Sponsors Link

12 Penyebab Gigi Karries Pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sebelum Anda mengalami masalah gigi dan gejala karries gigi, alangkah baiknya mengetahui penyebab dan pencegahannya. Jangan sampai sudah terlanjut mengalami masalah tersebut sampai – sampai pada tingkatan yang serius. Berikut penyebab gigi depan berlubang dan menghitam dan pengobatannya.

ads

Selain berdampak pada kerusakan gigi yang parah, juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit lain seperti tumor, kanker dan jantung. Kelihatnnya sepele, namun jika tidak segera ditangani dengan benar, alih – alih Anda akan mengalami komplikasi penyakit akut. Salah satu penyebab Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Sakit gejala dan pengobatan.

Untuk mengetahui beberapa penyebab gigi karries pada orang dewasa, berikut ini pencetus dan faktor utamanya :

1. Kurang Menjaga Kesehatan Gigi

Salah satu faktor terjadinya karries gigi pada usia dewasa juga terjadi akibat dari malasnya menjaga kebersihan gigi. Hal ini memang terdengar sepele, namun timbulnya bakteri dan kuman gigi karena jarang menggosok gigi secara teratur, alhasil gigi akan menyisakan tumpukan bakteri dan akibatnya menjadi sarang penyakit terutama karries gigi. Penyebab sakit gigi dan kepala sebelah kiri dan cara mengatasinya.

2. Makanan Manis

Bagi Anda yang menyukai makanan manis dan gurih berlebihan, waspadailah jangan sampai makanan tersebut menimbulkan gejala karries gigi. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan pemanis buatan dan juga penyedap rasa berbahaya pada kekuatan gigi sehingga mudah terjadi gigi keropos, gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Berikut penyebab sakit gigi geraham karena goyah dan pengobatannya.

3. Minuman Bersoda, Alkohol dan Kopi

Penyebab gigi karries pada orang dewasa berikutnya yaitu terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda, minuman alkohol dan juga kopi. Karena minuman tersebut memiliki zat asam dan juga jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan karries pada gigi dan  kerusakan gigi parah. Salah satu penyebab gigi keropos pada orang dewasa yang jarang diketahui.

4. Timbunan Bakteri

Apabila timbunan bakteri terlalu menumpuk dan mengakibatkan masalah pada gigi, maka hal ini akan berdampak pada kerusakan gigi permanen. Karena bakteri yang tumbuh di bagian gigi Anda semakin lama berkembang dan menyisakan kerusakan parah, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi terutama setelah memakan makanan manis, lengket dan juga yang dapat menimbulkan sisa makanan menumpuk. Berikut penyebab gigi depan berlubang dan menghitam dan pengobatannya.

5. Timbunan Plak

Bakteri dan kuman serta sisa makanan yang menumpuk banyak pada gigi Anda, dapat menyebabkan terjadinya timbunan plak gigi. Apabila hal ini tidak dicegah dengan tindakana yang tepat, maka lambat laun hal ini menjadi masalah pada gigi Anda. Selain dapat merusak gigi juga dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang baik dan terlihat tidak sehat. Alangkah baiknya untuk selalu menjaga kebersihan gigi minimal menggosok gigi 2 kali dalam sehari dan berkumur. Penyebab gigi taring berlubang gejala dan cara mengatasi.

Sponsors Link

6. Infeksi Gigi

Apabila gangguan gigi Anda sampai pada terjadinya infeksi dan peradangan gigi, hal ini haruslah diwaspadai. Karena pencetus terjadinya karries gigi salah satunya yaitu terjadinya infeksi pada gigi, semakin gigi yang terinfeksi tidak ditangani dan diobati dengan benar, maka alhasil menimbulkan jaringan dan email gigi menjadi rusak dan juga menjadi gigi lekas berlubang, dan akhirnya lepas. Penyebab dan gejala gigi geraham bungsu tumbuh sakit  dan pengobatan.

ads

7. Bentuk Gigi

Salah satu bentuk gigi terutama komposisi gigi setiap orang berbeda – beda, jika Anda memiliki riwayat gigi yang tidak sehat tentu hal ini dapat mempengaruhi terjadinya karries gigi dini. Karena email dan dentin gigi yang rentan terhadapa kerusakan gigi, sehingga menimbulkan gigi lekas menjadi keropos dan akhirnya menjadi gigi tanggal atau gigi bolong. Hal ini lebih baik berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan solusi pengobatan terbaik dan juga berkala. Beberapa penyebab gigi cepat keropos  pengobatan dan pencegahan.

8. Riwayat Penyakit Gigi

Bagi Anda yang sebelumnya memiliki riwayat gigi bermasalah seperti gigi tumbuh jarang, atau masalah gigi lain tentu hal ini juga dapat menjadi penyebab timbulnya karries gigi. Jika hal tersebut tidak ditangani dengan berkonsultasi ke dokter gigi maka dampaknya akan semakin cepat membuat kerusakan pada gigi Anda, apalagi riwayat turunan sulit untuk smebuh secara total. Penyebab gigi hipersensitif cara mengobati dan pencegahan.

9. Masalah Gusi

Jika Anda memiliki keluhan pada gusi seperti gusi berdarah, gusi infeksi akibat luka dan sebagainya. Tentu harus mewaspadai hal tersebut, jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan terjadinya karries gigi dan menjadi kerusakan yang permanen. Penyakit gusi juga dapat menjalar pada organ lainnya dan tentu menyebabkan rasa sakit dan sulit untuk makan, tentu Anda tidak ingin memiliki masalah gigi yang serius bukan ?. Penyeban masalah Gigi Keropos Pada Orang Dewasa cara mengatasi dan pencegahan.

10. Makanan Keras

Terlalu sering mengkonsumsi makanan bertekstur keras dan kelot juga dapat menyebabkan gigi rusak. Karena makanan yang keras dapat merusak email dan dentin gigi, apalagi Anda memiliki gejala gigi sensitif. Hal ini tentu berdampak semakin terasa ngilu dan sakit pada bagian gigi. Oleh karena itu hindari makanan dengan tekstur keras, kelot agar gigi Anda tetap terjaga kesehatannya dan menjadi tetap kuat. Salah satu penyebab gigi rusak pada orang dewasa.

11. Jarang Berkumur – Kumur

Selain menggosok gigi faktor lain yaitu berkumur – kumur menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Manfaat berkumur juga menghilangkan kuman dan bakteri juga merawat gigi Anda agar kuat dan sehat. Gunakan obat kumur yang menganung flouride agar ketahanan gigi Anda kuat dan juga terjaga dari karries gigi. Berikut ini penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat pengobatan dan pencegahan.

Sponsors Link

12. Sering Menghisap Gigi

Kebiasaan menghisap gigi juga sangat berdampak pada kerusakan gigi permanen. Menghisap gigi memang terlihat sepele, namun jika terlalu sering maka akibatnya sangat berbahaya, gigi Anda akan lekas keropos bahkan menjadi bolong. Jadi hindari kebiasaan tersebut jika ingin memiliki gigi sehat dan terjaga. Penyebab gigi retak dan ngilu pengobatan dan pencegahannya.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab gigi karries pada orang dewasa, semoga menjadi perhatian dan mewaspadai hal tersebut di atas. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini