Sponsors Link

8 Penyebab Gigi Ompong yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan seseorang. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan dan memperindah giginya. Gigi yang bagus akan jauh meningkatkan rasa percaya diri bagi pemiliknya serta memiliki kesempatan yang lebih luas dalam hal apapun, misalnya lebih bebas mencoba makanan baru dan memperoleh pekerjaan atau hal yang memerlukan estetika di dalamnya.

ads

Gigi ompong tidak hanya terjadi pada balita yang masih dalam masa pertumbuhan atau pada lansia yang memang sudah menurun kekuatan fisiknya. Gigi ompong tidak selalu karena usia, kebiasaan dan gaya hiduplah yang menentukannya. bahaya gigi ompong wajib anda waspadai ya sobat.

Memang menjadi tua itu pasti, tetapi menjaga dan merawat kesehatan membuat seseorang tampak dan merasa jauh lebih sehat di masa tuanya dibanding lansia seusianya. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab gigi ompong secara umum, hal ini penting untuk diketahui sebagai tambahan wawasan bagi anda agar ke depannya dapat merawat dan memiliki gigi yang lebih sehat. Yuk langsung saja simak uraian berikut.

1. Kebiasaan Ngemil Malam

Penyebab gigi ompong yang pertama ialah karena gaya hidup dan kebiasaan makan yang tidak pada waktunya seperti kebiasaan ngemil di malam hari. Malam hari seusai makan malam seharusnya tubuh tidak dimasuki lagi oleh makanan, sebab sudah mendekati waktu untuk tubuh isritahat.

Ngemil pada malam hari apalagi jika makanan yang dimakan ialah makanan manis dan lengket, mempertinggi resiko gigi ompong, sebab pada malam hari terutama ketika tubuh lelah usai beraktifitas, seseorang cenderung malas menggosok gigi dan tidur dalam kondisi masih terdapat sisa makanan di dalam mulut.

Padahal pentingnya menggosok gigi sebelum tidur wajib diperhatikan dan dilakukan. Selain itu, pada malam hari produksi air liur menurun sehingga makanan tidak dipecah secara sempurna sehingga bakteri mudah tertinggal di sela sela gigi.

2. Stres

Stres akibat masalah psikis atau karena beban dalam kehidupan sehari hari merupakan penyebab giig ompong secara umum, hal tersebut dapat terjadi pada seseorang dalam usia berapapun. Orang yang stres cenderung fokus pada masalah penyebab stresnya sehingga kurang memperhatikan dan merawat tubuh termasuk pada gigi.

cara meningkatkan daya tahan gigi yang kuat dan terhindar dari ompong sebaiknya mampu memanajemen stres dengan baik, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara relaksasi atau pun pijatan dan juga senantiasa berpikir positif. manfaat relaksasi wajah bagi kesehatan gigi memang sangat penting sobat guna mempertahankan kesehatan gigi itu sendiri.

Sponsors Link

3. Dampak Pengobatan

Kebiasaan minum obat atau memang karena kondisi, misalnya pada seseorang yang memang memiliki suatu penyakit sehingga harus minum obat sepanjang hari, ternyata juga berpengaruh pada kesehatan gigi secara keseluruhan.

Hal ini terjadi  sebab beberapa obat memiliki cara kerja menekan air liur, yang nantinya juga berdampak pada gigi, dimana gigi membutuhkan air liur untuk memproses makanan. Air liur yang kurang akan menyebabkan kerja gigi semakin berat dalam mengunyah makanan sehingga daya tahannya menurun dan lebih cepat ompong.

4. Anomali Pertumbuhan

Gigi ompong dapat terjadi karena pertumbuhan yang tidak normal, ada orang yang memang memiliki kelainan dalam pertumbuhan gigi yaitu gigi tidak terbentuk dengan baik di rahang. Penyebabnya dpaat karena gen atau karena ibu hamil yang kekurangan kalsium sehingga bayi yang dilahirkan tidak memiliki nutrisi yang cukup.

ads

Ada juga yang memiliki kelainan pada akar gigi susunya semasa kecil sehingga pertumbuhan di masa dewasa tidak sempurna, posisi gigi yang seharusnya muncul tumbuh di tempat lain, atau memang tidak ada benih giginya. Untuk penyebab gigi ompong karena hal ini harus dilakukan penanganan dan pengobatan oleh dokter, biasanya akan dilakukan foto mulut oleh dokter terlebih dulu baru diambil kesimpulan penyebab dan cara penanganannya.

5. Paparan Asap Rokok

Merokok termasuk gaya hidup yang tidak baik dan menjadi salah satu penyebab gigi ompong, asap rokok meningkatkan pembentukan bakteri yang menyebabkan plak dan karies gigi. Hal ini karena asap rokok bersifat asam ketika bertemu dengan bakteri dalam mulut sehingga mudah tertinggal di gigi dan membentuk noda yang akhirnya menumpuk dan menyebabkan gigi ompong. Selain itu asap rokok juga mengurangi produksi air liur dan membuat gigi serta mulut terasa kering.

6. Kurang Asupan Kalsium dan Fluor

Biasakan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, telur dan makanan yang kandungan fluornya tinggi seperti ikan, daging, sayuran, buah. Hal ini bermanfaat untuk daya tahan gigi sehingga gigi lebih tahan dalam melawan bakteri dan menjalankan tugasnya sebagai pengolah makanan dalam mulut.

Terlebih untuk ibu hamil, seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa kekurangan kalsium dan fluor ada ibu hamil tidak hanya berdampak pada kesehatan giginya, melainkan juga pada kesehatan bayi yang dikandungnya dan kondisi pertumbuhan giginya ketika dewasa kelak.

Meskipun fungsi kalsium sangat baik bagi gigi, perlu anda ingat bahwa efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi juga kurang baik ya sobat. Sesuatu yang berlebihan memang sudah bisa dipastikan akan membawa dampak yang buruk

7. Kurang Minum Air Putih

Air putih termasuk mineral yang membantu gigi dalam menjalankan tugasnya, air putih melapisi permukaan gigi dengan baik dan mencegah gigi terasa kering. Air putih juga mencegah sifat asam pada gigi sehingga bakteri tidak mudah berkembang dan tidak mudah timbul penyakit.

Kekurangan air putih menyebabkan gigi kekurangan mineral, permukaan terluar gigi (enamel) tidak memiliki daya tahan yang kuat untuk melawan bakteri dan juga kuman sehingga gigi mudah rapuh dan selanjutnya ompong pun tidak bisa dihindari. efek ketidakseimbangan mineral terhadap gigi tersebut ternyata fatal ya sobat.

8. Kebiasaan Menggertakan Gigi

Menggertakkan gigi umumnya dilakukan oleh seseorang ketika tidur (dalam kondisi tidak sadar), ketika marah, stres, atau ketika ketakutan. Menggertakkan gigi sebenarnya dapat dicegah atau dihentikan dengan peran dari diri sendiri. Tahukah anda bahwa bahaya kebiasaan menggertakkan gigi sangat fatal?

Menggertakkan gigi memiliki dampak yang tidak baik pada kesehatan gigi sebab menimbulkan tekanan pada kedua sisi gigi dimana hal tersebut seperti memaksa gigi untuk menggigit benda yang keras dan memberi beban berlebihan pada gigi.

Sponsors Link

Tekanan tersebut menyebabkan lapisan terluar gigi menjadi lemah dan rapuh, dalam kondisi tersebut gigi menjadi berkurang daya tahannya sehingga sering terasa ngilu dan kaku, lama kelamaan kekuatan gigi , mudah rapuh. Hal itulah yang menjadi penyebab gigi ompong.

Demikian artikel kali ini, sebaiknya selaku jaga kesehatan gigi anda ya sobat, jangan sampai gigi ompong menghalangi tawa ceria anda. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah membaca artikel kali ini ya sobat. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini