Sponsors Link

Penyebab Gigi Kuning pada Bayi

Sponsors Link

Tidak usah ditanya lagi ya sobat, anak merupakan salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada sepasang suami istri. Setuju ya sobat.  Hal ini tentunya bukan tidak berasalan, namun memang karya Tuhan yang luar biasa ini adalah sebagai bentuk atau lambang cinta antara pasangan suami istri tersebut.

ads

Oleh karena hal tersebutlah sebagai orang tua sudah pasti akan memperhatikan segaa sesuatu yang menyangkut tumbuh kembang dari buah hatinya tersebut. Berbicara mengenai tumbuh kembang anak nih sobat, tentunya pembicaraan kita tidak akan terlepas dari pertumbuhan gigi dari anak tersebut hingga dewasa agar terhindar dari gummy smile.

Dengan tumbuhnya gigi pada anak bayi, tentunya hal ini akan menjad kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tuanya. Karena dengan tumbuhnya gigi tersebut pada balita berarti ia menunjukkan peningakatan pertumbuhannya secara umum. Namun dibalik itu semua sobat, ketika gigi –  gigi tersebut sudah mulai tumbuh satu persatu, yang perlu anda perhatikan adalah warna dari gigi tersebut.

Bukan hanya terjadi pada orang dewasa nih sobat, namun gigi kuning tersebut juga bisa kita jumpai pada usia balita. Seperti hal nya orang dewasa nih sobat, anak balita juag bisa mengalami minder pada saat giginya memiliki warna yang berbeda dari temannya pada umumnya, yakni berwarna kuning sehingga harus dilakukan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi.

Gigi berwarna kuning tersebut sesungguhnya bukanlah suatu hal yang normal yang sobat, karena logikanya gigi anak usia balita harusnya lebh putih dari orang dewasa karena masih berusia pendek, ada yang menganggap itu pengaruh akibat bleaching gigi pada ibu hamil.

Oke sobat semua, untuk menjawab hal tersebut diatas,  maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab gigi kuning pada bayi apakah disebabkan bahaya pemasangan behel gigi untuk ibu hamil dan janin atau tidak.

Buat sobat semua yang pernah mengalami hal seperti ini pada anaknya atau saudaranya dan atau sobat semua yang  ingin  mengetahuinya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, karena pada postingan kali ini, penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Berikut pemaparannya untuk anda sobat.

Adapun Penyebab Gigi Kuning pada Bayi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Email Gigi Yang Lemah

Penyebab yang pertama adalah karena email gigi anak anda lemah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, email gigi ini merupakan bagian terluar gigi yang secara keseluruhan melapisi gigi anda. Nah sobat, pada kebanyakn kasus gigi bayi yang berwarna kuning itu disebabkan oleh bagian email giginya yang lemah sehingga akan ceapt berubah warna seperti warna kekuningan.

Hal ini umumnya terjadi karena faktor keturunan dan harus dilakukan perawawan endodontik. Nah sobat jika keluarga anda mengalami hal seperti ini maka cobalah sobat perhatikan, kemungkinan besar ornag tuanya pasti juga mengalami hal yang sama. Email gigi yang lemah ini juga membutuhkan perawatan khusus agar giginya tidak gampang rapuh.

2. Penggunaan Obat – Obatan

Penyebab yang kedua adalah karena penggunaan obat –  obatan. Obat –  obatan pada umumnya mengandung zat besi ( pada umumnya terdapat pada suplemen dan vitamin ) . Memang zat besi yang terdapat pada obat tersebut memiliki dampak positif terhadap gigi tersebut, namun sobat efek sampingnya adalah pada gigi bayi anda. Terlalu banyak mengonsumi obat –  obatan dan juga antibiotic pada umumnya bisa merusak warna gigi anda sehingga berubah menjadi warna kekuningan.

Sponsors Link

3. Terlalu Banyak Floruide

Penyebab yang ketiga adalah karena terlalu banyak floruide. Memang seyogianya floruide memang memberikan dampak yang bagus untuk gigi terutama pada bagian terluar gigi yakni email gigi. Terlalu sering mencampur bubuk atau cairan susu formula konsentrat dengan air yang mengandung floruide dapat menyebabkan tanda –  tanda putih samar atau gresan pada gigi.

Hal ini adalah gejala fluorosis email ringan. Apabila hal ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama nih sobat, maka akan berdampak buruk pada gigi, yakni bsia merubah warna gigi tersebut menjadi kekuningan. Untuk itu mulai sekarnag harus diuperhatikan ya sobat.

ads

4. Terdapat Penyakit Pada Gigi atau Gusi

Penyebab  yang keempat adalah karena adanya penyakit pada gigi atau gusi . Apabila terdapat luka atau sejenisnya pada gusi atau mulut anak anda sobat, nah anda harus melakuakn pengecekan secepatnya kepada dokter. Karena selain mempengaruhi kesehatan bayi anda,

hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada kesehatan gigi anda secara keseluruhan. Apabila hal ini cukup lama terjadi, maka akan terjadi hal buruk pada gigi tersebut yakni warna giginya akan berubah hingga kekuningan yang bisa menghambat pertumbuhan gigi tersebut sebagaimana seharusnya.

5. Perhatikan Air Minum Yang Dikonsumsi

Penyebab yang kelima adalah karena faktor air minum yang dikonsumsi oleh anak anda. Selain bermanfaat bagai kesehatan secara umum apabila mengonsumsi air minum yang kaaya akan mineral, maka air monum tersebut ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan gigi nih sobat.

Pengaruhnya adalah pada saat air minun yang anda atau anak bayi anda konsumsi memiliki kandunagn zat besi yang tinggi, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi anda terutama bisa mengubah warna gigi tersebut menjadi kekuningan.

Selain tingginya zat besi pada air minum tersebut, kandungan stain yang terdapat  pada air tersebut akan membuat gigi anda berubah warna seperti kekuningan yang membuat penmapilan gigi tersebut tidak menarik dan cenderung buruk.

6. Adanya Penyakit Yang Serius

Penyebab yang keenam adalah karena adanya penyakit yang serius yang sedang dialami atau diderita oleh anak tersebut. Penyakit yang serius dalam hal ini adalah beberapa penyakit yang berhubungan dengan saraf pada gigi. Apabila penyakit tersebut sudah agak lama di derita oleh seseorang  maka akan bisa menyebabkan warna gigi berubah menjadi kekuningan.

Sebut saja seperti penyakit jantung atau hepatitis yang konon bisa membuat gigi si penderitanya menjadi berubah kekuningan. Belum lagi karena faktor obat dan antibiotik yang ia konsumsi pada saat menderita sakit tersebut yang tidak jarang berdampak buruk pada kesjehatan giginya.

Nah sobat semua sekian ulasan mengenai penyebab gigi kuning pada bayi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberi informasi tambahan buat anda. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi