Sponsors Link

7 Penyebab Gigi Keropos Pada Anak Kecil yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Gigi susu biasanya akan sangat rentan rusak. Hal itu dipicu oleh beberapa factor seperti kebersihan gigi, makanan dan minuman yang dikonsumsi serta gizi dan nutrisi. Gigi susu rusak parah pada anak ditandai oleh adanya karies gigi dan gigi berlubang besar.

ads

Pada dasarnya kerusakan pada gigi susu tidak boleh dibiarkan begitu saja meski pada kenyataannya hal tersebut malah terkadang dianggap lumrah oleh sebagian orang tua karena menganggap bahwa gigi susu itu hanyalah gigi sementara dan nantinya juga akan bagus kembali jika sudah digantikan oleh gigi permanen. Nah, anggapan seperti inilah yang patut diluruskan.

Perlu anda ketahui bahwa kerusakan pada gigi susu yang dibiarkan begitu saja akan membawa dampak buruk bagi gigi anak. Anak akan rentan terkena berbagai jenis-jenis penyakit gigi dan jenis-jenis penyakit mulut. Adapun salah satu masalah gigi yang biasa terjadi pada anak adalah gigi susu anak keropos.

Gigi keropos pada anak ditandai oleh gigi yang mudah rapuh. Gigi keropos ini merupakan penyakit gigi destruktif yang dapat menyebabkan rongga atau lubang pada gigi. Berikut ini akan diulas beberapa penyebab gigi keropos pada anak kecil antara lain:

1. Jarang Sikat Gigi

Faktor penyebab keroposnya gigi pada anak kecil dikarenakan oleh kebiasaan buruk yang jarang menyikat gigi. Gigi yang jarang dibersihkan akan menyebabkan penumpukan plak pada gigi. Plak ini nantinya yang akan mengikis lapisan demi lapisan pada gigi hingga membuat gigi menjadi rapuh dan keropos. Itulah sebabnya mengapa pentingnya menggosok gigi memang harus diterapkan pada anak sejak dini.

2. Kekurangan Fluoride

Sikat gigi secara teratur saja belum cukup untuk mencegah terjadinya gigi keropos pada anak. Anda juga harus memastikan asupan fluoride yang dibutuhkan oleh gigi ini cukup diberikan pada anak. Adapun cara untuk memenuhi asupan flouride adalah dengan memberikan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain itu, anda juga bisa menyeimbanginya dengan pemberian gel, obat kumur, larutan, dan varnish. Anda bisa mengkonsultasikan hal ini pada dokter gigi.

3. Karies Gigi

Karies gigi adalah salah satu masalah gigi yang sangat sering terjadi pada anak kecil. Karies gigi ditandai dengan gigi reges dan berlubang. Selain itu karies gigi ini juga akan menyebabkan gigi menjadi lebih mudah keropos karena kgigi terjadi akibat adanya ketidsakseimbangan proses pelepasan mineral (deminerlisasi) dari gigi dengan pengembalian mineral dalam gigi.

4. Karang Gigi

Plak yang dibiarkan bertumpuk begitu saja pada gigi lama-kelaman akan membentuk karang gigi. Karang gigi ini nantinya akan sangat sulit untuk dihilangkan. Selain menganggu penampilan, karang gigi juga bisa menyebabkan gigi menjadi keropos, termasuk gigi anak. Terlebih lagi karang gigi yang dibiarkan bisa memperburuk kesehatan gigi dan mulut anak. Plak yang akan semakin menumpuk di area gigi yang terkena karang gigi akan menimbulkan penumpukan bakteri dan sangat mungkin menyebabkan penyakit gusi atau gingivitis.

5. Suka Manis-Manisan

Anak-anak tentu suka dengan makanan atau minuman yang mengandung rasa manis. Sayangnya, apa yang anak sukai ini menjadi salah satu pemicu terbesar rusaknya gigi pada anak. Sehingga anak yang dibiarkan mengkonsumsi manis-manisan sudah pasti akan mengalami kerusakan gigi.

Hal itu dikarenakan zat glukosa yang masuk ke dalam mulut akan diubah menjadi asam oleh bakteri mulut. Asam tersebut mampu menghancurkan enamel gigi (lapisan pelindung terluar gigi) dan mengakibatkan gigi berlubang  serta gigi keropos.

Sponsors Link

6. Kurangnya Kalsium

Kalsium merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan gigi dan tulang. Kalsium ini dapat membentuk kepadatan gigi sehingga membuat gigi menjadi kuat. Itulah mengapa kurangnya kalsium dapat menjadi salah satu penyebab gigi keropos pada anak kecil. Untuk itu usahakan untuk senantiasa memberikan anak anda makanan yang menyehatkan gigi lengkap dengan makanan yang dapat menguatkan gigi agar anak anda bisa terhindar dari gigi keropos dan masalah gigi lainnya.

7. Kelamaan Berdot

 Tahukah anda bahwa anak yang kelamaan menggunakan dot memiliki resiko kerusakan gigi lebih besar ketimbang anak yang tidak berdot? Karet pada dot yang kenyal membuat bayi harus mencari posisi yang tepat dan nyaman untuk mulai meminum susu, sehingga zat gula yang ada pada susu bersentuhan dengan gigi atau dinding mulut lebih lama. Kontak zat gula dengan gigi inilah yang menyebabkan gigi keropos lebih rentan terjadi pada bayi yang meminum susu dari botol daripada bayi yang disusui.

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya gigi keropos pada anak kecil yang harus anda cegah sebelum terlambat. Selain itu, adapun cara bagaimana mencegah terjadinya gigi keropos yaitu:

  • Sikat gigi secara teratur 2 kali sehari pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur.
  • Menggunakan pasta gigi berfluoride.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk gigi.
  • Memeriksakan gigi kepada dokter gigi secara rutin

Itulah ulasan tentang penyebab gigi keropos pada anak kecil. Semoga bermanfaat bagi anda dan ingatlah untuk senantiasa mengajarkan anak anda menjaga dan merawat gigi sebaik mungkin sejak dini karena gigi yang sehat juga merupakan dasar bagi kesehatan tubuh lainnya. Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,