Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Cepat Rusak dan Tidak Kuat – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyebab gigi cepat rusak adalah berbagai kebiasaan yang sering dilakukan manusia yang membuat gigi tidak kuat dan pertahanannya gampang dirusak. Saat ini semakin banyak orang yang mengalami gigi ompong bahkan di saat usianya masih belum terlalu tua.

ads

Belum lagi kerusakan gigi lain seperti munculnya karang, berlubang, dan berulat. Berbagai kerusakan gigi tersebut kemudian menjadi penyebab gigi cenat cenut yang sering dikeluhkan masyarakat. Ada banyak keinginan untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk mengobati serta mencegah penyebab gigi cepat rusak tersebut.

Gigi dapat cepat rusak karena adanya pengaruh internal ataupun eksternal yang membuat pertahanan gigi menjadi melemah. Pengaruh internal dan eksternal yang membuat gigi cepat rusak inilah yang disebut dengan penyebab atau pemicunya.

Sayangnya, informasi mengenai penyebab gigi cepat rusak ini kurang diketahui di dalam masyarakat. Jadi anda sebaiknya melakukan upaya untuk mengetahui apa saja penyebab gigi rusak dengan lebih cepat. Berikut ini kumpulan informasi mengenai penyebab penyebab gigi anda lebih cepat rusak.

Penyebab Gigi Cepat Rusak dan Tidak Kuat

Rusaknya gigi diketahui akan membuat banyak masalah dan tanda tanda muncul pada gigi anda. Seperti disebutkan sebelumnya ada dua jenis penyebab gigi rusak ini. Penyebab internal dan eksternal dari gigi yang rusak ini akan dijelaskan dalam 5 penyebab utamanya berikut ini.

  1. Kebiasaan Merokok Secara Rutin

Rokok dan asap yang mengenai gigi anda memberikan efek rusaknya lapisan penjaga gigi. Akhirnya, gigi pun perlahan lahan dapat menjadi menghitam pun juga berlubang akibat pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut anda.

  1. Kebiasaan Jarang Menggosok Gigi

Selanjutnya, seseorang yang jarang menggosok gigi pun kemudian akan memiliki gigi yang lebih cepat rusak. Pasalnya sisa sisa makanan akan membuat gigi anda berlubang, keropos, lalu rusak total. Itulah mengapa pentingnya menggosok gigi perlu diketahui setiap orang.

  1. Keadaan Gigi yang Lapisannya Tidak Tebal

Terkadang faktor internal dari diri anda di mana lapisan gigi tidak tebal adalah salah satu penyebab juga gigi anda menjadi lebih mudah rusak. Anda perlu merawat gigi yang tidak kuat ini sejak dini, untuk dapat meminimalisir kerusakannya.

  1. Keadaan Gigi yang Banyak Plak dan Karang Gigi

Plak dan karang pada gigi anda diketahui dapat menjadi penyebab utama gigi seseorang rusak parah. Khususnya ketika plak dan karang gigi tersebut tidak pernah anda rawat menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

  1. Pengaruh Konsumsi Alkohol dan Makanan Mengandung Gula atau Tepung

Konsumsi alkohol dan makanan yang mengandung gula dan tepung pun menjadi salah satu penyebab gigi rusak yang harus anda waspadai mulai dari sekarang. Pastikan untuk menghindarinya sebisa mungkin.

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada setidaknya 5 penyebab gigi cepat rusak yang sekaligus juga menjadi penyebab gigi cenat cenut atau penyebab gigi cepat keropos. Setelah mengetahui penyebabnya tersebut, kali ini akan disampaikan apa yang dapat anda lakukan untuk mengobati gigi yang sudah terlanjur cepat rusak tadi. Tahukah anda apa saja obat untuk gigi yang cepat rusak?

Sponsors Link

Pengobatan untuk Gigi yang Cepat Rusak

Gigi yang cepat rusak harus segera anda tanggulangi dengan cara pengobatan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan dari gigi anda tersebut. Semakin cepat dan tanggap anda mengobatinya, maka semakin kecil juga resiko kerusakan dari gigi anda tadi. Berikut ini setidaknya beberapa cara pengobatan untuk menanggulangi gigi yang rusak.

  • Jika Ada Lubang Kecil, Segera Tambal

Gigi yang rusak berupa lubang kecil, tentulah cara mengobati gigi berlubang adalah dengan menambal gigi tersebut sesegera mungkin.

  • Jika Lubang Telah Besar dan Membusuk, Cabut Ketika Tidak Sakit

Namun, dalam kondisi lubang yang telah terlalu besar juga membusuk, jalan lain adalah mengonsumsi obat agar tidak sakit dan kemudian dapat dicabut.

  • Jika Berkarang, Lakukan Proses Scaling Untuk Membersihkannya

Keadaan gigi yang berkarang ada di gigi anda, maka anda sebaiknya membersihkan gigi dengan proses scaling secara rutin.

  • Jika Berantakan, Gunakan Kawat Gigi Untuk Merapikan

Dalam kasus di mana gigi anda berantakan yang menjadi sumber kerusakan, maka anda sebaiknya menggunakan kawat gigi untuk merapikan dan meminimalisir kerusakan gigi anda akibat penyebab gigi berantakan ini.

Sponsors Link

  • Jika Kuning, Lakukan Perawatan Memutihkan

Gigi yang menguning pun diketahui dapat menimbulkan banyak penyakit. Penyakit ini dapat anda cegah dengan melakukan perawatan untuk mengembalikan kesehatan gigi anda.

Demikianlah informasi mengenai apa saja bentuk pengobatan untuk gigi cepat rusak dalam berbagai bentuk. Gunakan informasi di atas untuk segera mengatasi berbagai masalah kesehatan gigi anda. Namun, untuk anda yang masih memiliki gigi yang sehat maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan pencegahan gigi yang rusak. Pencegahan gigi yang rusak ini dapat dilakukan dalam beberapa cara di bawah ini.

Upaya Pencegahan Gigi Cepat Rusak

Gigi yang masih kuat harus anda cegah agar tidak mudah rusak. Pencegahan kerusakan gigi ini tidak mudah untuk dilakukan tanpa adanya niat dan tekat. Anda harus rutin merawat gigi anda agar tidak mudah rusak. Apa saja bentuk pencegahan gigi rusak tersebut? Simak beberapa di antaranya berikut ini.

  • Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Flouride
  • Membersihkan Gigi dengan Rutin dan Benar
  • Menggunakan Pelindung Gigi Belakang (Dental Sealant)
  • Membersihkan Gigi dengan Flossing
  • Membersihkan Mulut dengan Mouthwash

Akhirnya anda pun dapat mencegah penyebab gigi cepat rusak dan mengetahui apa saja upaya pengobatan dan pencegahannya. Anda diharapkan dapat segera melakukan upaya pengobatan gigi rusak ini dengan efektif. Jikalau anda masih percaya diri dengan kesehatan gigi anda, maka cobalah untuk secara tekun melakukan perawatan untuk menghindarkan gigi anda dari kerusakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi