Sponsors Link

10 Penyebab Gigi Membusuk yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Gigi busuk atau gigi mati atau yang sering disebut dengan gigi non-vital merupakan kondisi dimana gigi tidak dapat berfungsi layaknya gigi lainnya. Umumnya, kondisi seperti ini dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan Anda sehari-hari, mulai dari konsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak gigi, merokok, atau bahkan kebersihan gigi yang kurang Anda perhatikan setiap harinya.

ads

Selain beberapa kebiasaan tersebut, timbulnya gigi busuk juga dapat terjadi akibat masalah gigi lain, seperti gigi berlubang parah busuk, adanya trauma gigi, bahkan rusaknya saraf di dalam gigi sehingga tidak mampu menerima rangsangan secara sempurna. Berikut adalah penyebab gigi membusuk yang rusak parah:

  1. Lubang Gigi

Gigi busuk atau gigi mati seringkali disebut sebagai gigi non-vital. Dimana gigi ini tidak dapat berfungsi sebagaimana gigi lainnya. Biasanya terjadinya gigi mati dapat disebabkan adanya pengaruh dari gigi berlubang besar. Lubang yang besar akan menyebabkan kuman dan bakteri masuk ke dalam gigi yang menyebabkan iritasi saraf. Jika tidak diobati atau dibiarkan dalam waktu yang lama, saraf akan mati dan menyebabkan gigi menjadi tidak dapat merasakan adanya rangsangan.

  1. Trauma Saraf

Di dalam gigi terdapat pembuluh saraf yang jumlahnya sangat banyak. Jika saraf-saraf tersebut tidak dapat menerima rangsangan, maka gigi akan mati dan tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Biasanya kondisi seperti ini dapat terjadi apabila saraf mengalami trauma yang cukup hebat, misalnya saja akibat benturan, pukulan, ataupun akibat aktivitas lain yang menyababkan saraf gigi putus dan menyebabkan tidak dapat menerima rangsangan.

  1. Kerusakan Gigi yang Dibiarkan dalam Jangka Waktu yang Lama

Kerusakan gigi yang dibiarkan dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan timbulnya gigi busuk atau gigi mati. Dimana kerusakan gigi akan mengikis lapisan enamel sehingga gigi tidak memiliki perlindungan lebih. Saat itulah serangkaian kuman dan bakteri lebih mudah masuk dan membuat kerusakan yang lebih dalam.

  1. Adanya Gangguan Saraf

Tidak sedikit penyebab gigi busuk pada anak dipengaruhi adanya gangguan saraf yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Saat saraf gigi tidak mampu menerima rangsangan dari luar terutama panas dan dingin. Maka gigi tidak dapat difungsikan layaknya gigi lainnya. Hal inilah yang membuat gigi menjadi mati atau tidak dapat digunakan lagi.

  1. Makanan dan Minuman

Penyebab gigi busuk berikutnya dapat disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari. Dimana makanan yang dapat merusak gigi menjadi salah satu pemicu munculnya kerusakan di dalam saraf gigi. Jika makanan tersebut Abda konsumsi setiap hari, maka akan menyebabkan saraf tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan akan menyebabkan gigi menjadi busuk dan menghitam.

Sponsors Link

  1. Infeksi Pada Saluran Gigi

Saat gigi berlubang berdarah, maka sejumlah bakteri bisa saja masuk dan menyebabkan adanya kerusakan yang lebih dalam. Ditambah dengan sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan secara sempurna. Jika hal ini terus terjadi dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Maka saraf yang terdapat di dalam gigi bisa terkena infeksi dari masuknya bakteri ke dalam saluran gigi.

  1. Adanya Penyakit Komplikasi

Kerusakan gigi yang menyebabkan adanya pembusukan juga dapat disebabkan adanya penyakit komplikasi yang menyerang tubuh Anda. Dimana terdapat sejumlah penyakit yang dapat mempengaruhi lapisan enamel gigi sehingga menyebabkan adanya pembusukan yang lebih dalam, mislanya saja seperti penyakit diabetes. Dimana penyakit ini mempengaruhi tingkat keasaman mulut yang menyebabkan enemel gigi menjadi terkikis dan pertumbuhan bakteri bertambah banyak.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Penyebab gigi busuk rusak parah yang paling umum terjadi adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi. Dimana gigi yang tidak dibersihkan secara sempurna akan menimbulkan plak gigi dari sisa makanan yang menempel. Plak pada gigi akan menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri yang bisa menyerang gigi dan menyebabkan adanya pembusukan. Kuman dan bakteri akan membuat lubang pada gigi, lama kelamaan bakteri akan tersarang dan masuk ke saluran gigi yang lebih dalam. 

Sponsors Link

  1. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Selain gigi yang jarang dibersihkan, penyebab gigi membusuk juga dapat disebabkan karena cara menyikat gigi yang salah. Biasanya orang hanya akan menyikat giginya dengan asal-asalan saja. Asalakan sudah gosok gigi setiap hari, maka gigi akan terhindar dari kerusakan. Namun, anggapan tersebut tidak selamanya benar. Kerusakan gigi dapat disebabkan karena cara menyikat gigi yang Anda lakukan salah.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok bukan hanya memperburuk kesehatan tubuh, melainkan juga kesehatan gigi Anda. Kandungan tar di dalam rokok dapat menyebabkan gigi kuning ditambah dengan asap yang terus menempel pada lapisan gigi. Jika hal tersebut Anda lakukan dalam jangka waktu yang panjang, maka gigi akan menjadi rusak karena lapisan enemel yang mulai terkikis habis. Akibatnya gigi menjadi kuning, busuk, dan bahkan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa penyebab gigi busuk yang harus Anda ketahui dan waspadai. Bahkan kebiasaan yang sering Anda lakukan pun dapat menjadi penyebab gigi membusuk dan bahkan kerusakan yang lebih parah hingga mengganggu saraf-saraf yang ada di dalam gigi. Hindari kebiasaan tersebut sehingga kebersihan dan kesehatan gigi semakin terjaga.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi