Sponsors Link

10 Penyebab Gigi Depan Bawah Sakit – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Pernahkan anda merasakan gigi depan bawah sakit luar biasa? Pada dasarnya gigi merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki lapisan sangat kuat. Dimana bagian tersebut langsung terhubung dengan saraf sehingga memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi. Banyak masalah yang seringkali dikeluhkan akibat gigi yang terasa sakit, seperti gigi berlubang, ngilu tiba-tiba, hingga rasa sakit di bagian gigi depan yang sangat mengganggu.

ads

Jika anda pernah mengalami rasa sakit di bagian gigi depan bawah kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan adanya kerusakan gigi di bagian tersebut. Kerusakan gigi dapat dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perawatan gigi yang kurang dijaga. Namun di samping itu, masih ada beberapa penyebab lain gigi depan bawah sakit tiba-tiba. Berikut adalah penyebab gigi depan bawah sakit beserta cara merawat dan pencegahannya yang dapat anda ketahui.

  1. Terjadinya Karies (Lubang) Pada Gigi Depan

Gigi depan bawah yang terasa sakit dapat disebabkan oleh karies atau lubang yang terjadi pada bagian tersebut. Selain rasa sakit biasanya karies akan menjadi penyebab gigi dan gusi ngilu. Hal tersebut dikarenakan adanya rangsangan berlebih yang masuk ke dalam lubang sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu bahkan rasa sakit yang teramat sangat.

  1. Terjadinya Trauma Oklusi Pada Gigi Depan

Jika bagian gigi depan bawah sakit hal tersebut juga dapat disebabkan adanya trauma oklusi akibat terjejalnya bagian gigi dengan makanan yang anda konsumsi. Biasanya hal tersebut terjadi akibat gigitan makanan yang sangat keras sehingga bagian gigi depan akan mengalami rasa sakit.

Oklusi pada gigi depan bawah juga dapat ditandai dengan terjadinya abses gusi. Hal tersebut dikarenakan gusi mengalami penurunan. Selain itu, pelekat yang menyambungkan antara gigi dan gusi juga mengalami kendur sehingga menyebabkan gigi goyang yang menyebabkan rasa sakit di bagian tersebut.

  1. Penumpukan Plak Gigi

Terjadinya penumpukan plak pada gigi depan juga menjadi penyebab gigi depan bawah sakit. Sisa makanan yang terus menempel pada gigi depan menjadi sasaran bakteri yang dapat merusak email gigi. Jika hal tersebut dibiarkan tentu email akan terkikis sedikit demi sedikit yang menyebabkan perlindungan pada gigi menjadi berkurang.

  1. Dari Makanan yang Dikonsumsi

Pengkonsumsian makanan yang beraneka ragam seringkali menimbulkan masalah baru pada gigi. Makanan yang dapat merusak gigi dan bersifat keras, lembek, lentur, bahkan kenyal juga dapat menyebabkan gigi depan anda terasa sakit akibat kunyahan yang sangat keras.

  1. Penggunaan Obat kumur yang Salah

Obat kumur memang dapat memberikan kesegaran di araea mulut dan menjadi cara untuk menghilangkan bau mulut. Namun apabila obat kumur yang anda gunakan kurang tepat bahkan memiliki kualitas yang abal-abal tentu dapat menimbulkan masalah dan bahaya obat kumur seperti gigi depan bawah yang terasa sakit.

  1. Gusi Depan yang Mengalami Peradangan

Peradangan pada gusi seringkali disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah. Hal tersebut akan menyebabkan bagian dentin gigi akan terpapar yang menyebabkan bagian gusi terbuka sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian tersebut. Hal yang lebih parah lagi gusi akan mengalami kemerahan,  sehingga terjadi trauma mekanis yang menyebabkan gigi depan terasa sangat sakit.

Sponsors Link

  1. Gigi Retak

Penyebab gigi depan bawah sakit juga dapat ditimbulkan adanya keretakan pada bagian tersebut. Keretakan pada gugi dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti, gigitan benda keras, benturan, kecelakaan, hingga teknik menguyah yang sangat keras. Jika pada bagian gigi terjadi keretakan tentu hal tersebut akan terasa sakit terutama ketika digunakan untuk mengunyah makanan. Selain rasa sakit, seringkali juga menimbulkan rasa sakit di gigi retak dan ngilu.

  1. Pengeboran Gigi

Teknik pengeboran gigi ditujukan untuk mempercantik bagian gigi yang kurang rata atau menyeimbangkan bagian gigi yang mengalami ompong separo. Biasa teknik pengeboran gigi seperti ini juga akan menimbulkan beberapa efek samping, seperti rasa sakit dan ngilu. Jika pengeboran anda lakukan di bagian gigi depan bawah tentu rasa sakit akan anda rasakan di bagian tersebut.

ads

  1. Pemasangan Behel

Pemasangan behel seringkali menjadi penyebab gigi depan bawah sakit saat digunakan untuk menggigit makanan yang bersifat keras. Untuk masalah seperti ini sebaiknya anda bisa memilih makanan yang cocok untuk pengguna behel pemula. Bagi anda yang menggunakan behel dan merasa ngilu maka anda juga harus mengetahui cara mengatasi gigi ngilu karena behel karena jika tidak langsung diatasi maka anda akan merasakan ngilu yang berkepanjangan.

  1. Gigi Akan Lepas

Gigi tanggal atau gigi lepas seringkali juga menimbulkan rasa sakit. Hal ini disebabkan adanya akar gigi yang tidak terangkat secara sempurna. Jika yang lepas adalah bagian gigi depan bawah tentu rasa sakit pun juga akan anda rasakan pada bagian tersebut.

Cara Mengatasi

Penyebab gigi depan bawah sakit memang sangat beragam, biasanya rasa sakit akan berbeda-beda tergantung dari penyebab yang dialami. Namun, untuk mengurangi rasa sakit di gigi depan bawah, anda bisa melakukan cara di bawah ini. Berikut cara mengatasi rasa sakit di gigi depan bawah yang efektif:

  • Gunakan air garam sebagai obat sakit gigi berlubang yang dapat menghilangkan rasa sakit di bagian gigi depan bawah.
  • Cobalah untuk mengkompres dengan es batu bagian gigi yang terasa sakit. Jika sakitnya menyebar ke bagian pipi, maka anda bisa mengomreskan es batu di bagian tersebut.
  • Cara mengatasi gigi depan bawah sakit juga dapat anda lakukan dengan penggunaan obat antinyeri topika, obat sakit gigi berlubang dan ngilu, misalnya salep khusus gigi nyeri, obat semprot gigi dengan kandungan Benzocain, atau lain sebagainya.
  • Bersihkan gigi dengan dental floss atau benang gigi jika terjadi menumpukan sisa makanan yang menyebabkan gigi depan bawah sakit

Cara Pencegahan

Selain cara mengatasi gigi depan bawah yang sakit, anda juga dapat melakukan pencegahan agar gigi depan anda tidak mengalami rasa sakit untuk yang kedua kalinya. Berikut adalah cara mencegah rasa sakit gigi depan bawah yang dapat anda lakukan dengan mudah:

  • Rutin menggosok gigi 2 – 3 kali dalam sehari. Sebaiknya lakukan penggosokan gigi di pagi dan di malam hari sebelum tidur dan perhatikan cara menyikat gigi dengan benar.
  • Jika sebelumnya gigi depan bawah sudah terasa sakit, maka sebaiknya lakukan penggosokan dengan cara yang sangat pelan. Anda bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang sangat halus. Selain itu, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi nyeri atau sakit.
  • Hindari makanan penyebab gigi ngilu yang juga dapat menyebabkan gigi terasa sakit, seperti makanan yang keras, lembek, manis, panas, dingin dan sebagainya.
  • Rutin melakukan perawatan ke dokter gigi untuk mengkonsultasikan keluhan-keluhan dan masalah gigi yang anda alami.

Penyebab gigi depan bawah sakit memang sangat beragam, jika rasa sakit yang anda alami cukup parah hingga mengganggu aktivitas anda. Maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis gigi langganan anda untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi