Sponsors Link

3 Penyebab Gigi Goyang Pada Anak Serta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Alangkah baiknya jika sejak balita orang tua sudah membiasakan anak untuk disiplin membersihkan gigi mereka, karena hal ini akan berdampak pada kesehatan gigi mereka hingga dewasa. Jika kita perhatikan di sekitar kita, banyak sekali anak – anak dengan gigi susu yang rusak, hitam  – hitam, berlubang, keropos, bahkan tanggal sebelum waktunya. Padahal gigi susu memegang peranan yang sangat penting di dalam pertumbuhan gigi permanen.

ads

Gigi susu memiliki fungsi yang sangat penting yaitu, sebagai pemandu gigi permanen untuk tumbuh sesuai posisinya pada lengkung rahang. Bila gigi susu rusak parah lama – kelamaan akan copot dengan sendirinya atau harus dicabut. Hal ini akan menyebabkan gigi permanen kehilangan pemandu untuk tumbuh keluar dari gusi. Semua itu berdampak pada gigi permanen yang akan tumbuh diluar lengkung rahang dan akan berakibat gigi permanen miring atau bertumpuk.

Berikut ini kita akan membahas penyebab gigi goyang pada anak – anak, cara mengatasi dan mencegahnya.

Penyebab Gigi Goyang

Ada beberapa penyebab gigi goyang pada anak – anak, antara lain adalah:

  1. Munculnya Gigi Permanen

Pada umumnya gigi anak yang sehat akan mulai tanggal dan berganti dengan gigi permanen saat anak mencapai usia 5 atau 6 tahun. Gigi akan mulai goyang apabila gigi permanen akan atau sudah erupsi dan mendorong gigi susu tersebut. Pada kondisi ini, karena gigi susu masih melekat kuat pada gusi, maka langkah yang tepat adalah mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penaganan yang tepat. Hal ini dilakukan agar kelak gigi dewasa anak anda tumbuh dengan baik, rapi, dan sempurna.

  1. Trauma Gigi

Trauma gigi dapat disebabkan oleh jatuh atau kecelakaan. Trauma gigi dapat terjadi pada gigi susu anak ataupun pada gigi permanennya.

  • Trauma Pada Gigi Susu
    Trauma gigi karena jatuh biasanya terjadi pada anak usia balita antara 2 – 3 tahun. Pada usia ini anak sudah dapat berjalan, namun begitu masih belum stabil dan sering terjatuh, hal ini disebabkan karena koordinasi motoriknya masih dalam tahap perkembangan. Trauma yang sering terjadi adalah bergesernya gigi karena benturan pada saat anak terjatuh. Apabila terjadi gigi susu tanggal, maka anak perlu segera dibawa ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan perawatan terhadap lukanya.
  • Trauma Pada Gigi Permanen
    Trauma pada gigi permanen anak biasanya terjadi karena kecelakaan ataupun terjatuh. Pada saat anak berusia sekitar 9 – 10 tahun dimana anak mempunyai aktifitas yang sangat padat, seperti bersepeda, berolah raga, bermain bersama teman, disekolah, dan kegiatan lainnya. Jenis trauma yang terjadi biasanya adalah patahnya gigi tetap bagian depan, namun kadang kala terjadi gigi tanggal juga. Dalam hal ini sebaiknya anda segera membawanya ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  1. Karies Gigi

Penyebab yang ke tiga ini adalah yang paling umum dan sering terjadi pada anak – anak, yaitu gigi goyang karena adanya karies gigi. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis – manis, minum susu sambil tertidur dan malas menggosok gigi adalah penyebab munculnya karies gigi yang merupakan faktor utama gigi goyang dan tanggal. Biasanya diawali dengan pengeroposan atau gigi berlubang, tak jarang gigi menjadi hitam – hitam karena timbunan plak yang menjadi penyebab karang gigi hitam.

Nah beberapa penyebab gigi goyang pada anak diatas dapat anda atasi dan akan lebih baik bila dapat dicegah. Dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi dan mencegahnya.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Apabila gigi pada anak sudah mulai goyang, sebaiknya anda tidak perlu panik, dibawah ini ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam mengatasi gigi anak yang goyang:

  • Ajarkan anak untuk menggoyangkan gigi ke depan dan kebelakang dengan menggunakan lidahnya, dan beritahu anak jika merasa sakit berhentilah terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan lagi dengan senag hati, sehingga anak tidak merasa tertekan dan trauma.
  • Jangan menarik gigi dengan menggunakan tangan, karena tangan yang kotor dapat menyebabkan infeksi pada luka gusi.
  • Apabila gigi sudah sangat goyang tetapi masih belum lepas, biasanya pada keadaan ini akar gigi sudah tidak terikat kuat lagi, hanya gigi masih menempel sedikit pada gusi. Untuk keadaan ini anda dapat membantu menariknya dengan benang atau kain kasa steril.
  • Cara lain mengatasinya adalah, dengan menggunakan makanan seperti buah apel. Mintalah anak anda untuk menggigit buah, lihatlah apakah gigi goyang tersebut dapat menancap dan tertinggal pada buah tersebut.
  • Terakhir adalah mengunjungi dokter gigi anda untuk mendapatkan saran dan penanganan yang lebih baik.

Cara Mencegah Gigi Goyang

  • Disiplin Dalam Hal Membersihkan Gigi
    Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati, oleh sebab itu tanamkanlah pada diri anak anda kesadaran akan pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar. Selain itu disiplin menggosok gigi dua kali sehari, pada pagi hari sehabis sarapan dan pada malam hari saat menjelang tidur adalah hal yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi yang mengakibatkan gigi goyang dan tanggal sebelum waktunya.
    Sponsors Link

  • Mengganti Botol Susu dan Menghindari Tertidur Saat Minum Susu
    Mengganti botol susu dengan gelas atau baby cup adalah salah satu upaya mencegah gigi goyang dan tanggal sebelum waktunya. Selain itu mencegah anak tertidur pada saat sedang minum susu adalah upaya menghindari terjadinya penumpukan plak akibat sisa – sisa susu yang akan diolah menjadi asam oleh bakteri gigi.
  • Memperhatikan Pola Makan dan Rutin Mengunjungi Dokter Gigi
    Makanan yang banyak mengandung gula dapat merusak gigi yang berakibat gigi goyang dan tanggal sebelum waktunya. Oleh sebab itu perhatikanlah pola makan anak anda, gantilah makanan yang manis – manis dengan buah – buahan segar yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan gigi dan tumbuh kembang mereka. Berikan kepada anak makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi. Rutin mengunjungi dokter gigi sekurang – kurangnya 6 bulan sekali dapat mencegah gigi goyang dan tanggal sebelum waktunya. Karena melakukan perawatan rutin akan memperkuat gigi hingga pada saat yang tepat untuk tanggal dan berganti dengan gigi permanen.

Penyebab gigi goyang pada anak, cara mengatasi dan mencegahnya yang telah dibahas diatas, semoga dapat membantu anda mengatasi masalah gigi pada anak anda. Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut balita anda sejak awal sangat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang mereka. Karena buah hati kita adalah harapan masa depan bangsa.

Demikianlah artikel informatif ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Ikuti terus artikel – artikel informatif lainnya dari Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini