Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Tidur dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mengalami masalah gigi geraham bungsu tumbuh tidur? Gigi gerahan bungsu adalah jenis gigi geraham yang tumbuh paling akhir. Gigi ini juga sering disebut dengan gigi molar ketiga yang mana tumbuhnya pada usia remaja atau dewasa muda sekitar 17 – 25 tahun. Pada dasarnya gigi geraham dan fungsinya ini tidak sama dengan pertumbuhan gigi permanen lainnya. Dimana pada pertumbuhannya sudah tidak ada ruang di gusi untuk menempatkan gigi geraham di posisi semestinya. Hal inilah yang menjadi penyebab gigi gerahan bungsu tumbuh miring.

ads

Gigi geraham bungsu adalah gigi yang tumbuh di bagian rahang belakang kanan kiri atas dan kanan kiri bawah. Pada kondisi normal, gigi ini bisa tumbuh sebagaimana gigi permanan lainnya yang tanpa memberikan efek samping. Namun sebagian kondisi, gigi geraham bungsu justru tumbuh tidak sebagaimana mestinya yang menimbulkan adanya rasa sakit dan ngilu pada gigi yang begitu hebat. Berikut penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang disertai rasa sakit.

  1. Cara Perawatan Gigi yang Salah

Penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur sering dikaitkan dengan cara perawatan gigi yang salah sedari dini. Dimana perawatan gigi yang salah akan menyebabkan struktuk dan komponen pembentuk gigi pun akan berubah dan hal tersebut dapat menjadi masalah baru akan kemunculan gigi bungsu geraham yang tidak pada tempatnya. Selain itu juga menyebabkan gigi geraham goyang sakit.

  1. Tidak Adanya Ruang yang Cukup Untuk Tumbuhnya Gigi Bungsu

Saat tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh, biasanya gigi ini akan menjejal di bagian gusi yang paling belakang. Biasanya permasalahan yang paling umum terjadi adalah tidak terlalu banyaknya ruang untuk meletakan gigi geraham bungsu dibagian gusi belakang sehingga posisinya akan membengkok bahkan tidur. Jika hal ini sudah terjadi tentu bentu dan struktur gigi geraham bungsu pun tidak rapi dan justru menimbulkan rasa sakit di area sekitarnya. Jika hal tersebut terjadi silahkan konsumsi obat sakit gigi berlubang dan ngilu.

  1. Adanya Permasalahan Pada Organ Gigi dan Mulut

Permasalahan pada organ gigi dan mulut juga bisa menjadi penyebab gigi bungsu tidur tak beraturan. Adanya masalah seperti gigi tonggos parah atau posisi gigi yang terlalu maju ke depan pun sering kali menyebabkan posisi susunan gigi geraham bungsu berubah dari posisi umumnya. Permasalahan lain juga dapat disebabkan oleh pemasangan behel yang menggeser posisi gigi lain untuk menempati ruang gigi bungsu geraham ini.

  1. Bentuk dan Susunan Gigi yang Tidak Rapi

Bentuk dan struktur gigi yang kurang rapi baik itu terlalu maju atau justru terlalu masuk ke dalam pun seringkali menjadi penyebab gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi. Dimana letak dan posisi gigi yang seharusnya menempati ruang gusi yang disedaiakan, menjadi lebih sempit akibat bentuk dan susunan gigi yang berantakan.

Baca juga:

  1. Faktor Makanan dan Minuman

Dalam studi yang dilakukan oleh dokter ahli gigi Dr. Anitha Anchan yang dilakukan di Health India menyebutkan bahwasanya faktor makanan yang dapat merusak gigi dan minuman juga dapat menjadi penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang menyebabkan susunannya menjadi tidak rapi. Hal ini juga diperkuat dengan bentuk rahang keturunan nenek moyang yang memiliki bentuk lebih besar dengan susunan gigi yang lebih padat.

Bentuk rahang yang besar disebabkan karena seringnya seseorang mengunyah makan-makanan yang bersifat keras, seperti daging, daun, buah, dan beberapa makanan bersifat keras lainnya. Jika hal ini terus dilakukan maka bentuk rahang akan semakin membesar dan menyebabkan ruang untuk gigi geraham bungsu pun menjadi lebih sempit. Gantilah dengan konsumsi makanan yang menyehatkan gigi.

Sponsors Link

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Geraham Bungsu yang Tumbuh Tidur?

Sebagian besar kasus dari permasalahan gigi geraham yang tumbuh tidur dipecahkan dengan jalan operasi bedah. Operasi bedah gigi geraham bungsu tidak perlu dilakukan dalam waktu dekat. Karena apabila pasien mengalami rasa sakit saat kemunculan gigi geraham, pihak dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada masalah dipertumbuhan gigi geraham bungsu ataukah tidak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan di bagian gigi lainnya. Selain itu, metode ini juga dapat menjadi cara mencabut gigi geraham yang sudah goyang.

Biasanya prosedur rontgen pada bagian gigi gerahan sangat membantu dokter untuk memutuskan apakah harus dilakukan tindakan pembedahan ataukah tidak. Jika memang struktur gigi tidak memungkinkan untuk ditempati gigi geraham bungsu. Tentu jalan operasi harus dilakukan untuk menghindari terjadinya pertumbuhan gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang dapat melukai bagian lain. (Baca juga: efek gigi geraham tumbuh).

Tindakan operasi bedah gigi geraham bungsu akan dilakukan selama beberapa menit bahkan hingga beberapa jam. Tergantung dari struktur gigi geraham yang dimiliki pasien. Sebelum tindakan operasi dilakukan, setiap pasien akan di berikan bius lokal untuk mengurangi rasa sakit akibat tindakan operasi yang dilakukan. Setelah itu pembedahan akan dilakukan dengan mengangkan gigi geraham yang tumbuh tidur untuk dikeluarkan terlebih dahulu. Kemudian bagian gusi akan dibenahi dan dijahit untuk mengembalikan strukturnya.

Sponsors Link

Dari serangkaian tindakan medis yang dilakukan, tentu operasi bedah gigi geraham bungsu ini membutuhkan waktu hingga beberapa hari bahkan hitungan minggu. Biasanya juga setiap pasien akan obat pereda rasa sakit dan linu akibat pembedahan di area gusi. Selain itu, beberapa tindakan juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pasca operasi gigi geraham bungsu, seperti:

  • Kompres dengan air es jika terjadi pembengkakan di area sekitar gusi.
  • Istirahan yang cukup dan hindari kegiatan yang berat dan melelahkan.
  • Konsumsi makanan dengan tekstur yang lembuh dan hindari makanan penyebab gigi ngilu.
  • Sebaiknya jangan menyikat gigi dahulu karena dapat menimbulkan pendarahan di area gusi. Anda bisa menggantinya dengan berkumur dengan air bersih saja.
  • Hindari minuman beralkohol, kebiasaan merokok, penggunaan obat kumur (bahaya obat kumur), selama waktu yang ditentukan.
  • Patuhi segala aturan dan larangan ynag diberikan oleh dokter anda.

Pencegahan

  • Rawat gigi anda sedari dini. Bagi para orang tua sangat penting sekali untuk menerapkan perawatan gigi rutin pada anak agar kelak dewasa nanti gigi tidak terlalu banyak mengalami masalah.
  • Rutin menyikat gigi minimal 2 – 3 hari sekali di pagi, siang, dan malam hari. Perhatikan cara menyikat gigi dengan benar.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi spesialis secara berkala.

Tumbuhnya gigi geraham bungsu menjadi salah satu kondisi yang harus anda perhatikan. Segera konsultasikan pada dokter spesialis gigi anda jika gigi geraham bungsu tumbuh tidur atau miring hingga menimbulkan rasa sakit di bagian lainnya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi