Sponsors Link

15 Penyebab Gigi Ngilu yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Gigi ngilu merupakan sebuah masalah gigi yang mungkin kerap kali terjadi. Gigi ngilu ini berbeda dengan sakit gigi karena gigi berlubang. Karena pada kasus gigi ngilu, belum tentu ada lubang atau peradangan di sana. Gigi ngilu ini sendiri kebanyakan disebabkan oleh saraf yang terlalu sensitif sehingga menyebabkan berbagai rasa tidak nyaman di gigi. Apa saja penyebab gigi ngilu? Berikut beberapa penjelasannya.

ads
  1. Sikat gigi yang salah

Salah satu penyebab dari gigi ngilu adalah kesalahan dalam memilih sikat gigi. Misalnya sikat gigi yang bulunya terlalu kasar. Sikat gigi dengan bulu yang terlalu kasar memang bisa menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan gusi. Termasuk dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu.

  1. Menyikat gigi terlalu keras

Penyebab lain dari gigi ngilu adalah kebiasaan buruk dalam menyikat gigi. Misalnya menyikat gigi terlalu keras. Cara menyikat gigi yang terlalu keras dapat mengganggu lapisan gigi sehingga bisa memicu berbagai permasalahan pada gigi dan gusi, termasuk menyebabkan gigi ngilu. Apalagi jika gusi menjadi kendur dan akar gigi terekspos.

  1. Efek samping pasta gigi

Beberapa jenis pasta gigi memang memiliki kandungan formula khusus sebagai pasta gigi pemutih gigi. Namun sebenarnya kandungan zat pemutih gigi pada pasta gigi ini justru menyebabkan lapisan gigi menjadi bermasalah dan menyebbakan gigi menjadi Gigi Hipersensitif. Pasta gigi dengan kandungan whitening agents dapat menjadi penyebab gigi ngilu yang tidak disadari selama ini.

  1. Efek samping dari makanan

Penyebab Gigi Sensitif lainnya adalah karena efek samping dari makanan yang asam. Makanan yang memiliki sifat asam ternyata dapat memicu maalah pada gigi. Apalagi jika makanan asam dikonsumsi secara terus menerus atau berlebihan. Beberapa makanan asam yang sering dijumpai adalah saus tomat, acar, lemon, kiwi, dan berbagai jenis buah lainnya.

  1. Plak

Penyebab gigi ngilu lainnya adalah adanya plak pada gigi. Plak itu sendiri adalah sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna dan menempel pada gigi membentuk kotoran. Jika plak menumpuk pada gigi, maka akan menyebabkan lapisan email gigi terkikis. Padahal email gigi adalah lapisan pelindung gigi. Jika lapisan email ini terkikis, maka gigi pun akan menjadi lebih sensitif dan menjadi lebih sering ngilu.

  1. Obat kumur yang salah

Sama seperti pasta gigi dan sikat gigi, pemilihan obat kumur juga harus tepat. Obat kumur ada yang mengandung alkohol dan senyawa kimia lainnya. Alkohol dan beberapa jenis senyawa kimia dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Sehingga ada baiknya selalu perhatikan komposisi dari obat kumur yang ada di kemasan. Ada baiknya berhati-hati dalam menggunakan obat kumur agar gigi menjadi sehat dan bersih tanpa harus membuatnya menjadi ngilu.

  1. Infeksi pada gusi

Gusi merupakan bagian dari rongga mulut yang cukup mudah untuk mengalami infeksi. Terutama jika ada kuman yang masuk ke dalam rongga mulut. Jika infeksi gusi terjadi, maka rasa sakit bisa saja terasa sebagai gejala yang ada. Selain itu bau mulut dan mungkin pembengkakan juga akan terasa. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab gigi terasa ngilu.

Sponsors Link

  1. Cedera pada gigi

Gigi juga bisa mengalami cedera, misalnya gigi yang patah karena terbentur, jatuh, dan sebagainya. Jika gigi mengalami cedera dan kemudian patah, maka ini juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Walau mungkin gigi yang cedera tersebut kejadiannya sudah cukup lama, akan tetapi efek sampingnya bisa saja terjadi beberapa tahun kemudian.

  1. Sering mengonsumsi minuman panas atau dingin

Kebiasaan sering mengonsumsi minuman yang terlalu panas atau yang terlalu dingin juga bisa menjadi Penyebab Gigi Rusak. Hal ini disebabkan karena lapisan email gigi bisa terkikis dengan kebiasaan buruk tersebut sehingga bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Kebiasaan minum minuman panas dan dingin yang dilakukan dalam kurun waktu lama dapat menyebabkan gigi sensitif. Sehingga ketika konsumsi minuman yang terlalu dingin dan panas, rasa ngilu akan terasa sangat menyiksa.

  1. Salah prosedur kawat gigi

Beberapa irang memang direkomendasikan untuk menggunakan behel atau kawat gigi dalam terapi ortodonti. Namun jika prosedur pemasangan kawat gigi salah, efek sampingnya bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Ketahui juga Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Behel.

Sponsors Link

  1. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi

Tusuk gigi merupakan alat bantu untuk mengangkat sisa makanan. Akan tetapi, tusuk gigi ternyata tidak baik untuk digunakan. Penggunaan tusuk gigi dapat menjadi penyebab lapisan email gigi terangkat. Sehingga kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan sering ngilu.

  1. Kebiasaan menggigit benda keras

Kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebab gigi ngilu adalah kebiasaan menggigit benda yang keras. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan lapisan email gigi terganggu atau terkikis sehingga dapat memicu rasa ngilu dan gigi sensitif.

  1. Faktor usia

Faktor usia juga turut mempengaruhi gigi ngilu dan sensitif. Seiring bertambahnya usia, memang kondisi fisik akan banyak mengalami perubahan atau penurunan. Termasuk gusi. Gusi akan menjadi lebih mudah mengendur. Hal ini menyebabkan kuman lebih mudah masuk di gusi dan menyebbakan rasa ngilu pada gigi.

  1. Menjalani prosedur bor atau tambal gigi

Bagi mereka yang memiliki gigi berlubang, mungkin pernah mengalami gigi yang sangat ngilu, terutama ketika baru saja menjalani prosedur bor gigi atau tambal gigi. Hal ini adalah hal yang wajar, namun jika rasa sakit bertambah dan tidak berhenti, ada baiknya mengunjungi dokter gigi.

  1. Kebiasaan menggertakkan gigi

Saat tidur, ada beberapa anak atau orang dewasa yang memiliki kebiasaan menggertakkan, menggesekkan, atau membunyikan gigi saat tidur. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab email gigi terkikis secara perlahan-lahan sehingga bisa menyebabkan gigi ngilu.

Demikianlah beberapa penyebab gigi ngilu yang perlu diketahui. Ketahui juga Cara Mengatasi Gigi Sensitif. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi