Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Keropos Pada Usia Muda – Bagaimana Mengatasi dan Mencegahnya?

Sponsors Link

Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut seharusnya sudah diterapkan sejak dini kepada putra dan putri anda. Karena menjaga kebersihan gigi dan mulut akan berdampak pada kesehatan gigi mereka hingga beranjak dewasa. Gigi yang sehat dan terawat sejak balita akan terbawa hingga dewasa. Begitu juga sebaliknya, apabila sejak balita tidak dibiasakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka kerusakan gigi akan terjadi di usia muda.

ads

Salah satu akibat dari kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah terjadinya pengeroposan gigi pada saat usia muda. Berikut ini adalah pembahasan mengenai beberapa faktor penyebab gigi keropos di usia muda.

Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda

  1. Mengabaikan Pentingnya Kebersihan Gigi

Apabila sejak balita tidak diberitahukan akan pentingnya menggosok gigi dan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar, maka pentingnya menjaga kebersihan gigi akan terabaikan. Menyikat gigi yang salah dan tidak teratur akan membuat sisa – sisa makanan bertumpuk menjadi timbunan plak. Timbunan plak dari sisa – sisa makanan yang tidak dibersihkan ini merupakan penyebab karang gigi hitam dan menjadi penyebab gigi keropos.

Seperti minum susu sebelum tidur adalah salah satu hal baik yang harus dilakukan. Akan tetapi jika setelah minum susu tidak dilanjutkan dengan membersihkan gigi, maka sisa – sisa susu yang menempel pada permukaan gigi akan diolah oleh bakteri menjadi asam yang dapat merusak enamel gigi.

  1. Mengabaikan Pola Makan yang Sehat

Mengabaikan pola makan yang sehat juga merupakan salah satu penyebab terjadinya gigi keropos. Makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat merupakan makanan yang paling disukai bakteri gigi yang akan mengolahnya menjadi asam. Jika paparan asam terus meningkat setiap hari, maka lapisan email gigi akan semakin tipis dan terjadilah erosi gigi yang mengakibatkan gigi keropos. Anda dapat membaca makanan yang menyebabkan gigi berlubang dan keropos.

  1. Mengabaikan Pentingnya Minum Air Putih

Gigi sebenarnya memiliki pertahanan yang baik dalam mencegah terjadinya erosi, yaitu dengan menggunakan mineral – mineral yang disediakan air liur. Namun apabila mengabaikan pentingnya minum air putih maka produksi air liurpun menjadi berkurang. Hal ini lah menjadi salah satu penyebab gigi keropos, mulut kering, dan bibir pecah – pecah. Jika produksi air liur berkurang, maka gigi tidak memiliki kesempatan untuk memperbaiki dirinya sendiri.

  1. Mengabaikan Karies Gigi

Jangan abaikan karies gigi, karena karies gigi dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit lain seperti gigi keropos. Karies gigi terjadi disebabkan karena ketidakseimbangan proses pelepasan mineral dengan pengembalian mineral. Segeralah atasi karies gigi dengan mengujungi dokter gigi agar kerusakan gigi tidak menyebar dan membuatnya bertambah parah.

  1. Mengabaikan Kandungan Fluor dan Kalsium

Kandungan fluor yang terdapat didalam pasta gigi, gel dan obat kumur sangat dibutuhkan oleh gigi. Jika kekurangan asupan fluor maka akan mengakibatkan terjadinya karies gigi, karena fluor membantu meningkatkan remineralisasi. Namun demikian jika asupan fluor berlebihan maka akan terjadi fluorosis (gigi dengan bercak putih) atau gigi keropos. Sementara itu kekurangan kalsium selain berpengaruh terhadap tulang, juga sangat tidak baik untuk kekuatan gigi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab gigi keropos, lalu bagaimanakah cara mengatasi dan mencegahnya? Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi dan mencegah gigi keropos di usia muda.

Cara Mengatasi Gigi Keropos di Usia Muda 

  • Menjaga Dengan Pemberian Fluoride dan Oil Pulling
    Fluoride dapat mencegah gigi keropos dan berlubang, oleh sebab itu pakailah pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasta gigi ber-fluoride dapat menjadi solusi yang sangat efektif dalam upaya mengatasi gigi keropos. Dengan melalui proses remineralisasi fluoride dapat memperkuat permukaan gigi sehingga tidak gampang dirusak oleh asam yang di produksi bakeri gigi didalam mulut.
    Sponsors Link

    Selain itu mengatasi gigi yang keropos dapat dilakukan dengan menggunakan oil pulling. Oil pulling merupakan teknik pengobatan kuno dengan menggunakan minyak untuk berkumur. Beberapa minyak yang dapat digunakan untuk metode ini adalah minyak wijen, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak kelapa atau minyak alami lainnya.
  • Rutin Mengunjungi Dokter Gigi
    Dalam mengatasi gigi yang sudah terlanjur mulai rapuh dan keropos, mengunjungi dokter gigi adalah salah satu solusi tepat yang harus dilakukan. Dokter gigi akan segera mengambil tindakan yang dianggap perlu sehingga tidak terjadi pengeroposan lebih parah atau bahkan lubang pada gigi. Periksakanlah gigi anda ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Cara Mencegah Gigi Keropos di Usia Muda

  • Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
    Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dini, maka gigi akan menjadi sehat dan terhindar dari penyakit gigi seperti gigi susu rusak parah pada balita, gigi berlubang, gigi keropos, dan karies gigi lainnya.
  • Menjaga Pola Makan dan Perbanyak Minum Air Putih
    Pola makan yang baik akan melindungi gigi dari kerusakan. Makanlah makanan yang menguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi. Selain itu memperbanyak minum air putih akan mempengaruhi produksi air liur yang dapat melindungi gigi dari kerusakan secara alami.

Penyebab gigi keropos di usia muda, cara mengatasi, dan cara mencegahnya yang telah kita bahas di atas, semoga dapat membantu mengatasi masalah gigi anda. Selain itu semoga menambah wawasan anda tentang gigi keropos, sehingga anda dapat mencegah tenjadinya gigi keropos sejak dini. Dapat menerapkan akan pentingnya menggosok gigi kepada putra dan putri anda.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi