Sponsors Link

13 Penyebab Gigi Ngilu Tiba Tiba – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Pernahkan anda merasakan gigi ngilu tiba tiba? Permasalahan gigi ngilu sebenarnya sering dialami oleh sebagain orang. Namun sayangnya justru banyak orang yang menganggap remeh permasalahan gigi seperti ini. Umumnya mereka hanya menggunakan obat pereda yang dapat menghilangkan rasa ngilu yang berlebih. Memang benar, penggunaan obat sakit gigi berlubang dan ngilu dapat menghilangkan rasa ngilu yang berlebih. Namun sifatnya hanya sementara dan bahkan dapat kambuh lagi.

ads

Mengenai gigi ngilu yang sering terjadi secara tiba tiba, sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya masalah seperti ini disebabkan adanya pengikisan lapisan email gigi yang terjadi secara terus menerus. Hal tersebut dapat mengakibatkan akar gigi menjadi terpapar sehingga dentin atau lapisan di bawahnya menjadi terangsang sehingga gigi menjadi lebih sensitif dan sering terasa ngilu tiba tiba.

Selain terkikisnya lapisan email gigi, penyebab gigi ngilu tiba tiba ternyata juga banyak disebabkan oleh faktor perawatan gigi yang salah. Berikut adalah beberapa penyebab gigi ngilu tiba tiba serta cara mengatasi dan pencegahannya yang dapat anda ketahui.

  1. Mulut Kering Akibat Produksi Air Liur yang Sangat Sedikit

Terjadinya gigi ngilu secara tiba tiba ternyata dapat disebabkan karena mulut kering akibat produksi air liur yang sangat sedikit. Dimana saat produksi air liur yang dilakukan oleh organ mulut sangat sedikit, maka gigi sering terpapar dengan gigi lainnya sehingga menyebabkan rasa ngilu tiba tiba.

  1. Adanya Infeksi Gusi yang Terjadi Terus Menerus

Bagian gusi menjadi organ paling vital tempat bersarangnya bakteri setelah gigi. Biasanya sisa-sisa makanan yang tidak terangkat dengan sempurna akan menimbulkan bakteri masuk merusak organ gigi dan gusi. Jika hal ini terus dibiarkan tentu bakteru akan terus berkembang masuk ke bagian abses gusi yang dapat menyebabkan terjadinya gigi ngilu yang berlebih.

  1. Penggunaan Behel Gigi

Gigi ngilu tiba tiba juga dapat disebabkan oleh penggunaan behel gigi yang anda lakukan. Pemasangan behel gigi seringkali menimbulkan rasa ngilu akibat berubahan struktur gigi. Hal ini sering dialami di awal-awal pemakaian behel gigi yang anda gunakan.

Baca juga:

  1. Peradangan Pada Gusi (Gingivitis)

Terjadinya peradangan pada gusi memang dapat menyebabkan terjadinya gigi hipersensitif yang menimbulkan rasa  ngilu secara tiba-tiba dan gigi berdarah terus. Masalah peradangan gusi seperti ini tentu tidak dapat dibiarkan agar rasa ngilu pada gigi tidak terus anda rasakan.

Sponsors Link

  1. Gigi Berlubang dan Terjadi Pembusukan

Masalah gigi berlubang berdarah seringkali menyebabkan adanya rasa ngilu yang berlebih. Hal tersebut disebabkan bertumbuknya sejumlah kuman dan bakteri yang menyebabkan terjadinya pembusukan yang dapat merusak lapisan pelindung gigi.

Baca juga:

  1. Penumpukan Plak Gigi

Terjadinya penumpukan plak pada gigi juga menjadi penyebab gigi ngilu tiba tiba. Sisa makanan yang terus menempel pada gigi menjadi sasaran bakteri yang dapat merusak email gigi. Jika hal tersebut dibiarkan tentu email akan terkikis sedikit demi sedikit yang menyebabkan perlindungan pada gigi menjadi berkurang dan anda dapat melakukan cara menghilangkan plak pada gigi.

ads

  1. Kebiasaan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Kebiasaan seperti ini memang seringkali dilakukan dengan harapan semua sisa makanan yang menempel pada sela gigi dapat terangkat sehingga gigi pun menjadi bersih. Masalahnya menggosok gigi terlalu keras justru menyebabkan kerusakan pada struktur gigi yang memucu terjadinya kekenduran pada gusi yang menutupi akar gigi. Jika akar gigi sudah mulai terbuka maka hal tersebut justru menimbulkan penyebab gigi sensitif dan sering mengalami rasa ngilu tiba-tiba. Lakukan cara menyikat gigi dengan benar.

  1. Penggunaan Bulu Sikat yang Terlalu Kasar

Biasanya saat membeli sikat gigi anda kurang memperhatikan kualitas bulu sikat yang digunakan. Penggunaan bulu sikat yang terlalu kasar selain dapat melukai area sekitar gigi ternyata juga dapat menimbulkan rasa ngilu saat anda melakukan gosok gigi.

  1. Pemakaian Pasta Gigi dengan Kandungan Pemutih

Saat ini banyak produsen pasta gigi yang sengaja menambahkan zat kimia khusus untuk menambah formula di pasta gigi agar gigi terlihat lebih putih. Sayangnya, zat kimia inilah yang dapat memicu terjadinyaa gigi sensitif sehingga penggunanya sering mengeluhkan rasa ngilu setelah menggosok gigi.

  1. Penggunaan Obat Kumur dengan Kualitas yang Kurang

Selain penggunaan bulu sikat yang kasar dan pemakaian pasta gigi dengan kandungan pemutih, ternyata penggunaan obat kumur dengan kualitas mouthwash yang kurang terjaga juga dapat memicu terjadinya gigi terasa ngilu tiba tiba.

  1. Kebiasaan Gigi Gerinding Saat Tidur

Kebiasaan sering menggertakan gigi saat tidur ternyata dapat menimbulkan masalah ngilu pada gigi. Selain itu kebiasaan gerinding seperti ini juga dapat memicu terjadinya gigi ompong di usia muda. Sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut agar tidak menyebabkan permasalahan pada organ gigi anda.

  1. Dari Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Penyebab gigi ngilu tiba tiba juga dapat disebabkan dari makanan penyebab gigi ngilu dan minuman yang anda konsumsi sehari-hari. Makanan yang memiliki rasa asam berlebih seringkali menimbulkan rasa ngilu. Selain itu, minuman dingin dan minuman panas juga dapat menimbulkan terjadinya gigi ngilu secara tiba-tiba. Ganti dengan makanan yang menyehatkan gigi.

  1. Faktor Usia

Penyebab gigi sensitif yang menimbulkan gigi ngilu tiba-tiba, juga dapat berasal dari faktor usia. Dimana hal tersebut disebabkan adanya penurunan fungsi syaraf yang kemungkinan besar dapat memicu terjadinya gigi sensitif.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Permasalahan gigi sensitif atau rasa ngilu yang terjadi secara tiba-tiba, dapat diatasi dengan penggunaan pasta gigi yang mengandung Potassium Nitran and Strontium Chlorida. Selain itu, jika anda memiliki permasalahn gigi sensitif maka sebaiknya tidak lekas menggosok gigi setelah makan. Hal tersebut dapat menurunkan PH di dalam organ mulut yang menyebabkan rasa ngilu tiba-tiba. Sebaiknya lakukan gosok gigi 25 menit setelah makan dan gunakan sikat dengan kontur bulu yang halus.

Cara Pencegahan

  • Untuk mencegah rasa ngilu pada gigi sebaiknya anda menghindari beberapa makanan dan minuman penyebab gigi ngilu seperti buah asam, es krim, permen, tomat, kopi, minuman bersoda, es batu, minuman panas, dan lainnya.
  • Kebiasaan menggosok gigi yang salah juga harus anda perhatikan. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan memegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat, sikat secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Selalu jaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi di pagi dan di malam hari.

Jika cara pencegahan di atas tidak mengurangi rasa ngilu pada gigi, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis gigi anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Selain itu, terus lakukan perawatan agar kesehatan gigi lebih terjaga dan terhindar dari berbagai macam permasalahan gigi yang ada.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi