Sponsors Link

Penyebab Gigi Cepat Keropos – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyebab gigi cepat keropos adalah hal hal yang diketahui pengaruhnya tidak baik untuk gigi dan dapat menyebabkan keropos gigi. Gigi adalah bagian mulut yang menjadi alat pertama dalam mengolah makanan sebelum masuk ke sistem pencernaan selanjutnya. Tidak adanya gigi yang sehat akan membuat banyak permasalahan dalam sistem pencernaan seseorang. Anda perlu menjaga kesehatan gigi anda untuk tidak mudah keropos seperti dijelaskan sebelumnya. Namun, bagaimana anda dapat menjaga gigi agar tidak cepat keropos?

ads

Tentu yang anda lakukan adalah menghindari apapun penyebab gigi cepat keropos. Ada informasi mengenai berbagai penyebab gigi keropos pada orang dewasa ini. Informasi mengenai penyebab gigi keropos tersebut akan disampaikan pada bagian di bawah ini. Semoga informasi mengenai gigi keropos ini dapat membuat anda menjadi lebih waspada akan bahayanya.

7 Penyebab Gigi Cepat Keropos untuk Diwaspadai

Gigi cepat keropos artinya perlahan-lahan walau tidak ada pemicunya gigi anda akan tanggal, putus sebagian, dan berlubang. Hal hal ini menyebabkan gigi tidak utuh lagi dan menimbulkan resiko infeksi juga. Oleh sebab itu, pada bagian berikut ini akan disebutkan beberapa kebiasaan buruk yang membuat gigi anda lemah dan mudah keropos.

  1. Kebiasaan Merokok Rutin

Penyebab yang pertama seseorang dapat keropos giginya adalah akibat kebiasaan merokok. Asap rokok mengandung racun yang membuat lapisan penjaga gigi terkelupas. Akhirnya gigi perlahan-lahan pun kalah dengan pengaruh racun tersebut. Gigi akan mulai terdapat plak dan plak menjadi penyebab keropos.

  1. Kebiasaan Memakan Permen Manis

Selanjutnya, permen manis adalah jenis makanan yang paling wajib untuk hindari. Jenis makanan ini sangat membahayakan untuk gigi anda. Pengaruh gula yang tinggi, perlahan-lahan akan membuat gigi rusak. Semakin besar juga peluang gigi berlubang dan akhirnya menjadi penyebab gigi keropos pada usia muda.

  1. Akibat Adanya Plak Gigi

Plak gigi dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Anda harus menghindari adanya plak gigi ini untuk dapat menghindari terjadinya gigi keropos. Pasalnya mayoritas keropos gigi diawali dengan keberadaan plak juga. Itulah sebabnya mengapa plak disebut sebagai perusak gigi yang paling utama.

  1. Akibat Pengaruh Perkembangan Bakteri

Bakteri yang berkembang di mulut pun menjadi salah satu penyebab utama gigi keropos. Bagaimana bakteri bisa masuk ke mulut dan merusak gigi anda? Jawabannya adalah karena kebiasaan buruk membiarkan sisa makanan yang menyebabkan gigi berlubang dan keropos di mulut. Anda perlu mengatasi hal ini segera untuk mengembalikan kesehatan gigi anda.

  1. Kebiasaan Jarang Menggosok Gigi

Seseorang yang jarang menggosok gigi diketahui juga sangat mudah memiliki gigi yang keropos. Pasalnya, seperti dijelaskan sebelumnya gigi berlubang akan lebih mudah muncul ketika anda jarang menggosok gigi. Lubang di gigi ini yang akan meluas kemudian menyebabkan keropos gigi anda.

Sponsors Link

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol diketahui dapat meningkatkan tingkat keasaman mulut. Akhirnya bakteri lebih mudah berkembang biak dan kemudian merusak gigi menjadi lebih cepat. Baiknya anda tidak mengonsumsi alkohol lagi karena gigi kemudian akan lebih cepat keropos karenanya.

  1. Terjadi Abrasi Gigi

Abrasi gigi atau penyurutan gusi gigi adalah juga penyebab seseorang mengalami kekeroposan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena pengaruh nutrisi kalsium yang kurang pada gigi anda. Jadi lama kelamaan gusi menjadi turun dan gigi kemudian goyah pertahanannya.

ads

Upaya Pengobatan Gigi Cepat Keropos yang Ampuh

Itulah tadi beberapa kebiasaan buruk dan kondisi mulut yang membuat gigi menjadi cepat keropos. Semoga anda semakin waspada dengan kebiasaan buruk dan kondisi mulut di atas untuk dapat menghindari gigi cepat keropos dan masalah kesehatan yang dihasilkannya. Selanjutnya, bagaimana jika anda sudah terlanjur menderita penyakit gigi keropos? Tentunya anda perlu segera melakukan upaya pengobatan. Berikut ini informasi mengenai apa saja yang dapat anda lakukan untuk mencegah gigi keropos secepat mungkin.

  • Gunakanlah Pasta Gigi yang Mengandung Flouride

Pasta gigi yang anda gunakan haruslah mengandung fluoride. Kandungan ini akan membantu menutup kembali lapisan gigi yang keropos dan mencegahnya rusak.

  • Oleskanlah Minyak Kelapa pada Gigi yang Berlubang

Ada juga bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan kesehatan gigi berlubang. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke gigi tersebut dan gigi anda kembali sehat lagi. Itulah mengapa minyak kelapa termasuk cara mengatasi gigi keropos bagian depan khususnya.

  • Kompreslah Gigi dengan Air Dingin

Air dingin perlu anda berikan dari waktu ke waktu untuk mengompres gigi. Kompres gigi dengan air dingin ini akan membuat gigi anda lebih kuat dan tidak mudah keropos lagi.

  • Minumlah Obat yang Mengandung Metampiron

Obat yang mengandung metampiron ada sangat banyak jenisnya. Gunakanlah obat jenis kandungan ini untuk membuat gigi anda hilang rasa sakitnya akibat gigi yang keropos dan berlubang.

Upaya Mencegah Gigi Keropos Datang Kembali

Jika sudah anda perlu juga mencegah gigi keropos yang datang lagi. Tentunya hal ini dapat anda lakukan dengan memberikan upaya pencegahan gigi cepat keropos yang tepat. Apa saja upaya pencegahaqn tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

  • Rajin Menggosok dan Merawat Gigi
  • Rajin Melakukan Pembersihan Plak Gigi
  • Hindari Kebiasaan Merokok
  • Hindari Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol
  • Hindari Kebiasaan Mengonsumsi Makanan yang Merusak Gigi

Demikianlah informasi mengenai penyebab gigi cepat keropos dan apa yang dapat anda lakukan untuk mengobati serta mencegahnya kambuh kembali. Informasi di atas diharapkan dapat membuat anda semakin waspada dengan kesehatan gigi. Jangan sampai anda merasa kurang percaya diri karena rusaknya gigi anda dan kemudian keropos tidak terkendali. Selamat menggunakan informasi ini!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi