Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Gingsul dan Dampaknya

Sponsors Link

Gigi gingsul terkadang dianggap unik untuk sebagian orang. Namun dilema gigi gingsul bisa terjadi pada saat menimbulkan efek kurang baik di struktur gigi dan sakit pada area mulut serta rahang. Berikut ini akan kami berikan ulasan tentang penyebab gigi gingsul, pengaruh dan cara penanganan yang paling tepat.

ads

Apakah Gigi Gingsul?

Gingsul merupakan gigi taring yang terlambat tumbuh sehingga dibutuhkan cara merapikan gigi gingsul di mana dalam kondisi normal gigi taring butuh waktu tumbuh sekitar 10 bulan dari jarak lepasnya gigi taring dari gigi susu hingga tumbuh gigi taring permanen.

Berbeda dengan jarak tanggal gigi yang lain tiak butuh waktu lama untuk berganti. Sesudah lepas dati tempatnya, maka bisa langsung ditempati dengan gigi baru.

Gigi taring yang telat tumbuh tersebut terjadi karena fase pergantiannya yang lama sehingga tempat gigi taring yang baru akan ditempati dengan gigi lain di sekitarnya. Kemudian ketika gigi taring mulai muncul ke permukaan, maka tempatnya sudah terpakai. Karena gigi taring tersebut tetap harus keluar ke permukaan, maka terbentuk kelainan posisi yang disebut dengan gigi gingsul dan masalah dari gigi gingsul bisa terjadi.

Penyebab Gigi Gingsul

Gigi gingsul bisa terjadi karena gigi susu yang tanggal prematur  dan bisa juga terjadi karena bersentuhan dengan benda keras atau kecelakaan. Gigi susu yang tanggal prematur tersebut tetap akan tumbuh sehingga penjejalan terjadi. Selain itu, faktor keturunan dan kurang gizi juga bisa menjadi penyebab gigi gingsul terjadi.

Pada istilah kedokteran gigi, posisi tersebut dinamakan dengan ektopik atau menonjol dan sebenarnya semua gigi berpotensi mengalami ektopik atau gingsul, namun gigi taring menjadi salah satu dari macam macam gigi yang paling sering mengalami gingsul. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan gigi gingsul, seperti:

1. Kebiasaan Menghisap Jempol

Ada cukup banyak anak anak yang menghisap jempol mereka ketika masih kecil. Hal ini bisa berpengaruh pada pertumbuhan gigi yang tidak baik. Tatanan gigi nantinya akan mengalami dorongan tidak alami sehingga gingsul pada taring bisa terjadi.

Dalam beberapa kasus, kebiasaan buruk tersebut bahkan bisa menyebabkan gigi tonggos yang tentu akan mengganggu enampilan anak ketika sudah mulai beranjak dewasa.

2. Kebiasaan Menekan Gigi Dengan Lidah

Meski terlihat lunak, namun lidah termasuk bagian tubuh yang kuat. Pada saat anda memberikan tekanan pada gigi dengan lidah secara berulang ulang, maka gigi bisa bergeser dari posisinya. Pada kenyataannya, banyak anak kecil yang senang melakukan hal ini sehingga ciri ciri gigi akan gingsul bisa terjadi.

3. Gigi Pertama Lebih Cepat Tanggal

Gigi yang pertama kali atau ciri ciri gigi susu tumbuh ketika masih bayi secara alami akan tanggal apabila sudah siap digantikan dengan gigi dewasa. Namun sayangnya, ada beberapa kasus yang membuat gigi pertama tanggal lebih cepat dari waktu normal yang akhinya membuat pertumbuhan gigi dewasa tidak berada di posisi yang tepat.

4. Gigi Dewasa Tumbuh berlebihan

Terkadang, jumlah gigi dewasa bisa tumbuh berlebihan dari yang seharusnya. Contohnya adalah geraham bungsu di ujung rahang serta gigi di posisi lain yang akhirnya menyebabkan tatanan gigi terdesak dan gigi gingsul terjadi.

5. Ukuran Gigi Terlalu Besar

Jika anda memiliki riwayat keluarga yang mempunyai gigi besar dan rahang cenderung kecil, maka ini bisa menimbulkan masalah pada tatanan gigi dan menyebabkan gigi gingsul dan bahaya gigi gingsul bisa terjadi.

Sponsors Link

Dampak Gigi Gingsul

Gigi gingsul bisa berdampak negatif serius jika tidak segera diperbaiki seperti bisa menimbulkan impaksi gigi. Impaksi gigi sendiri merupakan gigi yang tidak tumbuh dengan baik sehingga akan terasa sangat menyakitkan. Jika dilihat dari posisi, maka gigi yang mendorong bahkan bisa menumpuk pada beberapa susunan gigi yang lainnya.

Selain impaksi, kesulitan saat membersihkan gigi juga bisa terjadi sehingga kotoran susah dibersihkan dan masalah gigi berlubang tidak bisa dihindari.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi