Sponsors Link

9 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif

Sponsors Link

Rasa ngilu atau nyeri pada gigi dan gigi ngilu berkepanjangan pastinya sangat tidak nyaman dan juga menggangu terutama pada saat makan atau minum. Biasanya rasa ngilu atau nyeri disebabkan karena gigi yang sensitif. Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak sekali saraf di dalamnya.

ads

Gigi merupakan jaringan yang keras serta dapat maksimal fungsinya dengan pengaruh positif sinar matahari pagi bagi gigi, tapi kalau lapisannya berkurang maka stimulasi pada saraf di dalam gigi akan memberikan reaksi pada tubuh. Mahkota gigi (bagian yang terlihat di atas gusi) memiliki lapisan pelindung keras yang disebut enamel. Sedangkan bagian akar gigi yang terdapat dalam gusi dilindungi oleh lapisan yang disebut sementum.

Enamel dan sementum melindungi dentin yaitu bagian gigi yang tidak sepadat keduanya. Ketika pelindung gigi menipis atau hilang misalnya karena dampak tindik lidah, maka suhu panas atau dingin, asam, ataupun makanan lengket

dapat menstimulasi saraf dalam gigi dan menyebabkan rasa ngilu sehingga harus diatasi dengan terapi air flow. Tetapi rasa ngilu pada gigi bisa disebabkan oleh faktor lain selain gigi sensitif. Berikut beberapa faktor yang dapat mengakibatkan penipisan pelindung dan keluhan gigi ngilu.

1. Gosok Gigi Terlalu Keras

Berhati-hatilah saat menyikat gigi. Jangan menggunakan banyak tenaga saat menyikat gigi karena jika terlalu keras menggosok gigi, terutama dengan sikat gigi kasar dapat melukai gusi, sikat gigi terlalu keras menyebabkan sariawan, serta menipiskan enamel atau pelindung gigi seiring berjalannya waktu. Akibatnya gigi akan terasa nyeri atau ngilu.

2. Konsumsi Makanan Asam

Batasi makanan asam seperti lemon, olahan tomat, jeruk, atau kiwi. Hal ini karena makanan asam jikadikonsumsi terlalu sering dan berlebihan dapat membuat gigi ngilu. Tak hanya buah-buahan yang asam, soda, permen, dan makanan tinggi gula juga berdampak buruk bagi enamel.

Akibatnya, enamel yang terkikis dapat menyebabkan saraf rentan terpapar makanan atau minuman dan menjadi penyebab gigi ngilu. Kamu dapat mengonsumsi susu, yoghurt tawar, keju, serta buah dan sayur yang kaya serat untuk melawan kondisi asam juga bakteri dari makanan sebelumnya. Oleh karena itu, sehabis makan makanan asam kamu disarankan untuk menunggu minimal 1 jam sebelum menggosok gigi.

3. Penggunaan Pasta Gigi Berpemutih

Bahan kimia yang ada di dalam pasta gigi berpemutih (agen pemutih) dapat menimbulkan efek buruk pada gigi, terutama pada orang yang memiliki gigi sensitif. Teknik bleaching atau pemutihan gigi juga sering membuat orang mengeluhkan rasa ngilu walaupun umumnya hanya bersifat sementara.

4. Terlalu Sering menggunakan Obat Kumur

Beberapa obat kumur mempunyai sejumlah bahan kimia dan alkohol yang dapat membuat lapisan pelindung gigi menipis serta menyebabkan gigi sensitif.

Sponsors Link

5. Penumpukan Plak

Plak yang menumpuk akan merusak gigi, khususnya bagian enamel terlebih dahulu. Lapisan pelindung ini menjadi tipis dan rasa ngilu dapat muncul.

6. Retakan di Gigi

Selain penipisan enamel, penyebab gigi ngilu lainnya ialah retakan di gigi. Gigi yang retak memberikan celah bagi makanan atau minuman dingin dan panas untuk masuk dan mencapai saraf hingga rasa ngilu dikeluhkan.

7. Penyakit Gusi

Penyakit gusi dapat terjadi akibat penumpukan plak pada gigi atau di sekitar gusi. Akibatnya bakteri mudah berkembang biak dan menginfeksi gusimu. Penyakit gusi dapat berujung pada kerusakan jaringan yang menyebabkan saraf pada akar gigi dengan mudah dicapai oleh makanan dan minuman pemicu gigi ngilu.

ads

8. Gigi Berlubang

Gigi berlubang juga dapat menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan. Lubang yang terbentuk akibat tidak menjaga kebersihan mulut ini akan membuat saraf terpapar dingin ataupun panas sehingga rasa ngilu muncul.

9. Kebiasaan Bruxism

Kondisi saat seseorang menggertakkan, mengunyah, mengatup, dan menggeser-geserkan giginya dengan tidak sadar. Keadaan ini biasanya terjadi selama bertahun-tahun, sehingga menyebabkan enamel terkikis jika tak terkontrol.

Mencegah lebih baik dari mengobati. Rasa ngilu yang anda rasakan pada gigi dapat anda cegah dan atasi. Berikut beberapa tips untuk mengatasi gigi ngilu :

  • Menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitive. Pakailah pasta gigi yang  mengandung fluoride.
  • Pilihlah sikat gigi dengan sikat berbahan lembut. Hal ini akan mencegah gusi luka.
  • Sikat gigi 2 kali sehari khususnya saat setelah makan dan sebelum tidur dengan cara yang benar secara perlahan. Setelah itu bila perlu berkumur menggunakan cairan kumur antiseptik yang banyak dijual bebas. Perawatan mulut yang lengkap akan membantu menjaga kesehatan mulut.
  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam, terlalu panas, dan terlalu dingin. Hal ini karena makanan asam tersebut akaan memicu rasa ngilu.
  • Air putih sangat baik bagi tubuh. Jadi, konsumsi banyak air putih.
  • Jika rasa ngilu atau nyeri yang berlebih dan tidak tertahan anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen yang dijual di apotek.
  • Rutin kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Kenalilah sifat gigi anda, jika merasa tidak memiliki gigi sensitif tapi sering merasakan ngilu pada gigi, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab gangguan pada gigi yang anda rasakan. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat dengan penyebabnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi