Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Kusam dan Bernoda Pada Anak

Sponsors Link

Warna gigi yang sehat memang tidak bisa berwarna putih bersih seperti layaknya mutiara. Namun bukan berarti noda yang terdapat pada gigi anak seperti penyebab gigi cepat kuning juga wajar terjadi. Umumnya, gigi anak yang kusam dan bernoda memang tidak berbahaya namun tidak boleh dibiarkan. Untuk mengetahui penyebab gigi kusam dan bernoda secara detail, ulasan kali ini bisa anda baca untuk menambah wawasan anda seputar kesehatan gigi anda.

ads
  1. Tidak Menyikat Gigi Dengan Baik

Umumnya anak anak belum terbiasa menyikat gigi dengan teratur. Malas menyikat gigi ini atau tidak menyikat gigi secara bersih bisa membuat gigi jadi bernoda dan semakin lama akan merubah warna gigi. Hal ini bisa terjadi karena plak sisa makanan yang semakin lama menumpuk di permukaan gigi. Apabila ini terus dibiarkan, maka penumpukan plak pada gigi bisa menyebabkan peradangan gusi atau gingivitis.

  1. Efek Samping Obat Obatan

Beberapa jenis obat untuk anak anak umumnya mengandung zat besi yang juga bisa menjadi penyebab gigi kusam dan bernoda. Beberapa jenis antibiotik juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi. Akan tetapi gigi anak yang terlihat kusam dan bernoda tersebut juga bisa terjadi meski anak tidak minum antibiotik. Jika ini yang terjadi, maka penyebabnya adalah ibu yang dulunya sering mengkonsumsi antibiotik tetrasiklin ketika masih hamil sehingga gigi anak akan bernoda sejak lahir seperti menjadi penyebab karang gigi hitam.

Perubahan warna pada gigi umumnya terjadi antara 2 hingga 3 minggu sesudah cedera terjadi. Namun warna gigi anak bisa kembali seperti semula seiring berjalannya waktu meski beberapa kasus juga bisa membuat perubahan warna pada gigi anak menjadi permanen.

  1. Asupan Fluoride Terlalu Berlebihan

Perlu diketahui jika susu formula mengandung fluorida sehingga ketika anak menyusu memakai botol terlalu berlebihan, maka asupan fluorida kadar tinggi tersebut bisa meninggalkan noda pada gigi yang disebut dengan fluorosis yang membuat permukaan gigi anak terlihat bergaris garis halus serta penyebab bintik bintik hitam pada gigi.

  1. Cedera atau Terjatuh

Apabila anak pernah terjatuh atau mengalami cedera di area wajah khususnya gigi dan mulut, maka gigi bisa bernoda  sebab darah dari luka masuk ke tabung kecil dalam lapisan gigi bernama dentin gigi. Perubahan warna pada gigi tersebut bisa memakan waktu cukup lama antara 2 hingga 3 minggu sesudah cedera terjadi. Warna gigi anak nantinya bisa kembali seperti semula dengan berjalannya waktu. Akan tetapi dalam beberapa waktu, perubahan warna pada gigi tersebut bisa terjadi secara permanen.

  1. Jenis Penyakit Tertentu

Noda yang ada pada gigi juga bisa terjadi karena penyakit tertentu seperti hiperbilirubinemia. Hiperbilirubinemia ini merupakan kondisi tubuh yang memiliki terlalu banyak bilirubin dalam darah. Salah satu gejala dari hiperbilirubinemia tersebut diantaranya adalah kulit dan bagian putih mata yang berubah menjadi kuning. Gigi anak juga nantinya bisa berubah warna menjadi hijau kekuningan apabila terlahir dengan kondisi tersebut yang bisa diatasi dengan tips memutihkan gigi

Sponsors Link

Pencegahan Gigi Kusam dan Bernoda

Apabila noda pada gigi anak terjadi karena kebersihan gigi yang tidak dijaga dengan baik, maka mengajarkan anak cara untuk menyikat gigi dengan baik sangat penting untuk dilakukan sejak masih kecil. Pastikan juga menggunakan pasta gigi mengandung fluorida seukuran lebih kecil dari sebutir beras. Bawa juga anak anda ke dokter apabila noda pada gigi anak tidak menghilang. Nantinya dokter akan merekomendasikan dokter gigi anak untuk mencari tahu apa saja penyebab gigi kusam dan bernoda sekaligus memberikan cara membersihkan karang gigi dengan scrubbing gigi khusus untuk anak. 

Sponsors Link

Ada begitu banyak penyebab gigi kusam dan bernoda yang bisa terjadi karena sengaja dan tidak sengaja. Meski noda pada gigi tersebut terlihat sepele, namun jika didiamkan bisa bertambah parah dan semakin susah untuk dihilangkan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar kesehatan gigi anak.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini