat melakukan upaya untuk segera mengatasi rasa sakit ini. Apa saja upaya penanggulangan penyakit tersebut? Berikut ini informasi yang dapat disampaikan terkait cara mengobatinya.

  • Melakukan Penambalan Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang walau kecil, harus segera ditambal. Penambalan lebih dini akan membuat anda lebih cepat mengobati gigi lain dan manfaat tambal gigi pun lebih terasa.

  • Mencabut Gigi yang Berlubang

Gigi yang berlubang dapat juga anda tangani dan obati dengan mencabutnya. Cabutlah gigi yang berlubang saat kondisinya sedang tidak sakit dan memang tidak bisa ditambal lagi.

  • Menjaga Kesehatan Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang dapat anda jaga kesehatannya dengan menghindari mengunyah dengan gigi berlubang tersebut. Jaga terus kesehatan gigi anda ini untuk memastikan tidak ada gigi berlubang yang meluas.

  • Menggosok Gigi dengan Pasta Gigi Flouride

Pasta gigi ada yang memiliki kandungan fluoride. Kandungan fluoride dibutuhkan untuk mengobati gigi berlubang anda. Jadi gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride ini sesering mungkin.

Sponsors Link

  • Menghentikan Konsumsi Makanan yang Terlalu Manis

Konsumsi makanan yang terlalu manis pun diketahui dapat membahayakan gigi berlubang. Itulah mengapa anda disarankan untuk menghentikan konsumsi makanan manis dari sekarang juga.

Demikianlah berbagai upaya untuk anda coba lakukan dalam hal mengobati gigi berlubang. Itulah mengapa lebih baik sebisa mungkin anda mencegah gigi anda mengalami kondisi berlubang. Upaya mencegah gigi berlubang ini dapat anda lakukan dengan menjaga kesehatan gigi secara rutin. Simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

Mencegah Gigi Cepat Berlubang dengan Perawatan Rutin

Setelah anda merawat gigi dengan sehat, tentu anda tidak ingin mengalami gigi berlubang lagi. Oleh sebab itu, anda sebaiknya melakukan perawatan dengan rutin agar gigi anda tidak mudah berlubang lagi. Apa saja bentuk perawatan sekaligus cara mencegah gigi berlubang tersebut. Berikut ini informasi mengenai apa saja cara perawatan untuk mencegah gigi cepat berlubang.

  • Melakukan Scalling (Pembersihan Karang) Gigi Rutin
  • Menggosok Gigi dan Berkumur setiap Selesai Makan
  • Berhenti Merokok dan Mengonsumsi Alkohol setiap Hari

Demikianlah tadi informasi mengenai penyebab gigi cepat berlubang dan hal hal yang ada dapat lakukan untuk mengobati dan mencegahnya. Semoga informasi di atas dapat membantu anda memiliki tubuh yang lebih sehat karena terhindar dari berbagai penyakit mulut juga. Penjagaan berupa pencegahan dan pengobatan pun baik untuk anda lakukan sejak dini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi