Sponsors Link

8 Penyebab Gigi Cepat Kuning : Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Penyebab gigi cepat kuning harus anda waspadai mulai dari sekarang. Pasalnya, gigi yang kuning ini banyak menimbulkan masalah dan gangguan kesehatan untuk anda. Jangan anggap sepele gigi yang menguning sebagai perubahan warna gigi tanpa penyebab.

ads

Faktanya, ada banyak pemicu dari gigi cepat kuning yang lalai diwaspadai dan akhirnya menimbulkan permasalahan gigi. Anda tentu tidak mau termasuk dalam orang orang yang menderita kerusakan gigi seperti gigi yang menguning ini. Itulah sebabnya, pada bagian di bawah ini akan dijelaskan segala informasi terkait gigi yang cepat kuning.

Sebelum membicarakan dan memaparkan fakta terkait gigi cepat kuning, tentu anda perlu mengetahui dahulu apa kondisi yang disebut dengan gigi yang cepat menguning. Saat baru saja tumbuh, warna asli dari gigi seseorang adalah putih pucat.

Namun, seiring berjalannya waktu gigi yang putih ini perlahan lahan memudar dan menjadi kuning warnanya. Bahkan perubahan warna gigi ini kemudian akan berujung pada gigi yang menghitam dan mengganggu penampilan anda keseluruhan. Tentu anda tidak ingin mengalaminya kan?

Anda perlu mengetahui apa saja penyebab gigi cepat kuning ini untuk anda menghindarkan diri anda dari resikonya. Apa saja penyebab penyebab dari gigi yang cepat menguning tersebut? Informasinya dapat disampaikan pada bagian berikut ini.

Penyebab Gigi Cepat Kuning Dialami Masyarakat

Suatu kondisi gangguan kesehatan gigi pasti memiliki pemicu yang dikenal dengan istilah penyebab. Berbagai kondisi dapat menjadi penyebab gigi yang cepat kuning ini. Setidaknya ada 8 penyebab yang perlu anda ketahui dan pelajari apakah penyebab itu pernah terjadi pada anda? Jika iya, maka segeralah antisipasi kemungkinan gigi anda menguning nantinya.

  1. Kebiasaan Merokok dan Mengonsumsi Kopi

Rokok dan kopi adalah konsumsi pada manusia yang sangat mudah menyebabkan gigi menguning. Seperti diketahui memang sudah cukup banyak pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut. Untuk rokok pengaruh asap dan racunnya yang mengenai gigi, begitu juga dengan kopi yang melekat di gigi terlalu sering yang menjadi penyebab utamanya.

  1. Kebiasaan Jarang Menggosok Gigi

Setelah selesai makan dan anda tidak menggosok gigi, kebiasaan ini akan menjadi penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat dengan semakin mempercepat gigi anda menguning. Jadi pastikan untuk menghindari kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang.

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol pun dapat menyebabkan gigi menguning. Pasalnya, alkohol akan membuat tingkat keasaman dari mulut meningkat dan bakteri penyebab gigi menguning lebih cepat berkembang biak.

  1. Kebiasaan Melakukan Bleaching Gigi

Anda tentu ingin terlihat cantik dengan gigi putih hasil dari bleaching gigi. Namun, tahukah anda bahwa perlakuan bleaching gigi yang sering ini dapat membuat lapisan gigi menipis dan warna aslinya hilang sehingga menguning.

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Soda

Konsumsi soda selanjutnya juga harus anda waspadai. Diketahui bahwa soda termasuk makanan yang membuat gigi kuning karena dapat meningkatkan asam lambung dan masuk ke mulut sehingga mempengaruhi gigi menjadi lebih cepat kuning dari normalnya.

  1. Faktor Genetik

Diketahui bahwa seseorang dengan keturunan keluarga yang memiliki gigi berwarna kuning, memiliki kemungkinan gigi yang kuning dengan lebih cepat daripada orang lainnya.

  1. Faktor Penyakit yang Idapnya

Ada beberapa jenis penyakit dalam tubuh manusia yang dapat ditandai dengan menguningnya gigi. Jadi jangan anggap sepele keadaan gigi menguning ini lagi.

Sponsors Link

Karena mungkin saja keadaan tersebut adalah tanda bahwa ada penyakit di tubuh yang tidak anda ketahui.

  1. Faktor Interaksi dengan Klorin

Interaksi dengan klorin yang terlalu tinggi diketahui sangat mungkin mempercepat gigi menguning. Itulah mengapa perenang biasanya memiliki gigi yang lebih cepat rusak dibandingkan para atlet lainnya.

Demikianlah tadi sedikitnya 8 penyebab gigi cepat kuning yang harus anda waspadai. Sebisa mungkin anda harus menghindarinya untuk tidak mengalami gigi yang menguning lebih cepat. Jika sudah terlanjur terjadi, maka sebaiknya anda segera melakukan upaya pengobatan gigi cepat kuning seperti dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Upaya Mengobati Gigi yang Cepat Kuning

Anda dapat segera mengatasi gigi anda yang menguning, sebelum terlanjur berubah warna menjadi hitam. Upaya memperbaiki warna gigi ini dapat dilakukan dalam berbagai cara sesuai dengan keinginan anda. Setidaknya berikut ini beberapa upaya dan cara mengatasi gigi kuning dengan memutihkan kembali gigi yang kuning tersebut.

  • Membiasakan Gosok Gigi dengan Rutin dan Benar

Gosok gigi harus anda biasakan agar rutin. Selain itu, ketahuilah bahwa cara menggosok gigi yang tepat adalah dari atas ke bawah bukan kanan ke kiri.

  • Menggunakan Khasiat Baking Soda

Baking soda memiliki kandungan yang baik untuk mempercepat proses membersihkan gigi yang menguning. Anda dapat menggunakan baking soda ini sebagai pengganti pasta gigi juga.

Sponsors Link

  • Menggunakan Khasiat Kulit Jeruk

Kulit jeruk sangat kaya akan vitamin C. Itulah sebabnya, anda disarankan menggunakan kandungan vitamin C ini untuk memutihkan kembali gigi anda yang telah kuning.

  • Mengonsumsi Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt dipercaya juga mampu mengangkat warna kuning pada gigi, jika dikonsumsi dengan rutin. Konsumsi susu dan yogurt ini pun tergolong mudah karena dapat dibeli di mana saja pun juga baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana untuk anda yang masih memiliki gigi yang sehat dan tidak menguning? Selain anda harus bersyukur dengan keadaan tersebut, anda pun harus melakukan upaya perawatan dengan pencegahan gigi cepat kuning. Anda tentu penasaran apa saja upaya pencegahan yang dapat anda lakukan. Oleh sebab itu, simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

Melakukan Pencegahan Gigi Cepat Kuning

Bagi anda yang setelah mengetahui apa saja penyebab dari gigi kuning tadi dan merasa khawatir dengan kondisi gigi anda saat ini. Tentunya anda harus segera melakukan upaya pencegahan terbaik untuk gigi anda tidak menjadi cepat kuning. Simak penjelasan cara mencegah gigi kuning pada bagian di bawah ini.

  • Jangan Pernah Malas Menggosok Gigi
  • Jangan Pernah Merokok
  • Jangan Candu Mengonsumsi Kopi juga Alkohol
  • Jangan Terlalu Sering Gigi Terkena Klorin

Itulah tadi seluruh informasi yang dapat disampaikan terkait penyebab gigi cepat kuning, pengobatannya, dan juga pencegahannya. Bagaimana menurut anda mudah sekali tentunya dapat mencegah gigi kuning. Hal ini akan menjaga anda dari berbagai masalah kesehatan dan penampilan yang mungkin disebabkan oleh gigi yang menguning. Jadi jangan tunggu lama lagi, selalu lindungi kesehatan gigi anda mulai dari sekarang.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini